Kajian Pengembangan Produktifitas Ekonomi melalui Produk Aqwanu untuk Mendukung Kemandirian Ekonomi Kreatif MWC NU Buayan Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.31942/akses.v18i2.10128Abstract
Organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama sangat penting untuk mengembangkan bisnis di bidang ekonomi kreatif dengan sumber daya manusia berkualitas baik. Nahdlatul Ulama terus berupaya meningkatkan bidang perekonomian. Untuk mencapai kemandirian ekonomi, PBNU mempunyai empat program strategis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan tantangan organisasi Nahdlatul Ulama untuk mengembangkan produk kreatif MWC NU Buayan Kebumen berupa air isi ulang merek Aqwanu dilatarbelakangi oleh beberapa sisi; konsumen, ekspedisi, pelayanan, system kinerja, globalisasi dan sosialisasi.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif pengembangan produk Aqwanu, sedangkan analisis data menggunakan SWOT. Jenis data adalah data primer yang diperoleh peneliti secara langsung dari responden melalui dokumentasi dan wawancara. Untuk memperoleh gambaran faktor pendukung dan penghambat pengembangan produktifitas produk Aqwanu digunakan metode deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam mengelola produk Aqwanu yang dikelola dibawah naungan MWC NU Buayan Kebumen masih terdapat kendala minimnya pembukuan dan branding secara digitalisasi. Dukungan masyarakat NU dan harga ekonomis menjadi kekuatan untuk mengembangkan produktifitas ekonomi produk.
Kata kunci: Produktifitas Ekonomi; Nahdlatul Ulama; SWOT