Main Article Content

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar pada siswa dan siswi baik dari kelas laki-laki dan perempuan masih banyak yang dibawah KKM, dibuktikan dengan hasil nilai belajar rata-rata dibawah KKM pada kelas Amru sebesar 5%, Thariq 7%, Asma 5%, dan aisyah 8% pada materi bola basket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar pada kelas Kelas VII Thariq (TGfU) dan Kelas VII Asma (TGfU) dengan nilai signifikasni Sig. (2-tailed) 0,039 > 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar pada kelas Kelas VII Amru (PBL) dan Kelas VII Aisyah (PBL) dengan nilai signifikasni Sig. (2-tailed) 0,49 > 0,05. Kesimpulan pada penelitian yang dilakukan pada kelas TGfU pada kelas VII Thariq (laki-laki) dan kelas VII Asma (perempuan) serta PBL pada kelas VII Amru (laki-laki) dan kelas VII Aisyah (perempuan), terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran TGfU yang di terapkan pada kelas laki laki (Thariq) dengan presentase 14% dan model pemalajaran PBL yang di terapkan pada kelas perempuan (Aisyah) dengan presentase 12%.

Article Details

References

  1. Alcalá, D. H., & Garijo, A. H. (2017). Teaching games for understanding: A comprehensive approach to promote student’s motivation in physical education. Journal of human kinetics, 59, 17.
  2. Alfi, S., Amiruddin, dan Bustaman. 2017. “Peran guru pendidikan jasmani dalam membentuk karakter siswa pada mts se-banda aceh tahun pelajaran 2016/2017â€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. 2 (3) 76-91.
  3. Amik Achmad E, Feriyanto, B. 2017. “Pengaruh Permainan Lompat Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dalam Pembelajaran PJOKâ€. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4 (2).
  4. Dyas, S. D. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Ecademia.edu.
  5. Febrianta, Y, Sukoco, P. 2013. “Upaya peningkatan pembelajaran permainan bola basket melalui metode pendekatan taktik siswa smpn 2 pandak bantulâ€. Jurnal keolahragaan, 2, (1) 186-194.
  6. Hasmarita, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Minat Belajar Penjas. Jurnal Olahraga, 4(1), 1-10.
  7. Kirk, D., & MacPhail, A. (2002). Teaching games for understanding and situated learning: Rethinking the Bunker-Thorpe model. Journal of teaching in Physical Education, 21(2), 177-192.
  8. Martono, H., Rahayu, T., & Fakhruddin, F. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Kelamin terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voliâ€. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 44-49.
  9. Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 27-35.