Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengenalkan permainan Carram pada siswa SMP, memodifikasi permainan Carram dan mengetahui efektifitas model permainan Carram terhadap peningkatan denyut nadi siswa. Model pengembangan yang digunakan menggunakan prosedur pengembangan. Subyek yang digunakan siswa kelas VIII SMP 16 Semarang berjumlah 120 siswa yang terdiri dari 30 orang sebagai kelompok kecil dan 90 orang sebagai kelompok besar. Teknik analisis yang digunakan adalah presentase untuk menganalisis dan penilaian kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik subyek serta uji Wilcoxon untuk mengetahui efektifitas produk. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan permainan cakram terbukti efektif dapat meningkatkan denyut nadi siswa SMP sebesar 59,9%. Peningkatan kemampuan lempar cakram pada siswa SMP dapat dilakukan dengan memodifikasi melalui permainan lempar cakram menjadi permainan Carram. Pengembangan permainan Carram dalam penelitian ini terbukti layak, dan dapat diterima untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa SMP. Disarankan kepada guru penjasorkes menggunakan permainan Carram sebagai alternatif pilihan mengenalkan pembelajaran lempar cakram

Article Details

References

  1. Jerver, Jess. 2007. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionor Jaya.
  2. Vina Sanjana. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  3. Aden Sanjaya. 2011. Pengertian Lempar Cakram. Diakses dalam http://aadesanjaya. blogspot.com/2011/09/lempar cakram- sejarah- teknikperaturan.Html.
  4. Adang suherman. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta; Depdikbud
  5. Aip Syarifuddin. 2000. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
  6. Ardhana, A. 2002. Model Pengembangan Produk Pembelajaran. Semarang: UNNES.
  7. Arwan Alfiranto. 2010. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Pembelajaran Lempar Cakram Siswa Kelas V SD Negeri Gedongkuning Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
  8. Azwar Syaifudin. 2003. Metode Penelitian. Cetakan ke-enam. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
  9. Dididk Zafar. 2014. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  10. Djumidar. 2005. Dasar-dasar Atletik. Universitas Terbuka.
  11. Ega Trisna Rahayu. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
  12. Giri Wiarto. 2013. Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  13. Jerver, Jess. 2007. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionor Jaya.
  14. Khomsin.2008. Atletik 2. Semarang: UPT UNNES Press.
  15. Monks, dkk. 2004. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  16. Poerwardaminto. 2001. KBBI. Jakarta: Depdikbud.
  17. Putra, Nusa. 2011. Research and development Penelitian dan pengembangan:suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  18. Qomarullah, Rif’iy, and Muchlisin Kardiyono. "Metode Pembelajaran Atletik Dasar." Kudus: Maseifa Jendela Ilmu (2012).
  19. Roesdiyanto. 2012. Permainan dan Olahraga Tinjau Antropologi Olahraga. Malang: universitas Negeri Malang.
  20. Roji. 2004. Factor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Mahasiswa. Survei di STIE Ghanesha. www. Depdiknas.go.id.
  21. Rud Midgley, C.S. 2000. Lempar Cakram. Diakses dalam http://id.wikipedia.org/wiki/ pengertian-lempar-cakram.
  22. Saidiharjo. 2004. Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: UNY.
  23. Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan Sma. Jakarta: Litera.
  24. Singih D. Gunarsa. (1989). Psikologi Remaja. Jakarta. Gunung Mulia.
  25. Sukintaka. 1992. Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Jakarta; DEPDIKBUD
  26. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
  27. Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktek. Jakarta:Rineka Cipta.
  28. Syaifullah. 2008. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Lempar Cakram Siswa Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Moyudan Sleman Melalui Aktifitas Luar Kelas. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
  29. Syamsu Yusuf. 2004. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  30. Uno. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  31. Vina Sanjana. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  32. Wasis D. Dwiyogo. 2004. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM.