Penguatan Halal Value Chain pada Komoditas Daging Ayam di Peternakan Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

Strengthening the Halal Value Chain for Chicken Meat Commodities at Wonosobo Village Farms, Ngadirojo District, Pacitan Regency

Authors

  • Arif Syaifudin Arif Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Luhur Prasetiyo Luhur Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Halal value chain memiliki peran penting bagi konsumen, terutama untuk komoditas makanan. Komoditas daging ayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, halal value chain bisa menjadi standar dalam menjamin kehalalan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, penguatan dan dampak penguatan alur Halal Value Chain (rantai nilai halal) pada komoditas daging ayam di peternakan Desa Wonosobo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peternakan ayam di Pacitan memiliki dua rantai nilai, yaitu dari pemasok- peternak-pedagang kecil–konsumen serta pemasok–peternak-konsumen. Penguatan rantai nilai halal mencakup kegiatan utama, yaitu logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran, penjualan, dan pelayanan; serta kegiatan pendukung, yaitu pengadaan, teknologi, manajemen SDM, dan infrastruktur. Kebijakan sertifikasi halal pada produk memberikan dampak ekonomis yang strategis untuk mengoptimalkan kondisi pasar yang menguntungkan bisnis. Produk bersertifikasi halal pada komoditas daging ayam berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi sektor komoditas daging ayam di Kabupaten Pacitan.

Kata Kunci : Halal Value Chain, Industri Halal, Komoditas Daging Ayam.

 

 

References

Ahmad, N., & Shariff, S. M. (2016). Supply Chain Management: Sertu Cleansing for Halal Logisitics Integrity. Procedia Economics and Finance, 37, 418–425. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30146-0

Albaki, R. (1995). Al-Mawrid. Dar El-Ilm Lilmalayin.

Assauri, S. (2016). Strategic Management, Sustainable Competitive Advantages Lembaga Manajement. Universitas Indonesia.

Djamil, F. (2015). Hukum Ekonomi Islam, Sejarah, Teori dan Konsep. Sinar Grafika.

Dzikrulloh, D., & Koib, A. (2021). Implementation Of Halal Value Chain In Business In Islamic Boarding Schools. Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.21107/dinar.v7i2.11250

Fatimah. (2021). Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. 1(2).

Harnadi. (2017). Value Chain Analysis Berdasarkan Prinsip Syariah Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Caban Makassar). Uin Alauddin Makasar.

Johnny Miles, Matthew B. Huberman, M. & S. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook, Terj. Tjetjep Rohendi. SAGE.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, M. S., & Rahman, Y. (2021). Sertifikasi Produk Halal oleh BPJPH DIY dengan Pendekatan Ekonomi Politik Perspektif Maqasid Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 9(1), 199. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v9i1.9783

Nurhisam, L. (2016). Kepatuhan Syariah (Sharia Compliance) dalam Industri Keuangan Syariah. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 1(1), 13–15.

Porter, M. . (1985). Competitive Advantage; Creating And Sustaining Superior Peifonannce (Chapter). The Free Press.

Pramunira, A., & Kurniawati. (2023). Tingkat Kepercayaan dan Minat Pelanggan Berkunjung Kembali Terhadap Restoran Fast Food Yang Sudah Bersertifikat Halal. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1117–1132. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15626

Siti Sarah Mohd Bahrudin, Illyas, M. I., & Mohamad Ishak Desa. (2011). Tracking and tracing technology for halal product integrity over the supply chain. Proceedings of the 2011 International Conference on Electrical Engineering and Informatics, 1–7. https://doi.org/10.1109/ICEEI.2011.6021678

Soon, J. M., Chandia, M., & Regenstein, J. Mac. (2017). Halal Integrity in The Food Supply Chain. British Food Journal, 119(1), 39–51. https://doi.org/10.1108/BFJ-04-2016-0150

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tieman, M., van der Vorst, J. G. A. J., & Che Ghazali, M. (2012). Principles in Halal Supply Chain Management. Journal of Islamic Marketing, 3(3), 217–243. https://doi.org/10.1108/17590831211259727

W., A. (2010). Fikih Kesehatan. AMZAH.

Wibawani, S. (2020). Kemandirian Ekonomi Dan Bisnis Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Muhamadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles