Tingkat Kesadaran Sertifikat Halal Pelaku UMK di Pulau Madura

Authors

  • Mochamad Reza Adiyanto Universitas Trunojoyo Madura
  • Evaliati Amaniyah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v19i1.11890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesadaran pelaku UMKM di sektor kuliner di Pulau Madura terkait sertifikasi halal. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman yang berlokasi di Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep di Pulau Madura. Sampel responden dipilih dengan cara convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelaku UMK tahu dengan sertifikat halal (95%), dimana sumber informasi tentang sertifikasi halal berasal dari pejabat pemerintah (46%) serta media sosial (23%). Meski, seluruh pelaku UMK dalam penelitian ini adalah pelaku UMK yang belum memiliki sertifikat halal.

Kata kunci: Sertifikat Halal; UMK; Madura; Kesadaran

References

Adam, Ridwan, and Alkadri Siharis. 2023. “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Personal Interest Terhadap Kesadaran Investasi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Tidar Angkatan 2018.†SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2(5):1579–88.

Agustina, Yuli, Heri Pratikto, Madziatul Churiyah, and Buyung Adi Dharma. 2019. “Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).†Jurnal Graha Pengabdian 1(2):139–50.

Anam, Khoirul, and Supanji Setyawan. 2023. “Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial : Prespektif Literasi Keuangan , Literasi Ekonomi , Dan Kesadaran Digital.†Jurnal Ilmiah Akuntansi 4(1):14–21.

Baharuddin. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah.†Journal of Islamic Education Management ISSN: 2461-0674 3(Literasi):21–40.

Faridah, Hayyun Durrotul. 2019. “Sertifikasi Halal Di Indonesia: Sejarah, Perkembangan Dan Implementasi.†Journal of Halal Product and Research 2(2):68.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 2018. “LAPORAN AKHIR ANALISIS POTENSI PRODUK-PRODUK HALAL INDONESIA KE NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM ( OKI ) PUSAT KEBIJAKAN KERJASAMA PERDAGANGAN.†Pusat Kajian Perdagangan Internasional.

Khairunnisa, Hana, Deni Lubis, and Qoriatul Hasanah. 2020. “Kenaikan Omzet UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal.†Al-Muzara’Ah 8(2):109–27.

Kusnindar, Arum Arupi; Wagiyo; Prastiyo, Yoga. 2022. “Peran Model Penerimaan Teknologi, Literasi Digital Dan Promosi Sosial Media Dalam Meningkatkan Kesadaran Dalam Membayar Zakat Secara Online.†Journal of Islamic Philanthropy and Disaster (JOIPAD) 2(2):137–66.

Nawang, D. S., Marwanti, S., Antriyandarti, E., & Ani, S. W. 2020. “Dampak Pengetahuan Pada Persepsi Risiko Daging Sapi Tidak Bersertifikat Halal.†Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat 247–50.

Ningrum, Tia Ayu, and Winanda Amelia. 2019. “Upgrading Manajemen Organisasi Kenagarian Dan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca.†Jurnal Halaqah 1(4):412–18.

Nonci, Nurmi, Muhammad Masdar, Haslinda B. Anriani, Universitas Negeri Makassar, Universitas Bosowa, and Universitas Tadulako. 2022. “Penyuluhan Kesadaran Lingkungan Kaum Muda Perkotaan Di Kelurahan Rappocini Kota Makassar.†1(1):18–26.

Nukeriana, Debbi. 2018. “Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu.†Qiyas 3(1):154–66.

Permatasari, Ane. 2015. “Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi.†Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 146–56.

Ramlan, Ramlan, and Nahrowi Nahrowi. 2014. “Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim.†AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah 17(1):145–54.

Sari, I. P., Riyono, B., & Supandi, A. 2019. “Indeks Pembangunan Manusia Di Madura: Analisis Tipologi Klassen.†Journal of Applied Business and Economics 6(2):82–95.

Segati, Ahda. 2018. “Pengaruh Persepsi Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan Ahda.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 3(2).

Sukoso, Wiryawan Adam, Kusnadi Joni, Sucipto. 2020. Ekosistem Industri Halal 2020.

Undang Undang Nomor 33 tahun 2014. 2014. “Jaminan Produk Halal.â€

Veddayana, Campin, Fenny Anita, and Hardiana Rizka Puspita Ningrum. 2020. “Meningkatkan Literasi Masyarakat Bangko Kanan Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19.†Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 4(2):231–36.

Wahdiniwaty, Rahma, Deri Firmansyah, Dede Dede, Asep Suryana, and Asep Achmad Rifa’i. 2022. “The Concept of Quadruple Helix Collaboration and Quintuple Helix Innovation as Solutions for Post Covid 19 Economic Recovery.†Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen 12(3):418.

WPR. 2022. “Muslim Population by Country 2022.†World Population Review 1–10. Retrieved (https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country).

Downloads

Published

2024-08-30