Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perkembangan jumlah outlet kantor cabang dan kebutuhan frontliners di Era Digital Banking(studi kasus di Bank Syariah Anak Perusahaan dan Unit Usaha Syariah Bank BUMN di Yogyakarta). Hasil penelitian menunjukkan selama tahun 2015 sampai tahun 2018 jumlah outlet Kantor bank syariah di Yogyakarta dan jumlah teller tidak menunjukkan perkembangan tetapi juga tidak ada pengurangan. Sedangkan customer service ada penambahan karena jumlah tenaga marketing bank yang bertambah. Kebutuhan industri perbankan untuk saat ini adalah tenaga pemasar, sedangkan frontliners selama 3 tahun belum ada penambahan kebutuhan tenaga kerja. Sehingga bagi dunia pendidikan bisa menyesuaikan kurikulum pendidikannya agar dapat menyesuaikan kebutuhan industri.
Â
Kata kunci :Â Digital Banking, Bank Syariah, Kantor Cabang Bank, Frontliners.
Abstract
Â
The research aims to analyze the development of branch offices and the need of frontliner in the digital banking era (case study in subsidiary Syariah Bank and Businees Unit of Syariah Bank in Yogyakarta). The result of the research shows during the research the number of syariah bank outlets reaches the same. The research mentions a need for the position of customer service increases as it is in line with the increasing number of marketing staffs. Frontliner’s position still remains the same. Suggestion for those dealing with education field is to adjust its curriculum in order to balance with the need for industry.
Â
Key Words: Digital Banking, Bank Syariah, Branch Banking, Frontliners.
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Antonio,Muhammad Syafii, 2001, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik, Jakarta,
- Gema Insani.
- Departemen Pendidikan Nasional, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta,
- Balai Pustaka.
- Happy Fajrian, 2018, Transformasi Perbankan Menuju Layanan Robotik, Majalah
- Infobank, Jakarta
- Https://sikapiuangmu.ojk.go.id/layanan digital banking, Dikutip pada 20 Juni 2018
- Kasmir, 2013, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, Raja Grafindo
- Persada.
- Krisna Wijaya, 2018, Digital Banking, Majalah Infobank, Jakarta
- Moenir, H.A.S.2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta,
- PTBumi Aksara.
- Otoritas Jasa Keuangan, 2016, Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh
- Bank Umum, Jakarta.
- Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta,
- Bandung.
- Totok Budisantoso & Sigit Triandaru, 2011, Bank dan Lembaga Keuangan Lain,
- Edisi 3, Jakarta, Salemba Empat.
- Wirjoatmodjo, Kartika, 2018,Transformasi Digital Suatu Keniscayaan, Majalah
- Infobank, Jakarta
References
DAFTAR PUSTAKA
Antonio,Muhammad Syafii, 2001, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik, Jakarta,
Gema Insani.
Departemen Pendidikan Nasional, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta,
Balai Pustaka.
Happy Fajrian, 2018, Transformasi Perbankan Menuju Layanan Robotik, Majalah
Infobank, Jakarta
Https://sikapiuangmu.ojk.go.id/layanan digital banking, Dikutip pada 20 Juni 2018
Kasmir, 2013, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, Raja Grafindo
Persada.
Krisna Wijaya, 2018, Digital Banking, Majalah Infobank, Jakarta
Moenir, H.A.S.2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta,
PTBumi Aksara.
Otoritas Jasa Keuangan, 2016, Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh
Bank Umum, Jakarta.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta,
Bandung.
Totok Budisantoso & Sigit Triandaru, 2011, Bank dan Lembaga Keuangan Lain,
Edisi 3, Jakarta, Salemba Empat.
Wirjoatmodjo, Kartika, 2018,Transformasi Digital Suatu Keniscayaan, Majalah
Infobank, Jakarta