Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan data memakai instrumen berupa angket. Subyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Semarang. Analisis data yang digambarkan dengan menggunakan kata-kata sesuai kondisi yang ada. Hasil secara keseluruhan studi eksplorasi minat dan motivasi siswa dalam melanjutkan pendidikan tinggi pada program studi keolahragaan di Kota Semarang. Hasil dari penelitian diketahui motivasi dan minat siswa melanjutkan ke pendidikan tinggi keolahragaan menunjukan kategori sedang (58%). Faktor internal dipengruhi oleh diri sendiri dan faktor eksternal yaitu dukungan orang tua. Motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi karena ingin menjadi orang sukses, siswa termotivasi ingin melanjutkan ke bidang selain prodi keolahragaan dipengaruhi oleh diri sendiri. Minat siswa melanjutkan studi bidang keolahragaan dalam kategori sedang, faktor perasaan senang menjadi aspek yang mempengaruhi minat siswa MA. Keinginan menjadi atlet dan aspek lingkungan juga menjadi motivasi untuk melanjutkan ke prodi bidang keolahragaan.
Kata Kunci: motivasi, minat, siswa, pendidikan
Â
Abstract
This research is a descriptive study using survey methods, with data collection techniques using instruments in the form of questionnaires. The subjects of this study were students of Madrasah Aliyah (MA) throughout Semarang City. Data analysis is described using words according to existing conditions. The overall results of an exploratory study of students' interest and motivation in continuing higher education in sports study programs in the city of Semarang. The results of the research show that students' motivation and interest in continuing to sports higher education show the moderate category (58. Students' motivation to continue higher education because they want to become successful people, motivated students want to continue in fields other than sports study program are influenced by themselves. The interest of students in continuing their studies in the field of sports is in the moderate category, the feeling of pleasure is an aspect that influences the interest of MA students.
Keyword: motivation, interest, student, educationArticle Details
References
- Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
- Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis-Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT.Grasindo
- Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
- Markum, M. Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta : UI Press.
- Poppen, Jerry, D. (2002: 201) Games for Elementary Physical Education Program. USA: Parker Publishing Company.
- RISKESDAS. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI tahun 2013. Riset Kesehatan Dasar, Diakses: http://www.depkes.g.id/resurces/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013 .pdf.
- Roman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta :Laks Bang Mediatama
- Suharjana. (2012). Kebiasaan berperilaku hidup sehat dan nilai2 pendidikan karakter. RPPM FIK UNY
- Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31334/jl.v2i1.117
- Sugiyono. (2012:29). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
- Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Syarifah Umah Febrianti. (2020). “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri di Pondok Pesantren Ummul Quro Tangerang Selatanâ€. Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
- Umi Azizah. (2012). “Hubungan Antara Pengetahuan Santri Tentang PHBS dan Peran Ustadz Dalam Mencegah Penyakit Skabies Dengan Perilaku Pencegahan Penyakit Skabies.â€Skripsi Jember: Universitas Jember.
- Wijaya, A.S dan Putri, Y.M. (2013). Keperawatan Medikal Bedah 2, Keperawatan Dewasa Teori dan Contoh Askep. Yogyakarta : Nuha Medika.
References
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis-Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT.Grasindo
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Markum, M. Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta : UI Press.
Poppen, Jerry, D. (2002: 201) Games for Elementary Physical Education Program. USA: Parker Publishing Company.
RISKESDAS. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI tahun 2013. Riset Kesehatan Dasar, Diakses: http://www.depkes.g.id/resurces/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013 .pdf.
Roman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta :Laks Bang Mediatama
Suharjana. (2012). Kebiasaan berperilaku hidup sehat dan nilai2 pendidikan karakter. RPPM FIK UNY
Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31334/jl.v2i1.117
Sugiyono. (2012:29). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarifah Umah Febrianti. (2020). “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri di Pondok Pesantren Ummul Quro Tangerang Selatanâ€. Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Umi Azizah. (2012). “Hubungan Antara Pengetahuan Santri Tentang PHBS dan Peran Ustadz Dalam Mencegah Penyakit Skabies Dengan Perilaku Pencegahan Penyakit Skabies.â€Skripsi Jember: Universitas Jember.
Wijaya, A.S dan Putri, Y.M. (2013). Keperawatan Medikal Bedah 2, Keperawatan Dewasa Teori dan Contoh Askep. Yogyakarta : Nuha Medika.