Main Article Content
Abstract
Menulis termasuk salah satu dari empat jenis keterampilan berbahasa. Dengan menulis diharapkan seseorang mampu mengekspresikan dirinya, sehingga dapat menyampaikan ide secara kreatif. Tujuan menulis yaitu menginformasikan, mengajak, meyakinkan, menghibur, dan mengekspresikan perasaan serta emosi. Kreatifitas seseorang penulis, khususnya menulis puisi dapat dilihat dari pemilihan kata. Menurut guru kelas IV SD Negeri 01 Tegalreja, Kabupaten Brebes bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi masih kurang. Hal ini dapat diketahui dari hasil pembahasan tema 6, subtema 1 pada kompentensi dasar melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam menentukan tema dan diksi. Tujuan pengabdian masyarakat ini mampu memahami teknik menulis puisi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pemaparan materi terkait konsep dasar puisi dan menulis puisi menggunakan teknik latihan terbimbing. Kegiatan ini menghasilkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi peserta tentang puisi, khususnya teknik menulis puisi. Peserta juga sangat antusias mengikuti pelatihan. Siswa mengamati, meniru dan termotivasi untuk mengimplementasikan teknik menulis puisi sesuai tahapan dalam menulis puisi. Siswa merasakan manfaat selama proses pelatihan, terutama teknik terbimbing menulis puisi. Siswa sudah dapat memilih kata dan penggunaan majas.
Kata Kunci: menulis puisi, siswa, sekolah dasar