Main Article Content

Abstract

Abstrak

Kasus kekerasan umum terjadi di masyarakat maupun di instansi pendidikan. Berdasarkan data dari tahun ke tahun, kasus kekerasan bukannya semakin menurun secara kuantitas, tetapi selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kajian ini bermaksud untuk melihat fenomena kasus kekerasan yang terjadi, terutama di instansi sekolah berdasarkan kajian dari nilai-nilai kemanusiaan dalam Islam. Sekolah seharusnya menjadi lembaga penting yang dapat menjadi tempat untuk mampu menanamkan nilai-nilai agama yang dapat dijadikan pijakan bagi siswa dalam bertindak dan bertutur kata. Berdasarkan kajian nilai-nilai menurut agama Islam, kekerasan jelas bukanlah perbuatan yang dianjurkan untuk dilakukan. Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk selalu menjunjung tinggi qimah insaniyyah atau nilai-nilai kemanusiaan dalam setiap interaksi kita dengan manusia lain. Dengan demikian setiap manusia diperintahkan untuk berbuat baik terhadap sesama manusia tanpa membedakan agama, suku bangsa, ras, warna kulit maupun derajat kepangkatan seseorang.

Kata Kunci: Kekerasan, nilai kemanusiaan

 

Abstract

Violence case is common occur in society and in educational institutions. Based on data from year to year, violence case instead of diminishing in quantity, but always increasing  significantly. The aim of this study is intends to look at the phenomenon of violence case, especially in school institution. Based on the study of human values in Islam, schools should become an important institution which can be place religious values that can be used as a reference for students in acting and spoken word. Based on the study of Islamic value, violence clearly not recommended to do. Allah commands us to always uphold qimah insaniyyah or human values in all of our interactions with other human beings. Thus every human being commanded to do good to fellow human beings without distinction of religion, ethnic, tribe, skin color or degree of a person's rank.

Keywords: violence, value, humanity

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Agus Salim MS, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial,Yogyakarta: Tiara
  3. Wacana, 2006
  4. F. Magnis Suseno, Kuasa dan Moral, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
  5. Komnas HAM, 18 Maret 2013, Undang-undang No.39 Tahun 1999 Tentang
  6. Hak Asasi Manusia, www.komnas ham.go.id, 15 April 2014.
  7. Mansour Fakih dk, Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan:Pegangan Untuk
  8. Membangun Gerakan HAM, Yogyakarta:Insist Press, 2003
  9. Ponny Retno Astuti, Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi
  10. K.P.A.Jakarta:PT. Grasindo, 2008.
  11. Psikolog Malang, 13 Maret 2013, Memahami kekerasan: Definisi Kekerasan,
  12. www.psikologmalang.com, 16 Desember 2014.
  13. Satjipto Rahardjo, Keadaan dan Permasalahan Dalam Penegakan Hukum
  14. Dewasa Ini. Kertas Kerja Dalam Simposium Masalah Penegakan
  15. Hukum, Badan Bina Cipta: Pembinaan Hukum Nasional, 1990
  16. Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an, Al-Qur’an dan
  17. Terjemahannya, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010