Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui respon mahasiswa jurusan Perbankan Syariah UNISNU Jepara terhadap produk bilingual mini dictionary; dan b) mengetahui kefektifanbilingual mini dictionary terhadap peningkatan skil bahasa Inggris mahasiswa mengenai istilah-istilah transaksi perbankan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan populasi yaitu mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Unisnu Jepara dengan tehnik pengambilan sampling purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) respon mahasiswa jurusan Perbankan Syariah UNISNU Jepara terhadap produk bilingual mini dictionarykategori baik; dan b) implementasi bilingual mini dictionary terhadap peningkatan skil bahasa Inggris mahasiswa mengenai istilah-istilah transaksi perbankan tergolong efektif dan signifikan.

 

Kata kunci: Metode Eksperimen, Bilingual Mini Dictionary, Perbankan Syari'ah.

 

Abstract

 

This study aims for a) finding out the responds of Perbankan Syariah students of UNISNU Jepara about bilingual mini dictionary; and b) finding out the effectiveness of bilingual mini dictionary inincreasing students' English skill focused on banking transaction terms. The method used in this research is the experimental method with the population of Perbankan Syariah students by using purposive sampling technique. The results showthat: a) the responses of Perbankan Syariah students onproduct of bilingual mini dictionaryaregood; and b) the implementation of bilingual mini dictionary to the improvement of the students' English skill focused on banking transaction terms is effective and significant.

 

Keywords: Experimental Method, Bilingual Mini Dictionary, Sharia Bank.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Al Amri, M.N. (2013). Effects of Bilingualism on Personality, Cognitive and
  3. Educational Developments: A Historical Perspective. American Academic &
  4. Scholarly Research Journal Vol. 5, No. 1.
  5. Antonio, Muhammad Syafi‟i. (2009). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta:
  6. Gema Insani Press.
  7. Arifin, Zainul. (2007). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Tangerang: Azkia
  8. Chaer,A., & Agustina,L. (2007). Sosiolinguistik: perkenalan awal. Jakarta: Rineka
  9. Cipta.
  10. Heri Pratikto dan Iis Sugianto. (2011).Kinerja Efisiensi Bank Syariah Sebelum dan
  11. Sesudah Krisis Global Berdasarkan Data Envelopment Analysis, Jurnal Ekonomi
  12. Bisnis, Tahun 16, No.2, Juli
  13. Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai layanan, referensi sebagai tempat: sebuah
  14. tinjauan terhadap layanan refernsi di perpustakaan perguruan tinggi. IQRA':
  15. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1).
  16. Mawanti, D. (2014). Pengembangan Kamus Visual Multi Bahasa (Arab-InggrisIndonesia-Jawa) untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Berbasis Kearifan
  17. Lokal.
  18. Merrikhi, P. (2012). The Effect of "Bilingualism" on Iranian Preuniversity Students„
  19. English Grammar Proficiency. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 2,
  20. No. 2, pp. 360-370.
  21. Muharom, A., Cahyana, R., & Bunyamin, H. (2013).Pengembangan Aplikasi Sunda
  22. Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD).
  23. Jurnal Algoritma, 10(1).
  24. Pacific Policy Research Center. (2010, Agustus). Successful Bilingual and Immersion
  25. Education Models/Programs. Honolulu: Kamehameha Schools.
  26. Pratikto, Heri dan Iis Sugianto, Kinerja Efisiensi Bank Syariah Sebelum dan Sesudah Krisis
  27. Global Berdasarkan Data Envelopment Analysis, Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 16,
  28. No.2, Juli, 2011.
  29. Setyandari, A. (2015). Inovasi Pemanfaatan Media Film untuk Peningkatan
  30. Kemampuan Listening dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.MAGISTRA,
  31. (91).hlm.45
  32. Sungkono, S. (2008).Pemiliban dan Penggunaan Media dalam Proses
  33. Pembelajaran.Majalah Ilmiah Pembelajaran, (1). hlm. 79
  34. Yuliana, A. I. (2015). Pengembangan Aplikasi Kamus Istilah Psikologi Berbasis
  35. Mobile (Studi Kasus: Fakultas Psikologi). Tesis.