Pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Anak Nelayan di Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango

Authors

  • Hapsawati Taan Universitas Negeri Gorontalo
  • Imam Prawiranegara Gani Universitas Negeri Gorontalo
  • Erlin S. Uge Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Azis S Bratan Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v19i1.11888

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif anak nelayan di Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Hal ini menunjukkan t hitung sebesar 13,182 dan nilai sinifikan 0,000 < 0,1 maka dapat dinyatakan bahwa gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya hidup memiliki kontribusi pada perilaku konsumtif anak nelayan dalam menentukan kegiatan ekonominya.

Kata kunci: Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Anak Nelayan

References

Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 92-101.

Enrico, A., Aron, R., & Oktavia, W. (2014). The Factors that Influenced Consumptive Behavior: A Survei of University Student in Jakarta. International Journal of Scientific and Research Publications, 1-6.

Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 82-98.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, M. Z. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar. Eco-Entrepreneurship, 152-164.

Melina, A., & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Scientific Journals of Economic Education.

Puspitaningsih, F., & Admoko, D. Y. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Trenggalek. Journal Educational Research and Development, 29-36.

Putra, A. R., Rudiansyah, M. M., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 71-85.

Rahma, S. U., Bukhari, E., & Prasetyo, E. (2022). Pengaruh Literasi keuangan, Pendapatan Dan Gaya hidup Terhadap Perilaku konsumtif belanja online pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 49-56.

Risnawati, Mintarti, S. U., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 430-436.

Sa'idah, F., & Fitrayati, D. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogy: Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 255-265.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Customer Behavior 8th Edition. United States of America: Pearson Prentice Hall.

Sumartono. (2022). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Suparmono. (2004). Pengantar Ekonomika Makro (Teori, Sosial, dan Penyelesaiannya). Yogyakarta: UPP AMP TKPN.

Suryani. (2008). Perilaku Konsumen (Implikasinya pada Strategi Pemasaran). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taan, H. (2017). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Taan, H., & Radji, D. J. (2019). How Does The Relationship Between Lifestyle With Consumer Decisions In Buying Motorbikes? Jambura Science of Management, 38-47.

Taqwa, Y. S., & Mukhlis. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif pada Generasi Z. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 831-840.

Thamrin, H., & Saleh, A. A. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al- Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 130-139.

Zhao, H., Gao, Q., Wu, P. W., Wang, Y., & Zhu, X. (2013). What Affects Green Consumer Behavior in China? A Case Study from Qingdao. Journal of Cleanner Produkction, 1-9.

Downloads

Published

2024-08-30