Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik seberapa besar tingkat kemampuan motorik siswa sekolah dasar. Peneliti ingin menggambarkan situasi yang sedang berlangsung, tanpa pengujian hipotesis, focus pada kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SD Negeri Pojok I Kec. Kwadungan Kab. Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Komponen kelincahan diukur dengan tes shuttle-run 4x10 meter, komponen koordinasi mata dan tangan diukur dengan tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok. Tes ini menghitung jumlah bola yang dapat ditangkap tanpa jatuh ketanah selama 30 detik, komponen keseimbangan diukur dengan tes stork stand positional balance. Tes ini menghitung waktu yang dicapai dalam mempertahankan sikap tanpa memindahkan kaki. Dan komponen kecepatan diukur dengan tes lari cepat 30 meter. Tes ini menghitung waktu yang ditempuh dalam melakukan lari 30 meter. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa 2 siswa berkategori sangat tinggi, 7 siswa tinggi, 17 siswa sedang, 12 siswa rendah dan 7 siswa sangat rendah

Article Details

References

  1. Edward; Arthur; Betty; Kenneth. 1979. The Organization and administration of physical education. New Jersey. Prentice-Hall Inc.
  2. Hurlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  3. Kiram. (1992). Belajar Motorik.Jakarta: Depdiknas.
  4. Nurhasan. (2004). Penilaian Pembelajaran Penjas.Jakarta: Universitas Terbuka
  5. Robert dan Cindi. 1990. Introduction to Physical education: a contemporary career approach. London. Scott, Foresman and Company
  6. Syarifudin. (2009). Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan Dengan SPSS. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
  7. Rusli Lutan. (1988). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Depdiknas.
  8. Sugiyono. (2003). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  9. Sugiyono. (2003). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
  10. Suharsimi Arikunto. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: PT Adi Mahasatya.