Model Pemasaran Batik Berbasis Digital Industri Kreatif di Indonesia

Authors

  • Suranto Suranto
  • Ratih Pratiwi
  • Nurgiyatna Nurgiyatna
  • Adcharina Pratiwi
  • Restu Afrianto Rahman

DOI:

https://doi.org/10.31942/akses.v18i1.8592

Keywords:

batik, marketing online, pemasaran, penjualan, peningkatan

Abstract

Industri kreatif di Indonesia memiliki macam dan jenis usahanya, dibidang fashion, handycraft, seni, desain dan lain sebagainya. Salah satu industri kreatif Indonesia sangat menonjol adanya usaha batik. Batik sebagai hasanah keanekaragaman budaya nusantara telah membuktikan secara historis sebagai eksistensi budaya bangsa Indonesia. Era digitalisasi membuat pengusaha batik harus tanggap pasar teknologi. Pasar yang dahulu dibatasi oleh jarak dan waktu sekarang diperluas tanpa batas jarak dan waktu dalam pemasarannya. Penelitian ini merancang model pemasaran batik berbasis digital meliputi: media sosial, marketing online, web berupa company profil, katalog produk sebagai media peningkatan penjualan. Penelitian dilakukan pada sentra industri batik Sragen dengan populasi 100 UKM batik. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, angket, wawancara, dokumentasi, observasi lapangan dan tindakan pelatihan, pendampingan, implementasi strategi model pemasaran digital marketing (marketing online) bagi UKM batik. Metode analisis data melalui pendekatan Structural Equational Modelling dan desain penelitian menggunakan model sequential explanatory, sebagai metode campuran yang menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan dan saling mendukung. Tahap pertama melalui pendekatan metode kualitatif dan pada tahap kedua dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan rancangan model pemasaran batik yang valid dan goodness, dan model telah diimplementasikan mampu mempengaruhi dan meningkatkan penjualan batik lebih optimal.

References

A. Octavia, 2015. “Model Export Marketing Orientation Produk Batik Jambi,†in Prosiding Seminar Nasional, , pp. 178–185

Adcharina. P., Asri., L. R., Mohamad., H. and S. R. H. Pinta. 2020. The Development of Market Oriented Batik Product Based on Costumer Buying Intention (Industrial Center of Batik Sragen Indonesia). International Journal Management. 11 ( 3): 373–389.

Adcharina. P., Asri., L. R., Mohamad., H. and S. R. H. Pinta. 2107. Empowerment of Entrepreneur Batik in Masaran Sragen. Journal. Science Engineering Reseacrh. 03 (06): 189–194.

Alma. B. 2016. Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung.

Arfan. B., Sriyanto and Amalia. 2009. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Kreativitas Industri Kerajinan Batik. Jurnal Teknik Industri Undip. 4 (1): 17-24.

Astuti. R., Silalahi. R. L. R., & Wijaya. G. D. P. 2015. Marketing Strategy Based on Marketing Mix Influence on Purchasing Decisions of Malang Apples Consumers at Giant Olympic Garden Mall (MOG) Malang City, East Java Province, Indonesia. Journal Agriculture Science Procedia. 3 (2): 67–71.

Erdll.T.S.2015. Effects of customer brand perceptions on store image and purchase intention : An application in apparel clothing, Procedia Social Behaviour Science. 207 (2):196–205.

Hafizah. O. Z., Yusniza. K. & Mozard. M. 2021. Cognition and Emotion: Exploration on Consumers Response to Advertisement and Brand. Journal Pengurusan. 63 (05): 1-14.

Hengky. H. S. 2015. Image Analysis: Performance Gaps of Batik Craft in Yogyakarta Indonesia. Journal Business Management Strategy. 05 (02): 35–43

Hussin S. R., Hashim, H., Yusof, R.N., Alias, N. N. 2013. Relationship between Product Factors, Advertising, and Purchase Intention of Halal Cosmetic. Journal Economy. 02 (03): 45-53

Karthik. T. & Muruguan. R. 2016. Optimization of Process variable ini rotor spinning for the production of cotton milkweed blendeed yarns. Indian Journal of Fibre and Textle Research. 41 (2): 263-269.

Kemenperindag. 2018. Laporan Hasil Kerja UMKM Sragen. Sragen. Kementerian Perindustrian: 2-7.

Kotler. P. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Milienium. Jakarta: PT Indeks.

Kusnandar. V. B. 2021. Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. internetworldstats.com :.1-2.

Mirabi. 2015. A Study of factors Affecting on Customers Purchase Intention. Journal Business and Marketing. Vol 2. No 1. 189-197

Muhammad. S., Markus.A., Muhammad.A.F., Bismin. 2021. Pengembangan Konten Video Produk UKM Sebagai Upaya Promosi Melalui Media Sosial. Jurnal Gaung Informatika. 14 (1) :1-12.

Murjito.W,.Mohktar. Ali. W. 2010. Magang Kewirausahaan Pada Industri Jasa Perawatan dan Penjualan Suku Cadang Kendaraan Bermotor di Yamaha Dau Motor. Jurnal Dedikasi. 07. (1): 97-110.

Nasrullah. R. 2016. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana. UM Palembang.

Novitasari A.T. 2017. Pengaruh Modal Kerja, Keterampilan Tenaga Kerja, dan Inovasi Terhadap Pertumbuhan Usaha Kecil Batik di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial. 1 (2): 2597-7806.

Pater. L. R and S. L. Cristea. 2018. A Systemic Characterization of Organizational Marketing. Journal Procedia Social Behaviour Science. 238: (1) : 414–423

Raf. M. 2012. Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil (Studi Pada Sentra Industri Kecil Batik Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. 14 (2): 91-101.

Rahmawati and A. Yuli. 2017. Analisis Manajemen Batik di Laweyan. Journal Informatika. 03 (01): 45–53.

Rizky. M.F., dan Yasin. H. 2014. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis. 14 (02): 135-143.

Roxaz., B. 2014. Effect of Entrepreneurial Knowledge on Entrepreneurial Intentions: A Longitudinal Study of Selected South East Asian Business Student. Journal Education and Work. 27 (4), 432-453

Sari. A. & W. R. Kardoyo. 2018. Total Production of Goyor Sarong Weaving: Estimated from Labor, Capital and Entrepreneurship Capability. Journal Economic Education Analysis. 07(01): 20-27

Satria. A. A. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 2 (1):1-9.

Small and Medium Enterprises (SMEs) Processed Snack Products. Social Humaniora Journal. 9 (2): 144-158.

Soegoto, A. S. & S. Mandey. R. Y. Monintja. 2015. Analisis Merek, Promosi dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Gelael Swalayan Manado. Journal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi. 3 (4): 278–289.

Solihin. U. 2021. Analisa Pelaksanaan Sales Strategy Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 1 (1): 29–36.

Sugiyono. 2013. Research And Development. Alfabeta. Bandung

Suranto & Djunaidi. M. 2021. Marketing Development Model of Goyor Woven Fabric Increases Consumer Buying Interest in Pandemic Covid-19 Era: Study at Sragen Goyor Industry Center. Jurnal Teknik Industri. ISSN: 1412-6869. 20 (1). 75-83.

Suranto & Nurlaela. S. 2021. Entrepreneurship Learning Based On Business Model Canvas Create Competitive Advante. Journal Academy of Strategic Management. 20 (1): 1-10

Syarifah. H. A. & Nalau. M. Wasi. 2017. Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.co Donut & Coffe di Plaza Mulia. Jurnal Ekonomi. 2 (4): 89–100.

Widya. 2010. Pengaruh strategi bauran pemasaran dan keunggulan bersaing terhadap pangsa pasar industri kecil pengolahan ikan di sumatera utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 10 (1): 80-88

Downloads

Published

2023-06-03