Main Article Content

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum 2013 belum begitu baik, pemahaman tentang kurikulum 2013 belum begitu baik, serta sarana dan prasarana yang belum memadai menjadi penghambat berjalannya pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif presentase. Berdasarkan penelitian ini diperoleh implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Purwakarta tahun 2018-2019 pada kategori “Baik†dengan presentase keseluruhan sesebar 79,30%. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan penelitian ini adalah mengadakan evaluasi pembelajaran, menggiatkan sosialisai dan pelatihan, dengan tujuan agar bisa meningkatkan hasil pembelajaran

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
  2. At Taubany, & Suseno. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: PT Kharisma Putra Utama.
  3. Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Fadhilah. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  5. Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: CV Gre Publishing.
  6. Hanifah, N., & Julia. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
  7. Infoptk. (2016). Tentang Setandar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Diambil Dari Permen Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
  9. Malinda. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mapel Penjasorkes Teknik Dasar Lompat Jauh SMA. Laporan Penelitian Tindakan Kelas.
  10. Muchson, D. (2013). Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Guepedia.
  11. Mukhan, S. (2018). Salinan Lampiran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas.
  12. Permendikbud. (2016). Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi.
  13. Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  14. Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
  15. Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum.
  16. Yogyakarta: CV Budi Utama.Setiawan, M. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia