Strategi Pemasaran Usaha Tahu Tempe dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31942/akses.v18i2.10211Abstract
Strategi merukana kunci utama dalam mendirikan sebuah usaha, strategi sendiri memiliki banyak cara sehingga dapat terlaksana dengan baik efektif dan efesien. Penelitian merupakan penelitian lapangan dengan sifat deskriptif mencari data-data pada pelaku usaha di Gading Rejo Pringsewu terkait upaya maupun strategi yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Dari hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan itu mencangkup strategi produk, harga, promosi, distribusi. Dalam menjalan semua strategi ini kepercayaan merupakan point penting pelaku usaha terhadap patner usaha, karena dengan adanya kepercayaan maka usaha dapat terus berjalan.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Kepercayaan pengusaha
References
Agus Hermawan. “Komunikasi Pemasaranâ€. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2012 Bambang S. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:LP3ES,1994
Bashu Swasta dan Ibnu Sukaijo W, Pengantar Bisnis Modern, Cet;III. Yogyakarta: Liberty. 2001
Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2012
Cholid Narbs uko dan Abu Achmadi. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Askara, 2015
Departemen Agama Republik Indonesia. “Al-Quran Dan Terjemahnya†Bandung: Diponegoro 2010
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. Metode Penelitian Pendekatan Praktek DalamPenelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2010
Ebert dan Griffin, Pengantar Bisnis, Ed 10, Jakarta: Penerbit Erlangga 2014 Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Ed 4, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015 Faisal, Strategi Pemasaran, Bandung: Aksara 1992
Iban Sofyan. Manajemen Strategi. Yogyakarta: 2015
J. Winardi, “Enterpreneur & Enterpreneurship†Ed. 1 Jakarta: Prenada Media, 2003
Kasmir, Jakfar, “Studi Kelayakan Bisnisâ€, Jakarta: Prenada Media, 2003 Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2004
Kasmir, Manajement Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010
M. Fuad Dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 2000
M. Mursid, Manajemen Pemasaran, Cet 7, Jakarta : Bumi Aksara, 2014
M.Fuad, et.al.,â€Pengantar Bisnis†Cet 1, PT.Gramedia Pustaka Utama 2010
Paulus Lilik Kristianto,â€Psikologi Pemasaranâ€. Cet. 1 Yogyakarta: Caps, 2011
Philip Kotler dan Kevin Lan Keller, “Manajemen Pemasaranâ€. Ed. 3 Jakarta: Penerbit Erlangga
Saleh Sitompul, Dkk. Konsep Dasar Penerapan Ekonomi Menurut Prespektif Islam, Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri, 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2010
Dwi Eka Putri, “Strategi Pemasaran Tahu Di Kota Surakartaâ€, Skripsi: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010
Imron, Starategi Dan Usaha Peningkatan Kesejahteraan Hidup Nelayan Tanggulsari Mangunhardjo Tugu Semarang Dalam Menghadapi Perubahan Iklim, Riptek Vol.6, No.1, Tahun 2012,
Lilis Wahidatul Fajriyah, “Stra tegi Pemasaran dalam Meninhkatkan PenjualanTahubaxo Ibu Pudji Ungaran Dalam Perspektif Ekonomi Islamâ€, Skripsi: Universitas IslamNegeri Walisongo Semarang 2018
Marlina, “Strategi Pemasaran Islam Hasil Pembudidayaan Rumput Laut di KelurahanRampoang Kecamatan Bara Kota Palopoâ€. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2017
Musdalifah, “Strategi Pemasaran Kripik/Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Usaha Sinar Murni Desa Hasanah Kecamatan Mapideceng Kabupaten Luwu Utaraâ€. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2018
Rati Fitriani, “Strategi Pemasaran Bibit Cengkeh Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Malela Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo 2018
Rohani, Siti. Analisis Potensi Umkm Tahu Dan Tempe Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada UMKM Bapak Marzuki di Desa Pekalongan). thesis, UIN Raden Intan Lampung. (2018)
Wulandari “Analisis Pemasaran Tahu Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjoâ€, Skripsi: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2008
Ziadah, â€Strategi Pemasaran Produksi Usaha Tahu dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus di Lingkungan Kekalik Gerisak, ( Skripsi, Fakultas Syari‟ah IAIN