Strategi Pemasaran untuk Mempertahankan Eksistensi Vespa Matic (Studi Kasus Pada Dealer Vespa di Semarang)

Authors

  • Dwi Yuniar Aghatha
  • Moeljono Moeljono
  • Ratih Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v18i2.10210

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti strategi pemasaran yang digunakan PT. Prakoso Lestari Jaya Semarang untuk mempertahankan eksistensi vespa matic. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Uji kreadibilitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data, dan narasi data. Penelitian menggunakan 5 partisipan sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur strategi pemasaran yakni Produk berperan dalam mempertahankan eksistensi vespa matic, sedangkan Harga, Promosi dan Tempat dinyatakan tidak berperan, karena dalam pembelian vespa matic konsumen tidak mempermasalahkan tiga hal tersebut.

Kata Kunci : Strategi pemasaran, mempertahankan Eksistensi, Bauran Pemasaran

References

Abdhul, Y. (2022, February 3). Pengertian Strategi: Tujuan, Jenis dan Contoh. Deepublishstore.Com.

Anwar, I. C. (2021, January 22). Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis. Tirto.Id.

Arin. (2022, June 29). Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis. YO!

Assya’bani, R. (2018). Pendidikan Berbasis Eksistensialis. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.1

Baker, M., Graham, P., Harker, D., & Harker, M. (1998). Marketing: Managerial Foundations. Macmillan Education Australia Pty Ltd.

Booms, B. H., & Bitner, M. J. (1981). Marketing Strategies and Organizational Structures for Service Firms.

Dwi Agustiar. (2022, November 7). 3 Vespa Termahal di Indonesia! . IDN Time.

GS, A. D., & Putri, D. A. (2020). Strategi Pegadaian Syariah Untuk Mempertahankan Eksistensi Dalam Persaingan Usaha Simpan Pinjam Pada Pt. Pegadaian Syariah Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i2.4193

KARMILA, K., Ali, M., & Sudarta, S. (2022). Analisis Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pedagang Kaki Lima Di Sepanjang Jalan Udayana Dalam Menghadapi Masa Krisis Ekonomi Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Applied Business and Banking (JABB), 3(1), 44. https://doi.org/10.31764/jabb.v3i1.7607

Keller, K. L., & Kotler, P. (2006). Holistic Marketing: A Broad, Integrated Perspective to Marketing Management (1st ed.). Routledge.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vol. 1). PT. Indeks.

Nugrahawati, E., & Mulyanto. (2022). Penerapan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Prestasi non-akademik di Kabupaten Gunungkidul. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 362–373. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11658

Quthrunnada, K. (2022, April 1). Pengertian Strategi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, Elemen, dan Contohnya. Finance.Detik.Com.

Raju Febrian. (2021, December 31). Sewindu Vespa di Indonesia, Eksistensinya Lebih Tua dari Itu. MotoVaganca.

Rezkia, S. M. (2020, November 24). Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif. DqLab.

Sella, M. (2022, October 5). Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Konsepnya. Linovhr.Com.

Sitanggang, D. D. K. P., & Ditamei, S. (2022, July 28). Jenis Teknik Pengumpulan Data beserta Pengertian dan Contohnya Baca artikel detikjabar, “Jenis Teknik Pengumpulan Data beserta Pengertian dan Contohnya.†DetikJabar.

Sitoresmi, A. R. (2022, January 18). Eksistensi Adalah Keberadaan, Ketahui Makna dan Penggunaannya. Liputan6.Com.

Soerjono. Soekanto. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar (1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Suardi, Sitti Hafsah, W. O., & Ashmarita. (2019). Strategi Pengusaha Warung Kopi Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Kota Kendari. Etnoreflika Jurnal Sosial Dan Budaya, 8(2), 132–140.

Sugi, P. (2019, August 27). Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya. CPSoft.

Sulviandani, S., Bachri, S., & Mubaraq, R. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Morowali. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 265–270. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.129

Ulfaaninda, T. (2022). Strategi Pemasaran 4P: Produst, Place, Promotian and Price. Maserp.

Downloads

Published

2023-10-29