Analisis Persepsi Anggota dalam Memilih Produk pada KSU Mikat Al Khidmah Purworejo

Authors

  • Dini Zanuar Wulandari
  • Agus Fitri Yanto

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v13i2.3241

Abstract

KSU Mikat Al Khidmah adalah Koperasi Serba Usaha bidang jasa keuangan syariah di Purworejo. Untuk mendapatkan dan mempertahankan anggota, Mikat Al Khidmah menerapkan strategi pemasaran secara optimal karena persaingan antar lembaga sejenis yang semakin tinggi, khususnya pada produk simpanan. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi dalam memilih produk simpanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka. Pada analisis regresi linier berganda yaitu Y = -0,502 + 0,610X1 + 0,112X2+ 0,350X3 + ε, hasil analisis menunjukkan R Square 0,636, yang berarti 60% variabel persepsi anggota dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi anggota memilih produk simpanan. Sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap persepsi anggota dalam memilih produk simpanan. Sedangkan promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap persepsi anggota. Berdasarkan uji F diketahui bahwa secara bersama–sama variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi anggota memilih produk simpanan. Kata Kunci : Harga, Kualitas produk, KJKS, Promosi

Downloads

Published

2020-03-09