ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI KEUANGAN MIKRO SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v1i1.6794Abstract
This study aims to examine the effect of Islamic microfinance literacy. The method used in this study is a quantitative method using the SPSS 16 application. The scope of this research is the general public. income, age and education level partially have a significant positive effect on Islamic microfinance literacy. This is evidenced by the Anova F test with a calculated F value of 10,860 and an F table of 2.47, while the significant probability value in this study is 0.000 <0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the hypothesis testing of influential income, this is evidenced by the t test, it is found that the calculated value of income is 4.500 greater than t table 0.1661 and the significance value is 0.000 less than 0.05. Then the hypothesis is accepted. The age variable has a t-count value greater than t-table, namely 2.477>0.05, meaning that age has a significant effect. While the variable income level t arithmetic value is smaller than the value of t table that is 0.631 <1.661, the education variable has no effect on financial literacy. So, the conclusion that can be drawn is that income and age have a significant positive effect, while the level of education has no effect on Islamic microfinance literacy.
Keywords: financial literacy, income, age, education levelDownloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.