Main Article Content

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah terkait obat. Perlunya dilakukan evaluasi terhadap waktu tunggu pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi adalah untuk mengetahui kelemahan yang dapat memperlambat pelayanan resep, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan formularium, lama waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan, tidak adanya kesalahan dalam pemberian obat dan kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RSUD dr. Gondo Suwarno. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif observasional menggunakan pendekatan cross sectional.  Teknik sampling probabilitas sampling dengan cara simple random sampling (SRS). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ketersediaan formularium tersedia dan diperbaharui setiap 3 tahun sekali dengan evaluasi 1 tahun sekali, waktu tunggu pelayanan obat non racikan yaitu 38,07 menit ≥ 30 menit, waktu tunggu pelayanan obat racikan yaitu 41,03 menit ≤ 60 menit, tidak adanya kesalahan pemberian obat sebesar 100 % dan kepuasan pasien 78,79 % ≤ 80 %. Berdasarkan standar pelayanan minimum yang terdapat di RSUD dr. Gondo Suwarno telah memenuni standar minimal dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Implikasi penelitian ini adalah mempersingkat lama waktu tunggu pelayanan resep obat dimana sumber daya manusia yang kurang terampil akan menyebabkan durasi pelayanan semakin lama.

Keywords

IFRS Pharmaceutical Services SPMRS

Article Details

References

  1. Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa, E., 2022, PENGARUH JUMLAH RESPONDEN TERHADAP HASIL UJI, Journal of Research in Pharmacy, 2 (1), 9-15.
  2. Amalia, T., & Ramadhan, D. K., 2021, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Berdasarkan, Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. 4, 759-767, Semarang: Politeknik META Industri Cikarang.
  3. Anggraeni, R., 2018, Mutu pelayanan kefarmasian di puskesmas kecamatan medan denai kota medan, Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4, 46-51.
  4. Arini, H. D., Nila, A., & Suwastini, A., 2020, Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Depo Farmasi Rs X, Lombok Journal of Science (LJS), 2, 40 - 46.
  5. Azraii, A. B., Kamaruddin, K. N., & Ariffin, F., 2017, An assessment of patient waiting and consultation time in a primary healthcare clinic, Malays Fam Physician, 12, 14–21.
  6. B, L. A., & Trisnowati, J., 2018, PENGARUH TANGIBLES, RESPONSIVENESS, EMPATHY DALAM PELAYANAN, Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, Vol.16 No.2, 42-48.
  7. Bachtiar, A., Amelia, R., Hidayati, N. R., & Komariah, O., 2022, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon, Medimuh, 2, 107-112.
  8. BAKAI Universitas Medan Area. 31 Maret 2022. Mengenal Variabel Bebas dan Terikat dalam Penelitian. Diakses 24 Mei 2022.
  9. Baso, F. F., Rusli, & hidayah, N., 2021, TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, JURNAL FARMASI, 9 (1), 1-6.
  10. Bato, Maria Fatima., 2018, Analisis waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit umum daerah kefamenanu, Karya Tulis Ilimiah, Politeknik kesehatan kemenkes kupang.
  11. Costa, I. D., 2017, Evaluasi Pengelolaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016. Tesis Magister, Universitas Setia Budi: Surakarta.
  12. Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y., 2019, Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum, Jurnal Kesehatan Andalas., 8, 175-184.
  13. Dinh, M. M., Enright, N., Walker, A., Parameswaran, A., & Chu, M, 2013, Determinants of patient satisfaction in an Australian, Emerg Med J, 824–827.
  14. E, R. W., 2011, UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DALAM PENELITIAN EPIDEMIOLOGI KEDOKTERAN GIGI, Stomatognatic (J.K.G. Unej), 8 (1), 27-34.
  15. Fauzia, U., Setiawati, E. P., & Surahman, E. S., 2017, Analysis of Waiting Time for Filing Prescriptions in Hospital Pharmacy, Pharmacology and Clinical Pharmacy Research, 2, 77-81.
  16. Fitriah, N., F, N. I., & Wiyanto, S., 2016, Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan, Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 29, Suplemen No. 3, 245-251.
  17. Halimah, A. R., 2021, Kajian Literatur : Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pada Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Skripsi, Universitas Setia Budi: Surakarta.
  18. Hapsari, H., 2019, Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum Rumah Sakit Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ortopedi Prof Dr. R. Soeharso Surakarta, Skripsi, Universitas Setia Budi: Surakarta.
  19. Hidayah, H., Amal, S., & Herdiani, N. H., 2021, Evaluasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Rumah Sakit “X†Karawang, Majalah Farmasetika, 6, 42-48.
  20. Kabelen, F. Y., 2019, Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Ben Mboi Ruteng, Karya Tulis Ilmiah,Politeknik Kesehatan Kemenkes: Kupang.
  21. Kaushal, A., Zhao, Y., Peng, Q., Strome, T., Weldon, E., Zhang, M., et al., 2015, Evaluation of fast track strategies using agent-based simulation. Socio-Economic Planning Sciences, 18-31.
  22. Kwa, P., & Blake, D., 2008, Fast track: Has it changed patient care in the, Emergency Medicine Australasia, 10-15.
  23. Laeliyah, N., & Subekti, H., 2017, Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu, Jurnal Kesehatan Vokasional, 1, 102-112.
  24. Mare, E. B., Citraningtyas, G., & Jayanto, I., 2021, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Tagulandang, PHARMACON, 10, 1115-1120.
  25. MEGAWATI, F., & SANTOSO, P., 2017, Pengkajian resep secara administratif berdasarkan peraturan menteri kesehatan ri no 35 tahun 2014 pada resep dokter spesialis kandungan di apotek sthira dhipa, Jurnal Ilmiah Medicamento, 3, 12-16.
  26. Meila, O., Pontoan, J., & Illian, D. N., 2020, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS X, Sainstech Farma, 13, 37-39.
  27. Menkes RI, 2010, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/Iii/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.
  28. Menkes RI, 2014, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.
  29. Menkes RI, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.
  30. Menkes RI, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.
  31. Menkes RI, 2019, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit.
  32. Menkes RI, 2020, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit.
  33. Menkes RI, 2021, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan.
  34. Metayunika,V., 2013, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Dan Emphaty) Terhadap Kepuasan Konsumen, Skripsi, Universitas Diponegoro.
  35. MO, O., & H, A., 2013, Determinants of Patient Waiting Time in the, Annals of Medical and Health Sciences Research, 3(4), 588-592.
  36. Nylidia, E., Afqary, M., & Ariansyah., 2018, Evaluasi standard operational procedure pelayanan resep di Puskesmas cibungbulang kabupaten bogor periode maret s/d april 2018, Jurnal Farmamedika, 3, 53-62.
  37. Pertiwi, A. S., & Rochmah, T. N., 2019, Implementation of theory of constraint on Waiting time of prescription service, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 7, 1-8.
  38. Purwandari, N. K., Suryoputro, A., & Arso, S. P., 2017, Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Depo Farmasi Gedung Mceb Rs Islam Sultan Agung Semarang, JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 103-110.
  39. Puspasari, H., & Puspita, W., 2022, Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan, Jurnal Kesehatan, 13 (1), 65-71.
  40. Rahmayanti, S. N., & Ariguntar, T., 2017, Karakteristik Responden dalam Penggunaan Jaminan Kesehatan, Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1), 61-65.
  41. Republik Indonesia, 2009, Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
  42. Roselina, E., Nurfikri, A., & Aulia, O., 2021, Evaluasi Layanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi: Waktu Tunggu Dan Kendala, Jurnal Vokasi Indonesia, 9, 56-63.
  43. Rumah Sakit Umum Daerah dr. Gondo Suwarno. Profil Singkat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Gondo Suwarno Ungaran Kabupaten Semarang. Diakses 24 Mei 2022
  44. Sabarudin, Suryani, & Nazir, R. A., 2015, Evaluasi Mutu Pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Kabupaten, Pharmauho, 1 (2), 39-42.
  45. Saputra, A., & Ariani, N., 2019, HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN. BORNEO NURSING JOURNAL (BNJ), Vol. 1 No. 1, 48-60.
  46. Sari, C. P., Mafruhah, O. R., Fajria, R. N., & Meta, A., 2019, Evaluasi pelayanan resep berdasarkan pelaksanaan standar kefarmasian di apotek, Jurnal Pharmascience, 6, 18 - 29.
  47. Sari, E. D., Wahyun, K. I., & Anindita, P. R., 2020, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anwar Medika, Journal Of Pharmacy Science And Technology, 2, 80-87.
  48. Septini, R., 2012, Analisis waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di yanmasum farmasi RSUD gatot soebroto tahun 2011, Tesis Magister, Universitas Indonesia.
  49. Singestecia, R., Handoyo, E., & Isdaryanto, N., 2018, Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa dalam Pemilihan Kepala Daerah di Slawi Kabupaten Tegal, Unnes Political Science Journal, 2, 63 – 72.
  50. Siregar, S. E., 2018, Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara, Skripsi,Universitas Sumatera Utara Medan.
  51. Taufiq, & Rahmatiah., 2020, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Pada Pasien Rawat Jalan Di Apotek Mina Medika (Klinik Ratulangi Medical Centre) Makassar, Jurnal Kesehatan Yamasi Makassar, 4, 71 - 82.
  52. Tomi, Hidayati, N. R., & Bachtia, F. F., 2019, Analisis waktu tunggu pelayanan resep obat di instalasi farmasi rawat jalan rsud karawang, Medimuh, 1, 151-156.
  53. Triyadi, R., Rokiban, A., & Carima, A., 2020, EVALUASI PENGGUNAAN OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT, Jurnal Farmasi Lampung, 9 (2), 84-91.
  54. Tuloli, T. S., Abdulkadir, W. S., & Rasdianah, N., 2021, Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Berdasarkan, Journal Syifa Sciences and Clinical Research, 3 (2), 87-97.
  55. Wahyuni, A., Saputera, M. M., Ariani, N., Sari, A. K., & Mawaddah., 2019, HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP, Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 4, 225-234.
  56. Widodo, S., Yusuf, M., & Dinata, M. D., 2020, Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pada Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Jurnal Farmasi Lampung, 9, 109-116.
  57. Wijaya, S. D., 2020, Evaluasi Waktu Tunggu Dalam Pelayanan Resep Racikan Obat Puyer Dan Kapsul Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU MUHAMMADIYAH TEGAL, (Karya Tulis Ilmiah Diploma Politeknik Harapan Bersama: Tegal).
  58. Wikandari, D., & Mahmuluddin., 2021, Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Diinstalasi Farmasi Rsud Dr. R. Soedjono Selong, Jurnal Farmasi dan Kesehatan Indonesia, 1, 27-32.
  59. Wirajaya, M. K., & Rettobjaan, V. F., 2022, Faktor yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan, Jurnal Kesehatan, Volume 13, Nomor 2, 408-415.