Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Seluler Indosat

Authors

  • Agus Fitri Yanto

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v13i1.3229

Abstract

Abstract This research was conducted to determine product quality and promotion effect on the purchasing decision to Indosat cellular card products. The F test results = 10.457 (0,000 <0.05) indicate that product quality and promotion variables influence student purchasing decisions on Indosat cellular card. At the significance level 5%, product quality has a significant positive impact on Indosat product purchasing decisions. The t-test shows the value of Sig. constant 0.001, product quality 0.001 (<0.05), then product quality variables have a significant effect on purchasing decisions. While the value of Sig. sales of 0.960 indicate that promotion does not have a significant effect on the decision to purchase Indosat products. In this case the product quality, promotion and purchasing decisions are positively less strong (the correlation is 0.4999 and 0.326 <0.5. However, because of the large positive correlation (+) it shows that the higher the product quality and Indosat promotion, the decision to buying Indosat products remains a growing trend, but the determination test shows R2 of 2,249, or 24.9%, which means there are still many aspects that influence the decision to buy or use Indosat cellular cards outside the quality and promotion aspects of the product. Keywords: Quality Products, Promotion, Purchase Decision Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi pada keputusan pembelian kartu seluler Indosat. Hasil uji F = 10,457 (0,000 <0,05) menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian kartu seluler Indosat mahasiswa. Pada tingkat signifikansi = 5%, kualitas produk memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Indosat. Berdasarkan hasil uji-t, nilai Sig. konstan = 0,001, kualitas produk = 0,001 (<0,05), maka variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai Sig. penjualan 0,960 menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh cukup signifikan terhadap keputusan pembelian produk Indosat. Dalam hal ini kualitas produk, promosi dan keputusan pembelian berkorelasi positif yang kurang kuat (korelasi besarnya 0,4999 dan 0,326 <0,5. Namun, karena besarnya korelasi positif (+) itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas produk dan promosi Indosat, keputusan untuk membeli produk Indosat tetap menjadi trend yang sedang berkembang. Namun uji determinasi menunjukkan R2 sebesar 2.249, atau 24,9%, yang berarti masih banyak aspek yang mempengaruhi keputusan pembelian atau menggunakan kartu seluler Indosat di luar aspek kualitas dan promosi produk. Kata kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2018-04-30