PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH DI SULAWESI SELATAN

Authors

  • Rabiatul Adawiah University of Muhammadiyah Makassar http://orcid.org/0009-0009-2744-4633
  • Agusdiwana Suarni Departement of Islamic Economic, Muhammadiyah Makassar University
  • Sri Wahyuni Departement of Islamic Economic, Muhammadiyah Makassar University

DOI:

https://doi.org/10.31942/jse.v3i1.10915

Abstract

ABSTRACT

This research aims to investigate the influence of sharia financial literacy and product knowledge on the decision to use sharia banking products among Muhammadiyah college students in South Sulawesi. Islamic financial literacy refers to an individual's understanding of the principles of Islamic finance, while product knowledge relates to their knowledge of the various Islamic banking products available. It is important to continue introducing sharia banking products among the public, especially students, with the latest updates so that the level of knowledge of sharia banking products becomes better and the decision to use sharia banking products also increases, especially among students. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 randomly selected samples of student respondents from several Muhammadiyah Universities in South Sulawesi. The collected data was analyzed using SPSS version 25 with multiple linear regression analysis techniques to identify the influence of the two independent variables on the dependent variable. The results of this research contain classical assumption testing which is tested in statistical calculations. The residual assumption test can visually show normal data results after being tested as can be seen in the diagram with all assumptions met and several other tests. The results of partial test findings on the hypothesis regarding the correlation between Sharia Financial Literacy towards and Using Sharia Banking Products and product knowledge towards and Using Sharia Banking Products with the interpretation results of both are accepted.

Keywords: Sharia Financial Literacy, Product Knowledge, Usage Decisions, Sharia Banking, Students, Muhammadiyah Higher Education.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh literasi keuangan syariah dan pengetahuan produk terhadap keputusan menggunakan produk perbankan syariah pada mahasiswa perguruan tinggi muhammadiyah di sulawesi selatan. Literasi keuangan syariah mengacu pada pemahaman individu tentang prinsip-prinsip keuangan syariah, sementara product knowledge berkaitan dengan pengetahuan mereka tentang berbagai produk perbankan syariah yang tersedia. Pengenalan produk-produk perbankan syariah dikalangan masyarakat terkhusus mahasiswa merupakan hal yang penting untuk terus dilakukan juga dengan pembaruan terbaru agar tingkat pengetahuan terhadap produk bank Syariah menjadi lebih baik dan keputusan menggunakan produk perbankan syariah juga menjadi meningkat terkhusus pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel responden mahasiswa yang dipilih secara acak dari beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS versi 25 dengan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengidentifikasi pengaruh kedua variabel independent terhadap variabel dependent. Hasil penelitian ini berisikan pengujian asumsi klasik yang diuji dalam perhitungan statistik uji asumsi residual secara visual dapat memperlihatkan hasil data yang normal setelah diuji seperti dapat dilihat dalam gambaran diagram dengan semua asumsi yang terpenuhi dan beberapa pengujian lainnya. Hasil temuan uji secara parsial pada hipotesis mengenai korelasi antara Literasi Keuangan Syariah terhadap dan Menggunakan Produk Perbankan Syariah serta produk knowledge terhadap dan Menggunakan Produk Perbankan Syariah dengan hasil interpretasi keduanya diterima.

Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Produk, Keputusan Penggunaan, Perbankan Syariah, Mahasiswa, Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Author Biography

Rabiatul Adawiah, University of Muhammadiyah Makassar

Departement of Islamic Economic, Muhammadiyah Makassar University

References

Adiyanto, M. R., Purnomo, A. S. D., & Setyo, A. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1-12.

Amir, A. (2021). Ekonomi Dan Keuangan Islam. Wida Publishing.

Aziza, M. S., Eprianti, N., & Wijayanti, I. M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Di Lingkungan Unisba Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 152-156.

Agama, K. W. K. (2021). Kementerian Agama Republik Indonesia. Rct, 50, 3.

Basori, A., Maslichah, M., & Mawardi, M. C. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Feb Unisma). El-Aswaq: Islamic Economics And Finance Journal, 3(1).

Bintang, A., Haanurat, A. I., & Rustam, A. (2021). Implementasi Pengelolaan Keuangan Ptm Dalam Mendukung Good University Governance (GUG) Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Sulawesi Selatan. COMPETITIVENESS, 10(1), 18-33.

Djlantik, A. A. M. A., & Anwar, S. (2023). Analisis Model Literasi Keuangan Syariah Bagi Generasi Milenial Di Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2013-2020.

Fadhilah, L. L. P. (2023). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Pengajuan Kpr Syariah Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim (The Influence Of Religiusity, Belief And Product Knowledge On Interest To Apply Sharia Kpr At Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim).

Firdaus, D. F., & Alawiyah, T. (2021). Analisis Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 654-663.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22-33.

Hidayat, A., Abdullah, W., Zulfikar, A., & Darussalam, A. (2023, August). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Gaya Hidup, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Pola Konsumsi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 2, No. 1, Pp. 224-239).

Harahap, M. A., & Hafizh, M. (2020). Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah, Suku Bunga dan GDP Terhadap Uang Beredar di Indonesia. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 64-86.

Ismail, M. B. A. (2017). Perbankan syariah. Kencana.

Ida, Z. S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. Kh Saifuddin Zuhri Purwokerto) (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).

Indri, A. (2022). Analisis Literasi Dan Inklusi Keuangan Dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Kejobong Kabupaten Purbalingga) (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).

Inayah, N. (2017). Analisis Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Pt Bprs Puduarta Insani) (Doctoral Dissertation, Pascasarjana Uin Sumatera Utara).

Indonesia, S. (2021). Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemah.

Keuangan, O. J. (2017). Otoritas Jasa Keuangan. Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor, 65.

Kurniawati, R., Ahmad, G. N., & Buchdadi, A. D. (2023). Niat Menggunakan Bank Syariah Pada Generasi Z Di Indonesia. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(5), 7169-7178.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing strategy. In London: London Business Forum.

Khofifah, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Luky, T. O. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge, Dan Persepsi Nasabah, Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Muamalat Kcu Purwokerto (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).

Melisa, J. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Pendapatan Terhadap Penggunaan Produk Perbankan Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Bprs Kota Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Nurlaeli, I. (2017). Pengaruh faktor budaya, psikologi, pelayanan, Promosi dan pengetahuan tentang produk terhadap Keputusan nasabah memilih BPRS di banyumas. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 18(2), 75-106.

Nurlaksita, D. (2018). Pengaruh Product Knowledge, Literasi Keuangan, Dan Persepsi Tentang Bank Syaria h Terhadap Minat Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Dalam Melakukan Pembiayaan Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Nuraini, P., Alfani, M. H., Muyasaroh, N., & Adawiyah, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Persepsi Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Tabarru': Islamic Banking And Finance, 6(1), 291-304.

Navalia, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Raden Intan Lampung) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Otoritas Jasa Keuangan (Ojk), 2016

Putri, P. H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, Dan Pelayanan Syariah Terhadap Preferensi Tabungan Bsi. Islamic Economics And Finance In Focus, 1(4), 345-359.

Pebrianti, A. N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Untuk Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Ngawi).

Pratiwi, N. A. (2023). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Untuk Berwakaf Tunai. Islamic Economics And Finance In Focus, 2(1), 13-22.

Rachmatulloh, D. P. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di bank syariah: Studi pada generasi milenial di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169-175.

Rasyid, R. (2012). Analisis tingkat literasi keuangan mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas negeri padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 1(2).

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79-106.

Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 226-244.

Suarni, A. (2023). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Warga Muhammadiyah Di Kabupaten Sidrap. Indonesian Journal Of Science, Technology And Humanities, 1(2), 62-67.

Setiawan, S. (2023). Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah: Peran Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, dan Citra Bank Syariah. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 3(2), 240-251.

Silvia, K. I. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Pemoderasi (Bachelor's Thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah).

Susriyanti, S., Yulasmi, Y., & Yeni, F. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah, Kecerdasan Spiritual Dan Persepsi Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Untuk Keputusan Penggunaan Produk Bank Syariah: Pembelian, Perilaku, Literasi, Kecerdasan Spiritual, Persepsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 81-89.

Syahputri, K. M., & Dalimunte, A. A. (2023). Pengaruh Product Knowledge Dan Persepsi Nasabah Terhadap Preferensi Menabung Di Bank Syariah Dengan Disposable Income Sebagai Variabel Moderating. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 4(3), 901-909.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta

Setiawan, S. (2023). Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah: Peran Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, dan Citra Bank Syariah. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 3(2), 240-251.

Tesya, A. (2023). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kabupaten Tanggamus (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Thohari, C., & Hakim, L. (2021). Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(1), 46-57.

Yuda, P. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Bsi Di Kotabumi Lampung Utara) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114-130.

Downloads

Additional Files

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles