Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Ma’arif NU 01 Cilacap. dengan jumlah total 30 siswa. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah pendekatan dengan media lompat tali dapat meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh. Metode pengumpulan data penelitian tindakan kelas ini menggunakan tes, analisis data dengan membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa dari pra siklus sebanyak 80% atau 24 siswa masih mengalami masalah dengan lompat jauh yang menyebabkan siswa belum tuntas KKM dan 20% atau 6 siswa sudah tuntas KKM, kemudian pada siklus I meningkat sebanyak 46,7% atau 14 siswa tuntas KKM, dan 53,3% atau 16 siswa tidak tuntas KKM. Dan pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa secara keseluruan meningkat sebanyak 86,7% atau 26 siswa tuntas KKM dan 13,3% atau 4 siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan (KKM) yang di tentukan sekolah.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Lompat Tali.
                                                                                                 Â
Abstract
This research is classroom action research. The subjects in this research were class VIII A students at MTs Ma'arif NU 01 Cilacap. with a total of 30 students. This research was conducted to find out whether an approach using jump rope as a medium can improve long jump learning outcomes. This classroom action research data collection method uses tests, data analysis by comparing the learning outcomes of pre-cycle, cycle 1 and cycle 2. The results of this research show that overall student learning outcomes from pre-cycle were 80% or 24 students still had problems with jumping. far which caused students not to have completed and 20% or 6 students had completed, then in the first cycle it increased to 46.7% or 14 students had completed, and 53.3% or 16 students had not completed. And in the implementation of cycle II, overall student learning outcomes increased by 86.7% or 26 students completed and 13.3% or 4 students did not reach the completion criteria.
Keywords: Learning Results, Long Jump Squat Style, Jump Rope.
Article Details
References
- A’la, M. (2023). Upaya Meningkatan Hasil Pembelajaran Senam Materi Loncat Dengan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas Atas Di Sd Islamadina Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Magistra, 14, 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
- Annas, A., Supriadi, A., & Ahmad, I. (2019). The Differences of The Influence of Teaching Method and Self-Reliance on The Students’ Learning Outcomes of Long Jump Ortodock Style at SMA Negeri 1 Stabat in the Academic Year2018/2019. In 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019) (pp. 634-636). Atlantis Press.
- Baharuddin & Arfanda, P. E. (2020). Survey Of Physical Education Learning Models Based On Games For Children With Special Needs At Pandemy Covid-19. In baharuddin baharuddin & P. E. Arfanda (Eds.), ICSAT Proceeding_The 8th Edition (p. 1452). Proceeding of International Conference on Science and Advanced Technology.
- Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9.https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en
- Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
- Muis, A. A., Pembelajaran, P. B., Pembelajaran, P. B. D. A. N., Muis, A. A., Muis, A. A., & Pembelajaran, P. B. (2013). Prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran (. I(September), 29–38.
- Putri, A. (2020). Aktivitads Lompat Jauh & Lompat Tinggi. 3.
- Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
- Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 10–17.
- Sidik, D. D. Z. (2013). Mengajar dan Melatih Atletik. Pt. REMAJA ROSDAKARYA.
- Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40.
- Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 3(2), 199.
- Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
- Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529
- Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
- Yudhi Purnama, Lusiana, D. F. H. (2021). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Kayang Senam Lantai Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 1(2), 8–13.
References
A’la, M. (2023). Upaya Meningkatan Hasil Pembelajaran Senam Materi Loncat Dengan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas Atas Di Sd Islamadina Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Magistra, 14, 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
Annas, A., Supriadi, A., & Ahmad, I. (2019). The Differences of The Influence of Teaching Method and Self-Reliance on The Students’ Learning Outcomes of Long Jump Ortodock Style at SMA Negeri 1 Stabat in the Academic Year2018/2019. In 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019) (pp. 634-636). Atlantis Press.
Baharuddin & Arfanda, P. E. (2020). Survey Of Physical Education Learning Models Based On Games For Children With Special Needs At Pandemy Covid-19. In baharuddin baharuddin & P. E. Arfanda (Eds.), ICSAT Proceeding_The 8th Edition (p. 1452). Proceeding of International Conference on Science and Advanced Technology.
Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9.https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Muis, A. A., Pembelajaran, P. B., Pembelajaran, P. B. D. A. N., Muis, A. A., Muis, A. A., & Pembelajaran, P. B. (2013). Prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran (. I(September), 29–38.
Putri, A. (2020). Aktivitads Lompat Jauh & Lompat Tinggi. 3.
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 10–17.
Sidik, D. D. Z. (2013). Mengajar dan Melatih Atletik. Pt. REMAJA ROSDAKARYA.
Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 3(2), 199.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
Yudhi Purnama, Lusiana, D. F. H. (2021). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Kayang Senam Lantai Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 1(2), 8–13.