Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebeserapa besar Penerapan Nilai-Nilai Karakter Ahlussunah Wal Jama’ah dan Nilai Olimpisme di Madrsah Aliyah Al-Hidayah Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Objek penelitian ini dibatasi pada Madrsah Aliyah Al-Hidayah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan populasi keseluruhn sebanyak 66 responden. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari angket/kuisioner dan wawancara. untuk pengambilan sampel menggunakan rodom sampling. Dan hasil dari penelitian ini untuk penerapan nilai-nilai karakter ahlussunah wal jama’ah  di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kecamatan Gunungpati kota Semarang sudah kategori baik dengan presentase sebesar 68,2% dan untuk penerapan nilai olimpisme di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kecamatan Gunungpati kota Semarang sudah masuk kategori sangat baik dan baik dengan presentase 50%/50%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter Ahlussunah Wal Jama’ah dan nilai olimpisme sudah diketahui.
Kata kunci : Nilai Aswaja, Nilai Olimpisme, Siswa MTs
Â
Abstract
The purpose of this study was to find out how much the Implementation of Ahlussunah Wal Jama'ah Character Values and Olympic Values in Madrsah Aliyah Al-Hidayah, Gunung Pati District, Semarang City. The object of this research is limited to Madrsah Aliyah Al-Hidayah, Gunungpati District, Semarang City with a total population of 66 respondents. By using a qualitative descriptive approach and the survey method. Data collection techniques in this study consisted of questionnaires and interviews. for sampling using random sampling. And the results of this study for the application of the ahlussunah wal jama'ah character values at Madrasah Aliyah Al-Hidayah, Gunungpati District, Semarang City are in a good category with a percentage of 68.2% and for the application of Olympic values at Madrasah Aliyah Al-Hidayah, Gunungpati District, Kota Semarang is in the very good and good category with a percentage of 50%/50%. From this study it can be concluded that the application of Ahlussunah Wal Jama'ah character values and Olympic values is well known.
Keywords : Aswaja, Olympism, Students
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amirudin Yoyok. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Aswaja. 110265(November), 110493.
- Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030
- hanum izzul hanan. (2022). TINGKAT KECEMASAN SISWI KELAS X PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG DI SMA NEGERI 8 SEMARANG Oleh Hanum Izzul Hanan UNIVERSITAS WAHID HAYIM TAHUN 2022.
- M.Or, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 74–86.
- Mu’in, F. (2016). buku pendidikan karakter.
- Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
- Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
- Onainor, E. R. (2019). Melalui Nilai-Nilai Olympism Dalam Olahraga Untuk Mengembangkan Integritas Dan Karakter. Artikel - Eprints.Upgris.Ac.Id, 1, 105–112.
- Pramuji Sukoco. (2014). Strategi Pembangunan Karakter Melalui Olahraga. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
- Priyanto, C. W., Purnama, Y., & Baihaqi, M. I. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric dan Jumping Jack terhadap Daya Ledak Atlet UKM Pencak Silat Unwahas I N F O A R T I K E L ABSTRAK. Jurnal Ilmiah Penjas, 6(2), 2020.
- Purnama, Y. (2023). Kajian Penerapan Nilai-Nilai Karakter Aswaja dan Olimpisme pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 925–930. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2241
- Seodjatmiko, A. N. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64.
- Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.
- Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
- Tuloli, S. (2022). “Pendidikan Karakter.†Osf.Io.
- Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63–73.
- Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11, 262–278.
References
Amirudin Yoyok. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Aswaja. 110265(November), 110493.
Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030
hanum izzul hanan. (2022). TINGKAT KECEMASAN SISWI KELAS X PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG DI SMA NEGERI 8 SEMARANG Oleh Hanum Izzul Hanan UNIVERSITAS WAHID HAYIM TAHUN 2022.
M.Or, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 74–86.
Mu’in, F. (2016). buku pendidikan karakter.
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Onainor, E. R. (2019). Melalui Nilai-Nilai Olympism Dalam Olahraga Untuk Mengembangkan Integritas Dan Karakter. Artikel - Eprints.Upgris.Ac.Id, 1, 105–112.
Pramuji Sukoco. (2014). Strategi Pembangunan Karakter Melalui Olahraga. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Priyanto, C. W., Purnama, Y., & Baihaqi, M. I. (2020). Pengaruh Latihan Plyometric dan Jumping Jack terhadap Daya Ledak Atlet UKM Pencak Silat Unwahas I N F O A R T I K E L ABSTRAK. Jurnal Ilmiah Penjas, 6(2), 2020.
Purnama, Y. (2023). Kajian Penerapan Nilai-Nilai Karakter Aswaja dan Olimpisme pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 925–930. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2241
Seodjatmiko, A. N. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Tuloli, S. (2022). “Pendidikan Karakter.†Osf.Io.
Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63–73.
Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11, 262–278.