PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI DI ERA DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI PONDOK PESANTREN
EMPOWERING STUDENTS' ENTREPRENEURSHIP IN THE DIGITAL ERA FOR THE DEVELOPMENT OF CREATIVE ECONOMY IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL
Abstract
Pondok pesantren di Indonesia memiliki peran penting dalam pendidikan agama dan pengembangan karakter santri. Pemberdayaan kewirausahaan di pondok pesantren melibatkan berbagai strategi. Ekonomi kreatif di pondok pesantren melibatkan kegiatan ekonomi yang dihasilkan melalui inovasi dan kreativitas santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemberdayaan kewirausahaan santri di era digital untuk pengembangan ekonomi kreatif di pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review. Data dikumpulkan dari berbagai sumber sekunder seperti jurnal, artikel ilmiah, buku, dan dokumen lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan agama tetapi juga sebagai pusat pengembangan ekonomi kreatif yang berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan santri dan masyarakat sekitar. Strategi yang diterapkan meliputi pembenahan kurikulum, pelatihan kewirausahaan, dan pengenalan teknologi digital. Penggunaan teknologi digital terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan santri dan mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Dukungan dari stakeholder dan pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi kendala dan tantangan yang ada serta memastikan keberlanjutan program ini.
Kata Kunci: Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif, Pondok Pesantren, Pemberdayaan Santri
References
Ahmad Muhtar Syarofi (2017). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Santri Melalui Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global (Studi di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang). Vol. 17 No. 2
Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07
Aini, E. Z. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman.Vol 3 (6) : 7-17.
Basuki. (2021). Pembiasaan Jiwa Entrepreneurship Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Pondok Pesantren. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Perbankan Syariah, Vol 5 (1): 57-78.
Fry Fred L. 1993. Entrepreneurship: a Planning Approach. USA: West Publishing. Firmansyah, et al. (2020). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Ekonomi,
Vol 1 (1) : 28-35.
Kasmir. 2013. Kewirausahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 2015. Ekonomi Kreatif: Rencana Aksi Jangka Menengah 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Pusat Data dan Sistem Informasi. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Noviyanti, R. 2017. “Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Iâ€. Jurnal penelitian Ilmiah Intaj (2017) 1
Robenur, K. (2021). Upaya Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Pesantren Darussalamah Desa Braja Dewa Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Studi Keislaman, Vol 2 (2) : 33-54.
Rahmman, A.A.,HUsin. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, Vol 6 (2) :1829-1836.
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13 (2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752
Ramdani, D., Hidayat, D. N., Sumarna, A., & Santika, I. (2020). Ideal Character of Muslim Generation of Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 171–182. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.644
Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif (Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang) Jakarta: Salemba Empat
Syafar, Muhammad. (2016). Kewirausahaan Sosial Berbasis Pesantren Dalam Mendukung Pembangunan Pedesaan. Serang. Retrieved
Sabdarini, Irene Tatyana (2019). Creative Economy Review. Jakarta Badan Ekonomi Kreatif.
Saiful Bakhri (2019) PEMBERDAYAAN EKONOMI UMMAT MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN, Vol.07 No.01
Handoko. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan Di Era 5.0. Prosiding Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa
Wawan Setiawan (2017) Seminar Nasional Pendidikan, https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf
Wawan Setiawan (2017) Era Digital dan Tantangannya, https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.