Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Fitur Mitraguna Online pada Aplikasi BSI Mobile Berdasarkan Technology Acceptance Model
DOI:
https://doi.org/10.31942/akses.v19i1.11893Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan fitur-fitur bermanfaat pada aplikasi mobile BSI berdasarkan technology acceptance model (TAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden yang merupakan pengguna Mitraguna online di seluruh Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan program olah data SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap merupakan variabel mediasi antara Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness terhadap niat penggunaan fitur online Mitraguna pada aplikasi mobile banking BSI. Perceived Ease of Use merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap niat penggunaan fitur tersebut dengan sikap sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan sikap berpengaruh positif signifikan terhadap niat penggunaan..
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Niat Penggunaan, Sikap, Model Penerimaan Teknologi
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1973). Attitudinal and normative variables as predictors of specific behavior. Journal of personality and Social Psychology, 27(1), 41.
Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention To Buy Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10028
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982
Festinger, L. (1955). Social Psychology and Group Processes. Annual Review of Psychology, 6(1), 187–216. https://doi.org/10.1146/annurev.ps.06.020155.001155
Francis, T., & Hoefel, F. (2018). True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company, 12.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Excerpt from marketing management, 15th Global Edition, Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Pearson.
Kucukusta, D., Law, R., Besbes, A., & Legohérel, P. (2015). Re-examining perceived usefulness and ease of use in online booking: The case of Hong Kong online users. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(2), 185–198. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJCHM-09-2013-0413/full/html
Kusumawati, V. Y., Santoso, I., & Sudarminto, S. Y. (2014). Analisis Kontribusi Teknologi Dan Produktivitas Di PT. Surya Jaya Tulungagung. Indonesian Journal of Environment and Sustainable Development, 5(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=308882&val=7340&title=Analisis%20Kontribusi%20Teknologi%20Dan%20Produktivitas%20Di%20PT%20Surya%20Jaya%20Tulungagung
Liswanty, I., Dari, W., Hasanah, R., & Saragih, N. M. (2023). Perkembangan Pembayaran Digital: Meningkatkan Strategi Intensi Penggunaan QRIS Pada Generasi Millenial di Kota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 5(1), 97–109. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/Accumulated/article/view/1967
Nguyen, O. T. (2020). Factors affecting the intention to use digital banking in Vietnam. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(3), 303–310. https://pdfs.semanticscholar.org/18c3/e9f603994ade6a429478bb0708e9271815e7.pdf
Novita, N. N. S. L., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Peran sikap dalam memediasi pengaruh perceived usefulness terhadap niat menggunakan internet banking di kota Denpasar [PhD Thesis, Udayana University]. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/16353/13146
Sudrajat, A. M., & Roslina, R. (2023). Penerapan Model Penerimaan Teknologi (Tam) Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Aplikasi M-Banking Bni Di Bandar Lampung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 7583–7597. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4210
Syawali, A. Z. S., Harahap, A. S., Pradesa, H. A., & Andikaputra, F. A. T. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(1), 624–633. http://www.djournals.com/klik/article/view/1205
Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal manajemen, 8(2). http://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/596
Widajanto, P. T., & Legowo, N. (2022). Analysis Of Factors Affecting Customers In Using Mobile Banking Application: The Case Of Mobile Banking In Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7980
Wijaya, J. P., & Setiawan, A. S. (2022). Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet Banking & Mobile Banking. Proceeding National Seminar on Accounting UKMC, 1(1). http://103.165.236.247/index.php/pnsoa/article/view/608
Wirahutomo, G. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan (Perceived Ease Of Use) Terhadap Niat Perilaku (Behavioural Intention) Dalam Mengakses Channel Youtube Endank Soekamti Dengan Sikap Penggunaan (Attitude Toward Using) Sebagai Mediasi [PhD Thesis, Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/383/