Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring saat pandemic Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey deskriptif dengan desain penelitian Cross sectional atau longitudinal. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 6 PJKR se-Sukabumi yang terdiri atas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Respons mahasiswa mengenai pembelajaran daring diperoleh berdasarkan tanggapan mahasiswa terhadap 22 butir. Adapun hasilnya adalah kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring diperoleh 7 mahasiswa (10,9%) menyatakan sangat siap dan 19 mahasiswa (29,7%) yang menyatakan siap. Respon mahasiswa terkait efektifitas pembelajaran daring dibandingkan tatap muka adalah sebanyak 61 mahasiswa (95,3%) menyatakan pembelajaran tatap muka lebih baik dan 3 mahasiswa (4,7%) menyatakan pembelajaran daring lebih baik. Kesimpulan bahwa mahasiswa tidak siap dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan menyatakan tatap muka lebih baik dibandingkan daring

Article Details

References

  1. Anggara, L, A., & Sandey, T.P. (2018). Revitalisasi pendidkan jasmani untuk anak usia dini melalui penerapan model bermain edukatif berbasis alam. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. 3,41-45
  2. Faridah, E (2016). Mengajar pendidikan jasmani melaluipermainan “Ide kreatif mengoptimalkan aspek pedagogisâ€. UNMED15, 38-53.
  3. Hartati Sri, Ismail Nurdin. 2019. Metodologi penelitian sosial. Surabaya : media sahabat cendekia.
  4. Hayati Nur. 2020. Metode Pembelajaran daring/E-learning yang efektif. Universitas pendidikan ganhesa singaraja Indonesia.
  5. Kepolisian besar republik Indonesia, 2020. Buku pedoman Polri mengahadapi covid 19. Jakarta.
  6. Ketut, Sudarsana dkk. 2020. Perspektif Pendidikan. Denpasar : Universitas hindu negeri 1 gusti bagus sugriwa Denpasar.
  7. Mamik. 2015. Metodologi kualitatif: Siduarjo : Zifatama Publisher.
  8. Mastuti, Rini dkk. 2020. teaching froom Home dari belajar menuju merdeka belajar Medan : yayasan kita menulis.
  9. Mona, nainul. 2016. Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meninilasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di Indonesia) Bandung : universitas pasukan Bandung.
  10. Nazaruddin, Ahmad muslim. Jaka pradipta. 2020. Buku panduan virus corona. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  11. Nuryuniarti, Rissa dan Endah Nurmahmudah. 2019. Otak Atik google-forms. Tasikmalaya : Edu publisher.
  12. Permana, rahmat. 2020. Teori dan praktik. Tasikmalaya: Edu Fublisher.
  13. Pujiono. 2016. Pembelajaran cem- learning (c- lening, e- learning, m-learning) menuju era pembelajaran digital. Jawa tengah: Universitas terbuka convention center
  14. Sanjaya, Ridwan. 2020. Pembelajaran Daring di masa darurat. Semarang : universitas katolik soegijapranata.
  15. Sihab, Ali. 2018. Buku ajar analisis kuantitatif ilmu politik dengan spss. Surabaya : Airlangga University Press.
  16. Suherman, Ayi. 2018. Kurikulum pembelajaran penjas. Semedang : Upi Sumedang Press.
  17. Sumiharsosno, M Rudhy. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.