Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda

Authors

  • Irzaki Imam Bukhori Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UIN SI)
  • Irma Yuliani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UIN SI)
  • Yusran Yusran Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UIN SI)

DOI:

https://doi.org/10.31942/jse.v2i2.10288

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan bank syariah dan bisnis syariah di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Menjadikan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari sebagai populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 400.000 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi, serta menggunakan Skala Likert sebagai skala pengukurannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, religiusitas, kualitas layanan dan lokasi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda.

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles