PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PENGADAIAN BANK SYARIAH INDONESIA KC. KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v1i2.7666Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Pengadaian Bank Syari’ah Indonesia Kc. Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian fileld research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah penggadaian Bank Syari’ah Indonesia Kc.Kupang dengan menggunakan total sampling. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan uji t dan koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syari’ah Indonesia Kc. Kupang. Pegadaian Syari’ah Indonesia Kc Kupang. Hasil ini dapat dilihat pada uji hipotesis dimana variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung sebesar 5,278 dengan nilai signifikan 0,000 yang kecil dari tingkat signufukan 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1diterima. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi(R^2 ) kualitas pelayanan terkonstribusi mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Syari’ah Indonesia Kc.Kupang. Pegadaian Syari’ah Kc Kupang sebesar 53,8% sedangkan sisanya sebesar 46,2 % dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar variabel dalam penelitian iniReferences
Abidin, A. Z. (2015). Korelasi Antara Islam Dan Ekonomi. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.847
Choirunnisak, C., & Handayani, D. L. (2020). Gadai Dalam Islam. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 61–76. https://doi.org/10.36908/esha.v6i1.141
Dewi, M. (2018). Konsep Ta’awun dalam Al-Quran (Kajian Komparatif Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Al-MarÄg). Repository.Uinbanten.Ac.Id, 1–78.
Di, K. A., Gapura, D., Pujut, K., Yasin, M., Huzaini, M., Jupri, A., & Mataram, U. (2018). EKONOBIS Praktik Gadai Lahan Dan Dampaknya Terhadap. 4(1), 58–66.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1–28.
Hartono, A. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Di Restoran the Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646.
Hopwood, M. (2012). Sport marketing public relations. In Sport Public Relations and Communication. https://doi.org/10.4324/9780080886114
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
Marhani. (2017). Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Gadai Di Pt Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah (Ups) Jampue Kabupaten Pinrang. Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Gadai Di PT Pegadaian (PERSERO) Unit Pelayanan Syariah (UPS) Jampue Kabupaten Pinrang, 2.
Maryanto, M. A., Hariani, R., & Aripto, S. (2021). Analisis Pelaksanaan Pelunasan Hutang-Piutang Hukum Islam Di Desa Niur Kecamatan. 6, 167–198.
Nasution, R. S. (2016). Sistem Operasional Pegadaian Syariah Berdasarkan Surah Al-Baqarah 283 pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Gunung Sari Balikpapan. Al-Tijary, 1(2), 93–119. https://doi.org/10.21093/at.v1i2.529
Ngatmo, & Bodroastuti, T. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada PT. Sido Muncul Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1–25. https://www.neliti.com/publications/103095/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepuasan-pelanggan-pada-pt-sido-muncul-semarang
Pituch, K. A., & Stevens, J. P. (2016). Applied Multivariate Statistics for the Social Sciences. In Routledge. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pramudya, F. N. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM PEMBIAYAAN AR-RUM DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Arif Rahman Hakim Bandar Lampung. Psikologi Perkembangan, October 2013, 1–224.
Pratama, Y., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 56–68. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.231
Rozak, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa Gadai. Journal of Economic, Business Engineering (JEBE).
Sara, S. K., Ahmad, R. M., & Arkiang, F. (2022). Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 21–37. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v4i1.820
Sulaeman, E. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Charly VHT Family Karaoke Cabang Garut). Jurnal Manajemen Maranatha, 14(2), 175–196.
Undang Undang RI nomor 10 tahun. (1998). Undang-Undang RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Lembaran Negara Republik Indonesia, 182. http://www.bphn.go.id/data/documents/98uu010.pdf
Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
Zuliansyah, A. (2008). Positivisasi†Hukum Islam Dalam Undang-Undang Perbankan Syariah Di Indonesia. 91–102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.