Islamic Value, Religiosity Job Satisfaction dan Affective Commitment sebagai Peningkatan Service Quality pada Karyawan

Authors

  • Waode Maratun Shaleha
  • Nur Azizah Rasudu
  • Riez Kifli Kolewora

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v16i1.4470

Abstract

Bank syariah memiliki peran yang sangat penting dalam industri perbankan di Indonesia. Syariah cenderung mengatur sistem aturan yang dapat mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT, atau hubungan manusia dengan manusia, sehingga pegawai di perbankan syariah cenderung harus menafsirkan nilai-nilai Islam yang ada di sekitar kantor, religius hingga nilai-nilai agama. keimanan menafsirkan nilai-nilai Islam dan memiliki sifat religius mereka akan selalu merasa puas dengan apa yang mereka lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, untuk menganalisis pengaruh nilai-nilai Islam dan religiusitas terhadap kepuasan kerja karyawan. Menganalisis kepuasan kerja atas afektif komintmen dan menganalisis afektif komitmen terhadap kualitas layanan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik pengaruh atau perbedaan tertentu antara kelompok dua faktor atau lebih dalam satu situasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 4.611 karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah SEM. Hasil penelitian ini menemukan bahwa atribut fisik islami dan atribut non fisik islami tidak memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Islamic belief dan Islamic practic memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap afektif komitmen dan afektif komitmen berpengaruh positif terhadap kualitas layanan. Kata kunci: Afektif Komitmen; Kepuasan Kerja; Kualitas Pelayanan; Nilai Islami, Religiusitas

Downloads

Published

2021-05-12