Penguatan Halal Value Chain pada Komoditas Daging Ayam di Peternakan Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan
Strengthening the Halal Value Chain for Chicken Meat Commodities at Wonosobo Village Farms, Ngadirojo District, Pacitan Regency
Abstract
Halal value chain memiliki peran penting bagi konsumen, terutama untuk komoditas makanan. Komoditas daging ayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, halal value chain bisa menjadi standar dalam menjamin kehalalan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, penguatan dan dampak penguatan alur Halal Value Chain (rantai nilai halal) pada komoditas daging ayam di peternakan Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peternakan ayam di Pacitan memiliki dua rantai nilai, yaitu dari pemasok- peternak-pedagang kecil–konsumen serta pemasok–peternak-konsumen. Penguatan rantai nilai halal mencakup kegiatan utama, yaitu logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran, penjualan, dan pelayanan; serta kegiatan pendukung, yaitu pengadaan, teknologi, manajemen SDM, dan infrastruktur. Kebijakan sertifikasi halal pada produk memberikan dampak ekonomis yang strategis untuk mengoptimalkan kondisi pasar yang menguntungkan bisnis. Produk bersertifikasi halal pada komoditas daging ayam berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi sektor komoditas daging ayam di Kabupaten Pacitan.
Kata Kunci : Halal Value Chain, Industri Halal, Komoditas Daging Ayam.
References
Ahmad, N., & Shariff, S. M. (2016). Supply Chain Management: Sertu Cleansing for Halal Logisitics Integrity. Procedia Economics and Finance, 37, 418–425. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30146-0
Albaki, R. (1995). Al-Mawrid. Dar El-Ilm Lilmalayin.
Assauri, S. (2016). Strategic Management, Sustainable Competitive Advantages Lembaga Manajement. Universitas Indonesia.
Djamil, F. (2015). Hukum Ekonomi Islam, Sejarah, Teori dan Konsep. Sinar Grafika.
Dzikrulloh, D., & Koib, A. (2021). Implementation Of Halal Value Chain In Business In Islamic Boarding Schools. Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.21107/dinar.v7i2.11250
Fatimah. (2021). Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. 1(2).
Harnadi. (2017). Value Chain Analysis Berdasarkan Prinsip Syariah Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Caban Makassar). Uin Alauddin Makasar.
Johnny Miles, Matthew B. Huberman, M. & S. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook, Terj. Tjetjep Rohendi. SAGE.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, M. S., & Rahman, Y. (2021). Sertifikasi Produk Halal oleh BPJPH DIY dengan Pendekatan Ekonomi Politik Perspektif Maqasid Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 9(1), 199. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v9i1.9783
Nurhisam, L. (2016). Kepatuhan Syariah (Sharia Compliance) dalam Industri Keuangan Syariah. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 1(1), 13–15.
Porter, M. . (1985). Competitive Advantage; Creating And Sustaining Superior Peifonannce (Chapter). The Free Press.
Pramunira, A., & Kurniawati. (2023). Tingkat Kepercayaan dan Minat Pelanggan Berkunjung Kembali Terhadap Restoran Fast Food Yang Sudah Bersertifikat Halal. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1117–1132. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15626
Siti Sarah Mohd Bahrudin, Illyas, M. I., & Mohamad Ishak Desa. (2011). Tracking and tracing technology for halal product integrity over the supply chain. Proceedings of the 2011 International Conference on Electrical Engineering and Informatics, 1–7. https://doi.org/10.1109/ICEEI.2011.6021678
Soon, J. M., Chandia, M., & Regenstein, J. Mac. (2017). Halal Integrity in The Food Supply Chain. British Food Journal, 119(1), 39–51. https://doi.org/10.1108/BFJ-04-2016-0150
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tieman, M., van der Vorst, J. G. A. J., & Che Ghazali, M. (2012). Principles in Halal Supply Chain Management. Journal of Islamic Marketing, 3(3), 217–243. https://doi.org/10.1108/17590831211259727
W., A. (2010). Fikih Kesehatan. AMZAH.
Wibawani, S. (2020). Kemandirian Ekonomi Dan Bisnis Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Muhamadiyah Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.