PENGARUH SERVICE QUALITY, BRAND IMAGE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BSI CABANG KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v1i2.7599Abstract
This study aims to determine the effect of Service Quality, Brand Image and Religiosity on Customer Loyalty of Bank BSI (Study on BSI KC Kendari A Silondae 2). This study uses a quantitative method because it aims to confirm the data obtained in the field with the existing theory. Samples were obtained by 97 BSI customer respondents using simple random sampling technique. As for the technique of data collection is done by using the questionnaire method. Data was processed using validity test, reliability test, classic assumption test, and hypothesis testing using IBM SPSS 26 program. The results of this study indicate that Service Quality and Religiosity do not significantly influence BSI Customer Loyalty variables. Meanwhile, Brand Image has a positive and significant effect on BSI Customer Loyalty.
References
Cahyani, Nofi. 2015. Pengaruh Citra Perusahaan, Relation Marketing, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI Kantor Cabang Wonosari). Naskah Publikasi. Universitas Negeri Yogyakarta
Damyanti, Cintya. Wahyono (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Vol. 4 No. 3: 236 - 252
Fahmi, A. (2014). HRD Syariah: teori dan Implementasi: manajemen sumber daya manusia berbasis syariah. PT Gramedia Pustaka Utama
Fanany, Faisal. Oetomo, Hening Widi (2021). Pengaruh Brand Image, Service Quality Terhadap Loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Managemen, Vol: 4 No. 1: 1-21
Firmansyah D. Prihandono D (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. MA;7(1):120-8.
Hamid, Akhmad. (2014) Pengaruh Religiusitas dan Pelayanan Terhadap LoyalitasNasabah Tabungan Wadiah Di PT. Bank BNI Kantor Cabang PembantuTulungagung. Naskah Publikasi. IAIN Tulungagung.
Janita, Inka Sembiring dkk (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 5, No: 1-10
Kartika, dkk (2019). Pengaruh Religuistas, Trust, Corporate Image dan Sistem Bagi Hasil terhadap Customer Behaviour Intention Menabung dan Customer Loyalty di Bank Syariah Mandiri Jawa Timur. Jurnal Global, Vol.4, No.01: 30 -50
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi 13. Jakarta : Erlangga
Makrifah, Lailizakiatul. Trishananto, Yudha (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Layanan dan Religiusitas Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Intervening. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, Vol.11, No.2: 330 – 342
Normasari, Selvy. Kumadji, S. Kusmawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Adminstrasi Bisnis, Vol.6. No.2 : 1-9
Pangarso, P.P (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KPPS) di Yogyakarta.
Maliyah, Siti. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan (Trust) Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Vol 1, No.1: 9 - 17
Octavia, Ria (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Index Lampung. Jurnal Managemen Pemasaran, Vol: 13, No. 1: 35 – 39
Oliver, R. (1997). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. New York: McGraw-Hill
Olson, Peter, (1993). Consumer Behavior and Marketing Strategy, Richard D. Third edition. Boston: Irwan Inc
Parasuraman,A Valerie A,Zeithaml and L.Berry,(1998). The Behavioral Consequences of service Quality. Journal of Marketing,Vol.60
Philius Mamahit, Agus Supandi Soegoto dan Willem Alfa Tumbuan (2015) Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada PT. Hasjrat Abadi Manado dalam Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 15 No. 5 hlm. 779.
Qolby, Robithoh (2020) Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah di KSPPS BMT Nu Cabang Tlankan Pamekasan. Skripsi. Madura: IAIN Madura
Rahma, Bela.(2017). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat menabung di Bank Syariah. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah
Rahman, Muljibir. Alwahidin. (2019). Efisiensi Bank Umum Syariah Milik Pemerintah Daerah Di Indonesia. Li Falah, 4(2), 253–273
Rahmawati, Evi. Pratiwi, Aleti N (2021). Marketing Sharia, Customer Satisfaction, Religiosity, Financing and Customer Loyality. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020)
Taslim, Muhammad (2018). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas nasabah Bank BNI Syariah KCP Magelang. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga
Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa .Malang : Bayu Media.
Normasari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Pada Tamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotelpelangi Malang. Administrasi Bisnis, 6(2).
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube Di Kota Langsa. Manajemen dan Keuangan, 6(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.