Faktor Preferensi dan Minat Masyarakat Terhadap Transformasi Digital Pengelolaan Zakat Dalam Membayar Zakat Melalui Digital Fundraising

Authors

  • Syahrulloh Nawaf Universitas Wahid Hasyim
  • Risti Lia Sari Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.31942/jse.v2i1.8602

Abstract

Lembaga zakat kini gencar menerapkan strategi pengumpulan zakat melalui layanan digital. Strategi ini diterapkan untuk mengoptimalkan pengumpulan Zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi preferensi dan minat masyarakat dalam membayar zakat melalui digital fundraising di wilayah Kabupaten Tegal. Hal ini dilakukan agar lembaga zakat dapat melakukan hal tersebut dapat meningkatkan strategi untuk memperbanyak jumlah Muzakki dan mengumpulkan zakat Anda secara optimal dan sesuai potensinya. Sampel penelitian ini adalah 91 Muzaki yang berada di wilayah Kabupaten Tegal dan pernah bezakat menggunakan system digital. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS yang merupakan teknik yang digunakan untuk menguji model analisis statistik sebab akibat, dengan menggunakan SmartPLS versi 4.4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, faktor sosial dan kredibilitas kelembagaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi dan minat masyarakat dalam membayar zakat melalui digital fundraising di wilayah Kabupaten Tegal. Sedangkan variabel religiusitas berpengaruh positif terhadap minat masyarakat untuk berzakat secara digital akan tetapi tidak begitu signifikan.

Kata kunci : Zakat, Digital fundraising dan SEM PLS

References

Ardiansyah, Hanif. 2021. “Human Resource Management in Quality Improvement of ZIS Management at LAZISMU Purbalingga in the New Normal Era.†Journal of Business Management Review 2(2):147–61. doi: 10.47153/jbmr22.1072021.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53.

Dz., Abdus Salam. 2018. “Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital- Banking: Optimalisasi Dan Tantangan.†Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari‟ah 10(1):63.

Ekonomi, Jurnal, and Hukum Islam. 2017. “Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, Vol.8, No. 2 2017.†8(2).

Irwan, Muhammad, Titiek Herwanti, and Muaidy Yasin. 2019. “Analisis Penerimaan Dan Penyaluran Keuangan Dana Zakat Infaq Dan Shadaqah Melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram.†Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan 1(1):37–53. doi: 10.29303/e-jep.v1i1.6.

Kotler, P., R., and G. Armstrong. 2018. “Principles of Marketing.†2018(12925):768.

Lutfiyanto, Ahmad Musthofa. 2020. “Pengembangan Inovasi Zakat Berbasis Digital Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shadaqah (Zakat Inklusif).†Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM) 1(1):7–12.

Mastercard-CrescentRating. 2018. “Digital Muslim Travel Report 2018.†(October):74.

Morakanyane, Resego, Audrey Grace, and Philip O’Reilly. 2017. “Conceptualizing Digital Transformation in Business Organizations: A Systematic Review of Literature.†30th Bled EConference: Digital Transformation - From Connecting Things to Transforming Our Lives, BLED 2017 427–44. doi: 10.18690/978-961-286-043-1.30.

Osmundsen, Karen, Jon Iden, and Bendik Bygstad. 2018. “Digital Transformation: Drivers, Success Factors, and Implications.†Mediterranean Conference on Information Systems Proceedings 12(January 2019):1–15.

Pitoyo, Agus, and E. Suhartono. 2018. “INFORMASI , PENGELOLAAN PENGETAHUAN , DAN STANDARISASI PRODUK ( STUDI KASUS PADA UKM PENGRAJIN ALAT PERAGA / PERMAINAN EDUKATIF DI KLATEN ).†978–79.

Rohim, Ade Nur. 2019. “Optimalisasi Wakaf Untuk Inkubator Bisnis Dan.†1:43– 49.

Safinal, Safinal, and Muhammad Haris Riyaldi. 2021. “Implementasi Zakat Core Principles Dalam Pendistribusian Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh.†Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 12(1):37. doi: 10.32507/ajei.v12i1.950.

Sari, Saidah Putri. 2020. “Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.†Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 8(1):147. doi: 10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.

Sisdianto, Ersi, Ainul Fitri, and Desi Isnaini. 2021. “Penerapan Pembayaran Zakat Digital Dalam Presfektif Ekonomi Islam (Cashless Society ).†Jurnal Ilmiah Keuangan Dan Perbankan 4(2):112–23.

Tata Wulandari. 2022. “Peningkatan Penerimaan Zis Melalui Platform Digital Sebagai Pendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Umat Di Tengah Pandemi Covid-19.†Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum 16(1):21–39. doi: 10.24239/blc.v16i1.777.

Utama, I. Kadek Andika Budi, and Ida Bagus Ketut Surya. 2019. “Pengaruh Religiusitas, Adversity Quotient Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Stres Kerja.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(5):3138. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p20.

Yanuar, Fuad, Yassirly Amriya, and Nuwun Priyono. 2020. “Review Laporan Keuangan Baznas Kabupaten Magelang Dengan PSAK 109.†Jurnal Akuntansi Dan Pajak 21(01). doi: 10.29040/jap.v21i1.1161.

Yurista, Dina Yustisi. 2017. “Prinsip Keadilan Dalam Kewajiban Pajak Dan Zakat Menurut Yusuf Qardhawi.†Ulul Albab: Jurnal Studi Dan Penelitian Hukum Islam 1(1):39. doi: 10.30659/jua.v1i1.1962.

Ahmad, Hakim, 2007, System Oprasional Pemasaran Syariah, Jakarta : Renaisan

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

BPS Kabupaten Demak. (2019). Demak Dalam Angka 2019. Demak : BPS Kabupaten Demak.

Buchari Alma, 2012, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Bandung: Alfabeta.

Data Survei Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak, 2019.

Fandi Tjiptono, 2001, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayumedia, 2011 Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: C.V Andi.

Gamal Suwantoro, 2004, Dasar-Dasar Pariwisata, Yogyakarta: Andi Offset.

Handani, Ahmad, 2012, Dalam Buku Drs. Danang Sunyoto, Dasar- Dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Caps.

Hasan, Ali, 2010, Marketing Dan Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia.

Husein Umar, 2002, Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ichtisari Novia Arifah, Promotion Strategi Dan Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Vol 3, No 6 2014

Kartono, 2001, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju.

Kasmir, 2005, Etika Customer Service, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Yogyakarta: ANDI And Pearson Education Asia.

Kuncoro, Mudrajad, 2013, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi edisi 4, Yogyakarta: Erlangga.

Kusmayadi & Endar Sugiarto, 2000, Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mardani Arif, Frida Purwanti & Siti Rudiyanti. (2017). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Pulau Pahawang Propinsi Lampung. Journal Of Maquares Management Of Aquatic Resources) Universitas Diponegoro. (1), 1-9

M.Mursid, 2014, Manajemen Pemasaran Cetakan ke-7, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nazir, Mohammad, 2002, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Tika, Pandu, 2006, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi Aksara Muhammad, Alimin, 2004, Etika Dan Perlindungan Konsumen

Dalam Ekonomi Islam Yogyakarta: BPFE.

Muljadi, 2009, Kepariwisataan Dan Perjalanan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurul Mubarok Dan Eriza Yolanda Maldina, Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista, Jurnal I-Economic Vol 3, No 1 Juni 2017

Pandji, Anoraga, 2009, Manajemen Bisnis Jakarta: Rineka Cipta. Peraturan Bupati Demak Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Demak Tahun 2019.

Probowati Ayu Niken, Anifatul Hanim & Fajar Wahyu. (2015). Identifikasi Faktor Penentu Pengembangan Obyek Wisata Di Kabupaten Demak. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Volume 01, Nomor 01, Tahun 2019 91 Collaborative Governance dalam Pengembangan Pariwisata di Indonesia

Putri Susanthiasih Pelayanan Dan Fasilitas Wisata Pulau Pahawang Ditinjau Dariperspektif Ekonomi Islam, Jurnal Ekonomi Islam Vol 8, No 2 November 2017

Rahmi Syahriza, Pariwisata Berbasis Syariah, Jurnal Human Falah Volume 1, No 2 Juli -Desember 2014

Rahmi Syahriza, Pariwisata Berbasis Syariah, Jurnal Human Falah Volume 1, No 2 Juli -Desember 2014

Razak Fitridamayanti, Benu Suzana & Gene Kapantow. (2017). Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Agri-Sosioekonomi Unsrat,13 (1a), 277 – 284.

Ridwan Lasabuda. (2013). Pembangunan Wilayah Pesisisr dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal iIlmiah Platax 1 (2),

Salah, Wahab, 2001, Pemasaran Pariwisata, Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Sofyan S. Harahap, Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jakarta: salemba empat, 2011 Yusniar Dwi Ratnasari, Jurnal Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra 2016

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sunyoto, Danang, 2012, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: CAPS

Surjaweni, 2014, Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudaH dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta: ANDI

Tambunan Jimmy Margomgom, Sutrisno Anggoro & Hartuti Purnaweni. (2013). Kajian kualitas Lingkungan dan Kesesuaian Wisata Pantai Tanjung Pesona Kabupaten Bangka. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Tika, Pandu, 2006, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles