Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pemberian Kompensasi terhadap Kinerja Individu dengan Loyalitas Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Siti Aminah
  • Umar Chadhiq

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v15i2.3786

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kepuasan kerja dan pemberian kompensasi terhadap kinerja individu dengan loyalitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT PLN (Unit Induk Distribusi Jateng dan DIY), sampel pada penelitian ini sebanyak 60 responden. Pengumpulan data penelitian dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin dan data yang diolah menggunakan pendekatan Partial Least Squares Struktural Equation Modeling (SPLS-SEM) dengan bantuan bantuan program SmartPLS serta tingkat signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas koefisien jalur 0,4 p-value 0,000 < 0,05 (2) Pemberian kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas koefisien jalur 0,241 p-value 0,023 < 0,05, (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja individu koefisien jalur 0,011 p-value 0,913 > 0,05 (4) Pemberian kompensasi bepengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja individu koefisien jalur 0,031 p-value 0,697 >0,05 (5) Loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individu koefisien jalur 0,781 p-value 0,000 <0,05. Nilai R² pada penelitian ini untuk variabel loyalitas (Y1) adalah 0,297 atau 29,7% yang memiliki arti bahwa presentase besarnya kepuasan kerja (X1) dan pemberian kompensasi (X2) terhadap loyalitas adalah sebesar 29,7% angka tersebut termasuk dalam kategori moderat, sedangkan sisanya 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain, dan untuk variabel kinerja individu nilai R² sebesar 0,615 atau 61,5% yang berarti bahwa pengaruh kepuasan kerja dan pemberian kompensasi terhadap kinerja individu sebesar 61,5% hal ini berarti termasuk dalam kategori kuat, sedangkan sisanya yaitu 38,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Kepuasan kerja, kompensasi, loyalitas, kinerja individu. Abstract The research objective is to analyze and prove the effect of job satisfaction and compensation on individual performance with loyalty as an intervening variable. The population in this study were all employees of PT PLN (Central Java and DIY Distribution Main Unit), the sample in this study were 60 respondents. Collecting research data by distributing questionnaires. The sampling technique in this study used the Slovin formula and the data were processed using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (SPLS-SEM) approach with the help of the SmartPLS program and a significance level of 5%. The results showed that (1) Satisfaction has a positive and significant effect on pathway coefficient loyalty 0.4 p-value 0.000 <0.05 (2) Compensation has a positive and significant effect on loyalty path coefficient 0.241 p-value 0.023 <0.05, (3) Job satisfaction has a positive and insignificant effect on individual performance path coefficient 0.011 p-value 0.913> 0.05 (4) Compensation has a positive and insignificant effect on individual performance path coefficient 0.031 p-value 0.697> 0.05 (5 ) Loyalty has a positive and significant effect on individual performance, the path coefficient is 0.781 p-value 0.000 <0.05. The value of R² in this study for the loyalty variable (Y1) is 0.297 or 29.7% which means that the percentage of job satisfaction (X1) and compensation (X2) for loyalty is 29.7%, this figure is included in the moderate category, while the remaining 70.3% is influenced by other variables, and for individual performance variables the value of R² is 0.615 or 61.5%, which means that the percentage of the influence of job satisfaction and compensation on individual performance is 61.5%, this means it is included in the category. strong, while the remaining 38.5% is explained by other variables outside of this study. Keywords: Job satisfaction, compensation, loyalty, individual performance.

Downloads

Published

2020-11-05