Main Article Content
Abstract
The throwing of chickens at Kali Progo bridge by the bride and groom's families is one of the traditional Javanese wedding ceremony traditions that we still see in Jombor Village. When the bridal procession's second journey passes through a large river, this tradition is carried out. The purpose of this research is to learn about Urf tradition of dumping chickens at Kali Progo bridge by the bride's family, as well as the origins of this tradition. This qualitative study examines and directly observes the lives of people who still practice historical, anthropological, and Islamic legal approaches. Data collection techniques were used to collect primary data from interviews with traditional leaders, religious leaders, and residents of Jombor Village who still practice this tradition. Books, documents, journals, and other secondary data sources were used, and they were then analyzed using descriptive methods. The findings of the study show that Islam forbids the belief that throwing away chickens will provide safety, because Allah SWT is the only one who can provide salvation. The urf aspect, which is based on syara' and the framework of ushul fiqh, also states that it is not permissible to do so, because this tradition includes urf fasid, which are actions that are not in accordance with the Quran and hadith or make the group's journey to difficult location. Furthermore, this tradition wastes previously discarded chickens.
Keywords: Tradition; Java Chicken; Urf
Abstrak
Salah satu tradisi upacara pernikahan adat Jawa yang masih sering kita jumpai di Desa Jombor salah satunya adalah tradisi membuang ayam dijembatan kali progooleh keluarga pengantin baik pengantin putra maupun pengantin putri. Tradisi ini dilakukan saaat iring -iringan pengantin yang perjalanan keduanya melewati sungai yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tradisi pembuangan ayam di jembatan Kali Progo oleh keluarga pengantin dalam perspektif urf dan asal mula adanya tradisi tersebut. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan sejarah, antropologi dan hukum Islam dengan melihat dan mengamati secara langsung kehidupan masyarakat yang masih melakukannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Desa Jombor yang masih melakukan tradisi tersebut. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen, jurnal dan lain-lain kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agama Islam tidak membolehkan meyakini dengan membuang ayam akan memberikan keselamatan, karena yang memberikan keselamatan hanyalah Allah SWT. Segi urf yang disandarkan pada syara’ dan Kerangka ushul fiqh juga menyatakan tidak diperbolehkan untuk dilakukan, karena tradisi ini temasuk urf fasid , yakni perbuatan yang tidak selaras dengan al-Quran dan hadits atau menyulitkan proses perjalanan rombongan menuju lokasi. Selain itu, tradisi ini memubadzirkan ayam yang telah dibuang.
Article Details
References
- Sumarjoko, and Hidayatun Ulfa. “KAIDAH FIQH BIDANG MU’AMALAH MAZHAB SYAFI’I (Kajian Teoritis Dan Praktik Serta Kehujjahannya).†IQTISAD, 2019. https://doi.org/10.31942/iq.v6i1.2718.
- AMIN, RIDWAN. “DASAR-DASAR PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-A’RAF AYAT 199-202.†American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics, 2017.
- Aziz, Safrudin. “Tradisi Pernikahan Adat Jawa Keraton Membentuk Keluarga Sakinah.†IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 2017. https://doi.org/10.24090/ibda.v15i1.2017.pp22-41.
- Azizi, Mochamad Rifqi. “Tradisi Ngidek Endog Dalam Pernikahan Adat Jawa Dalam Perspektif ‘Urf Studi Kasus Di Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.†Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2021.
- Darwis, Robi. “Tradisi Ngaruwat Bumi Dalam Kehidupan Masyarakat (Studi Deskriptif Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang).†Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2018. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v2i1.2361.
- Dedi, Syarial. “Ushul Fiqih Menurut Paradigma Filsafat Ilmu (Kajian Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi).†Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 2020. https://doi.org/10.29240/jhi.v5i2.1829.
- Dr. Rohidin, SH, M.Ag. Pengantar Hukum Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 2016.
- Hasanah, Risqiatul, and Sitti Mutia Faradillah Tukwain. “Analisis Tradisi Dalam Pesan Dakwah Budaya Mandi Safar Pada Masyarakat Muslim Seram Bagian Timur.†Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no. 2 (2021): 53. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.5682.
- Hipni, Moh. “‘Urf Sebagai Akar Hukum Islam Yang Responsible.†Et-Tijarie: Jurnal Hukum Dan Bisnis Syariah 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.21107/ete.v3i2.3913.
- Kaharuddin, Kaharuddin. “Kualitatif: Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2021): 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489.
- Maimun, Ach. “Memperkuat ’Urf Dalam Pengembangan Hukum Islam.†AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 2017. https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v12i1.1188.
- Marzuki M.Ag. “Tradisi Dan Budaya Masyarakat Jawa Dalam Perspektif Islam.†Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta no. (2006): 2. https://eprints.uny.ac.id/2609/1/5._Tradisi_dan_Budaya_Masyarakat_Jawa_dalam_Perspektif_Islam.pdf.
- Muslim, Muslim. “Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi.†Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana 1, no. 10 (2018): 77–85. https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654.
- Najib, Muhammad, Ragam Makna, Penafsiran Lafal, Secara Berdampingan, Muhammad Najib, and Muhammad Sayyidul Arwan. “Ragam Makna Penafsiran Lafal Darran Dan Naf’an Secara Berdampingan (Kajian Pengulangan Al-Qur’an).†SALIHA 3, no. 1 (2020): 1–30.
- Ngaqli, Maftukhul, Rifqi Muntaqo, and Hidayatu Munawaroh. “Hamalatul Qur ’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur ’ an Internalisasi Infaq Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Dalam Perspektif.†Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an 1, no. 1 (2020): 79–83.
- Nuraeni, Nuraeni. “Islam Dalam Tradisi Pernikahan.†Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 2019. https://doi.org/10.24252/rihlah.v7i2.11753.
- Pratama, Bayu Ady, and Novita Wahyuningsih. “PERNIKAHAN ADAT JAWA DI DESA NENGAHAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN.†Haluan Sastra Budaya, 2018. https://doi.org/10.20961/hsb.v2i1.19604.
- Pratiwi, Nuning Indah. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1, no. 2 (2017): 212. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219/179.
- Putri, Dar Nela. “Konsep Urf Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam.†El-Mashlahah, 2020. https://doi.org/10.23971/maslahah.v10i2.1911.
- Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press. 1st ed. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.
- Setyobekti, Andreas Budi, Susanna Kathryn, and Suwondho Sumen. “Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Dalam Membingkai Keberagaman Pejabat Gereja Bethel Indonesia Di DKI Jakarta.†SOTIRIA (Jurnal Theologia Dan Pendidikan Agama Kristen), 2021. https://doi.org/10.47166/sot.v4i1.29.
- Sulfan Wandi, Sulfan Wandi. “Eksistensi Urf Dan Adat Kebiasaan Sebagai Dalil Fiqh.†SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 2018. https://doi.org/10.22373/sjhk.v2i1.3111.
- Sutrisno Hadi. Metodologi Research. 1st ed. Yogyakarta: Andi Ofset, 2002.
- Syarifuddin, Amir. Garis-Garis Besar Ushul Fiqh. Jakarta: Prenda Media, 2014.
- Zainuddin, Faiz. “KONSEP ISLAM TENTANG ADAT: Telaah Adat Dan ’Urf Sebagai Sumber Hukum Islam.†LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 2015. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.93.
References
Sumarjoko, and Hidayatun Ulfa. “KAIDAH FIQH BIDANG MU’AMALAH MAZHAB SYAFI’I (Kajian Teoritis Dan Praktik Serta Kehujjahannya).†IQTISAD, 2019. https://doi.org/10.31942/iq.v6i1.2718.
AMIN, RIDWAN. “DASAR-DASAR PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-A’RAF AYAT 199-202.†American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics, 2017.
Aziz, Safrudin. “Tradisi Pernikahan Adat Jawa Keraton Membentuk Keluarga Sakinah.†IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 2017. https://doi.org/10.24090/ibda.v15i1.2017.pp22-41.
Azizi, Mochamad Rifqi. “Tradisi Ngidek Endog Dalam Pernikahan Adat Jawa Dalam Perspektif ‘Urf Studi Kasus Di Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.†Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2021.
Darwis, Robi. “Tradisi Ngaruwat Bumi Dalam Kehidupan Masyarakat (Studi Deskriptif Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang).†Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2018. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v2i1.2361.
Dedi, Syarial. “Ushul Fiqih Menurut Paradigma Filsafat Ilmu (Kajian Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi).†Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 2020. https://doi.org/10.29240/jhi.v5i2.1829.
Dr. Rohidin, SH, M.Ag. Pengantar Hukum Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 2016.
Hasanah, Risqiatul, and Sitti Mutia Faradillah Tukwain. “Analisis Tradisi Dalam Pesan Dakwah Budaya Mandi Safar Pada Masyarakat Muslim Seram Bagian Timur.†Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no. 2 (2021): 53. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.5682.
Hipni, Moh. “‘Urf Sebagai Akar Hukum Islam Yang Responsible.†Et-Tijarie: Jurnal Hukum Dan Bisnis Syariah 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.21107/ete.v3i2.3913.
Kaharuddin, Kaharuddin. “Kualitatif: Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2021): 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489.
Maimun, Ach. “Memperkuat ’Urf Dalam Pengembangan Hukum Islam.†AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 2017. https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v12i1.1188.
Marzuki M.Ag. “Tradisi Dan Budaya Masyarakat Jawa Dalam Perspektif Islam.†Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta no. (2006): 2. https://eprints.uny.ac.id/2609/1/5._Tradisi_dan_Budaya_Masyarakat_Jawa_dalam_Perspektif_Islam.pdf.
Muslim, Muslim. “Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi.†Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana 1, no. 10 (2018): 77–85. https://doi.org/10.33751/wahana.v1i10.654.
Najib, Muhammad, Ragam Makna, Penafsiran Lafal, Secara Berdampingan, Muhammad Najib, and Muhammad Sayyidul Arwan. “Ragam Makna Penafsiran Lafal Darran Dan Naf’an Secara Berdampingan (Kajian Pengulangan Al-Qur’an).†SALIHA 3, no. 1 (2020): 1–30.
Ngaqli, Maftukhul, Rifqi Muntaqo, and Hidayatu Munawaroh. “Hamalatul Qur ’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur ’ an Internalisasi Infaq Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Dalam Perspektif.†Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an 1, no. 1 (2020): 79–83.
Nuraeni, Nuraeni. “Islam Dalam Tradisi Pernikahan.†Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 2019. https://doi.org/10.24252/rihlah.v7i2.11753.
Pratama, Bayu Ady, and Novita Wahyuningsih. “PERNIKAHAN ADAT JAWA DI DESA NENGAHAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN.†Haluan Sastra Budaya, 2018. https://doi.org/10.20961/hsb.v2i1.19604.
Pratiwi, Nuning Indah. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1, no. 2 (2017): 212. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219/179.
Putri, Dar Nela. “Konsep Urf Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam.†El-Mashlahah, 2020. https://doi.org/10.23971/maslahah.v10i2.1911.
Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press. 1st ed. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.
Setyobekti, Andreas Budi, Susanna Kathryn, and Suwondho Sumen. “Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Dalam Membingkai Keberagaman Pejabat Gereja Bethel Indonesia Di DKI Jakarta.†SOTIRIA (Jurnal Theologia Dan Pendidikan Agama Kristen), 2021. https://doi.org/10.47166/sot.v4i1.29.
Sulfan Wandi, Sulfan Wandi. “Eksistensi Urf Dan Adat Kebiasaan Sebagai Dalil Fiqh.†SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 2018. https://doi.org/10.22373/sjhk.v2i1.3111.
Sutrisno Hadi. Metodologi Research. 1st ed. Yogyakarta: Andi Ofset, 2002.
Syarifuddin, Amir. Garis-Garis Besar Ushul Fiqh. Jakarta: Prenda Media, 2014.
Zainuddin, Faiz. “KONSEP ISLAM TENTANG ADAT: Telaah Adat Dan ’Urf Sebagai Sumber Hukum Islam.†LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 2015. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.93.