Main Article Content

Abstract

Hasil observasi melalui tes praktek yang dilakukan peneliti, hasil belajar yang masih belum mencapai KKM masih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar guling depan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya bagi kelas 10 MA NU 01 Limpung tahun 2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan metode pengambilan data tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan bahwa hasil belajar guling depan dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebanyak 9 siswa (30%) dengan nilai rata-rata kelas 67 setelah menggunakan metode tutor sebaya pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 18 siswa (60 %) dengan nilai rata-rata 74 meningkat sebanyak 25 siswa (83%) pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 76. Tutor sebaya lebih di tekankan untuk diberikan pemaham dan audio visual untuk memperkuat pemahaman tutor sebaya atau anak yang mejadi tutor.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Guling Depan, Tutor Sebaya

                                                                                                  

Abstract

There are still many learning outcomes that have not reached the KKM by result of observations practical tests conducted by researcher. This research aims to determine the improvement in forward roll learning outcomes using the peer tutoring learning method for class 10 MA NU 01 Limpung in 2022. This research is Classroom Action Research, using test and non-test data collection methods. The subjects of this research were 30 grade 10 students. Based on the results of research and data analysis that has been carried out, the results of learning to roll forward using the peer tutor learning method can improve. This is indicated by an increase in student learning completeness from the pre-cycle of 9 students (30%) with an average 67. After using the peer tutoring method in cycle I, 18 students (60%) obtained student learning completeness with an average 74. increased by 25 students (83%) in cycle II average 76. Peer tutors are given more emphasis on providing understanding and audio visuals to strengthen the understanding of peer tutors or children who are tutors.

Keywords: Learning Results, Forwards Roll, Peer Teaching.

Article Details

References

  1. Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf
  2. Arjanggi, R., Hasil, M., & Berdasar, B. (2010). Makara Human Behavior Studies in Asia Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. 14(2), 91–97.
  3. Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9.
  4. Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
  5. Cholik, T., & Lutan, R. (2001). Pendidikan jasmani dan Kesehatan. In Bandung: CV Maulana (Vol. 2231402047).
  6. Dasar, K., Pokok, M., & Bahan, S. (n.d.). (floor exercises) ,. 6–7.
  7. Dasna, I. W., Si, M., & Ed, M. (n.d.). Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. 1–61.
  8. Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
  9. Firmansyah, H. (2009). HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN. 6(April), 30–33.
  10. Galuh Hendityo Wicaksono, Yudhi Purnama, & Prayogi Eka Winasto. (2021). Pengembangan Alat Bantu Berenang Flying Swimming untuk Pembelajaran Renang Pemula. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(1), 152–156. https://doi.org/10.46838/spr.v2i1.102
  11. Hadjarati, H., Haryanto, A. I., Olahraga, P. K., Keolahragaan, I., & Lantai, S. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. 19(2), 137–145.
  12. Hanan, H. I., Lusiana, L., Zahra, S., & Purnama, Y. (2023). Tingkat Kecemasan pada Pembelajaran Senam Lantai Kayang. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 2(2), 89–94. https://doi.org/10.26740/ijok.v2n2.p89-94
  13. Hidayanto, M. T. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring Tutor Sebaya Untuk Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video Kelas Xii Multimedia 1 Di Smk Negeri 1 Singgahan Oleh : Mukhamad Taufiq Hidayanto Program Profesi Guru Dalam Jabatan. 1–53.
  14. Laksono, R. D., Purnama, Y., Pd, M., & Sukiyandari, L. (2022). Tingkat Kecemasan Siswi Kelas X Pada Pembelajaran Senam Kayang. Journal of Education and Sport Science, 3(1). http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JESS
  15. Purnama, Y., & Hidayah, D. F. (2021). Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University. 4(1), 8–13.
  16. Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10. https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461
  17. Safont, L. V., & Calvís, M. S. (2010). Learning management system. Multimedia in Education: Adaptive Learning and Testing, 190121600883, 21–48. https://doi.org/10.1142/9789812837066_0002
  18. Sari, Z. O. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Saat Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri Se-Kabupaten Purbalingga. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).
  19. Wardani, O. P., Pd, S., Pd, M., & Sekolah, D. I. (2013). MODEL DAN METODE.
  20. Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
  21. Yuliandra, R., Fahrizqi, E. B., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswa Sekolah Dasar The improvements of back roll basic motion for Elementary School. 16(2), 204–213.