PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI, RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT NURUL JANNAH GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.31942/jse.v2i2.8649Abstract
This research was conducted to determine the effect of knowledge, promotion, religiosity, and consumer income on decision-making to become financing customers at KSPPS BMT Nurul Jannah Gresik. This analysis includes a validity and reliability test, a class assumption test, a multiple regression analysis test, hypothesis testing through the t-test and the f-test, and determination (R2). The results of this study indicate that knowledge (X1) has a partially positive and significant influence on customer decisions. This is based on the results of the t-test of knowledge = 3.122, then T count > T table or 3.122 > 1.664, with a significance value of 0.001 < 0.05. Promotion (X2) has no partial positive and significant effect on customer decisions. this is based on the results of T count Promotion = 1.367, then T count > T table, or 1.367 > 1.664 with a significance value of 0.175 > 0.05. Religiosity (X3) has a positive and partially significant effect on customer decisions, this is based on the results of T count: Religiosity = 2.093, then T count > T table, or 2.093 > 1.664, with a significance value of 0.039 < 0.05. Income (X4) has a positive and partially significant effect on customer decisions, this is based on the results of T count Income = 6,500, then T count > T table or 6,500 > 1.664 with a significance value of 0,000 < 0.05. Based on the determination test, the R square value shows 0.744, or the equivalent of 74.4%. This indicates that 74.4% contributed to the influence of factors such as knowledge, promotion, religiosity, and income on the decision to become a financing customer at KSPPS BMT Nurul Jannah Gresik. Meanwhile, the remaining 25.6% is influenced by other factors. Â
References
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Kencana.
Sugiono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV. Alfabeta.
Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.
Syafitri, D. P., & Shofawati, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Memjadi Donatur Baitul Maal Hidayatullah Cabang Kediri. JESTT, Vol. 1(No. 2), 132.
Indonesia, I. A. (2020). Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Salemba Empat.
Suedi. (2016). Pengantar Filsafat Ilmu. PT. Penerbit IPB Press.
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu. Pustaka Diamon.
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Jurnal Community Development, Vol. 1(No. 2), 38–39.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi promosi pemasaran. In Fkip Uhamka. Fkip Uhamka.
Utomo, D. P., Jailani, H., & Cahyati, R. A. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba Dan Pengetahuan Produk Koperasi Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (Kspps) Nur Hayyu Ambara Ntb. Iqtishaduna, Vol. 12(No. 2), 162.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.
Said, M. Y. S. dan M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. CV. Sah Media.
Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Willy, F., Goh, T. S.,& Julitawaty, W. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt.Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega, Vol. 6(No. 1), 43.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.