OPTIMIZATION OF QRIS VIRTUAL PAYMENT TOOLS AS A SUPPORTER OF THE ISLAMIC ECONOMY FOR MUSLIM MSMES GO DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v2i1.8417Abstract
This study aims to analyze the benefits of using QRIS as a non-cash transaction tool for MSME players to realize MSMEs go digital. QRIS is a new innovation launched by Bank Indonesia in collaboration with the Indonesian Payment System Association which was launched on the 74th independence day of the Republic of Indonesia, namely August 17, 2019. This research uses a library approach. The results of this study show that the benefits of using QRIS have a major influence on the development of the Sharia economy, especially Muslim MSME players.
References
Ari, N. P. (2022). Persepsi Pengguna QRIS Pada UMKM Di Kota Mataram. Guna Sewaka, 39.
Evan, J. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Responce Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 5.
Imron, A. (2021). Sosialisasi GNNT Melalui Instrument Pembayaran Berbasis QRIS Pada UMKM Di Kota Serang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.
Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Jurnal Scripitura, 24.
Kusumawardani, N. (2022). Pedampingan Kemitraan UMKM Go Digital Bagi New Entrepreneur Make-Up Artist Di Desa Way Hui. Journal of Technology and Social for Community Service, 313.
Mariyati, T. (2013). Strategi Implementasi Kebijakan Publik dalam Mendorong Percepatan Pengembangan Pengguna Internet. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 148.
McDonald, M. H. (1991). Rencana Pemasaran. Jakarta: PT Pertja.
Mu'awwanah, U. (n.d.). Propaganda GNNT dalam Mewujudkan Economic Behavior Berbasis Less Cash Money. Al-Tsaman, 47.
Ningsih, H. A. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 9.
Novianto, L. (2021). Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa. Fisip UNAIR, 4.
Oktaviani, L. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 370.
Perdana, K. D. (2022). Penerapan Transaksi Payment Gateway Berbasis QRIS Pada UMKM. Bisma, 33.
Perdana, K. D., & Sinarwati, N. K. (2022). Penerapan Transaksi Payment Gateway Berbasis QRIS Pada UMKM. Bisma: Jurnal Manajemen, 4-7.
Perdana, K. D., & Sinarwati, N. K. (2022). Penerapan Transaksi Payment Gateway Berbasis QRIS Pada UMKM. Bisma: Jurnal Manajemen, 331-332.
Puspitaningrum, A. P. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Pemahaman, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pelaku UMKM Memilih QRIS BSI Sebagai Media Pembayaran Pada Tempat Usahanya. Prosiding SNAM PNJ, 5.
Raharjo, K. (2022). Pemanfaatan Financial Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Pada UMKM Di Wilayah Depok. JPMM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 71.
Retnowati, M.S.(2022) Digital Payment (QRIS) System Training and Mentoring For MSMEs in Prayungan Village, East Java. Jacips:Journal of Community Practice and Social Welfare, 23-32
Rifaatul, U. (2021). Strategi Implementasi QRIS Oleh Indonesia KPW Kediri Dalam Upaya Pengembangan Non TUnai Pada UMKM Kota Kediri. International Conference on Islam, Law, and Society, 2.
Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sihaloho, J. E. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Responce Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 293.
Silalahi, P. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Ulil Albab, 124.
Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Ulil Albab, 3.
Sriekaningsih, A., Riyanto, S., & Prakasa, A. (2022). Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Penggunaan QRIS Di Kota Tarakan. Gemilang : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2-5.
Suryanti. (2022). Pengembangan UMKM Di Kelurahan Mangunharjo, Tugu, Semarang Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8.
Tobing, G. J. (2021). Analisis Peraturan Penggunaan QRIS Sebagai Kanal Pembayaran Pada Praktik UMKM Dalam Rangka Mendorong Perkembangan Ekonomi Digital. Acta Comitas, 493.
Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 148.
Winardi. (2015). Manajemen Perubahan (Manajemen of Change). Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.