Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profesional seorang personal trainer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah angket, populasi pada penelitian ini adalah semua hotel yang memiliki fitness center di kota Semarang tengah yang berjumlah 18, jumlah sampel di tentukan dengan purposive sampling yang berjumlah 6 hotel dengan jumlah 13 responden. Adapun metode analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa personal trainer di hotel kota Semarang Tengah sudah profesional dengan rata-rata 87%, dengan rincian : pengetahuan personal trainer berada pada kategori profesional dengan rata-rata sebesar 89%, keterampilan berkategori profesional dengan rata-rata sebesar 80% dan sikap berkategori profesional dengan rata-rata sebesar 87 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah personal trainer pada fitness center di hotel kota Semarang Tengah profesional, yang dapat dilihat dari pengetahuan, keterampilan dan sikap

Article Details

References

  1. Ajib, G. M. 2017. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Mata Pelajaran Penjasorkes Materi Renang Untuk Smp DiKecamatan Batealit Jeparaâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Wahid Hasyim.
  2. Annabelle. P. 2017. “Analisa Service Gap Pada Layanan Jasa Personal Trainer Di Gold Gym Cihampelas Walk Bandungâ€. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.
  3. Apriyanto, D. 2018. Hakikat Kebugaran Jasmani. https://okeeducation.blogspot.com/2008/10/hakikat-kebugaran-jasman.html. blog (diunduh 16 juli 2018).
  4. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Arovah, I. N. 2015. Fisioterapi Olahraga. Jakarta: EGC
  6. Bagus, D 2009. Pengantar Perhotelan : Definisi Hotel, Karakteristik, Jenis dan Klasifikasi Hotel. http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/pengantar-perhotelan-definisi-hotel.html.
  7. Blanchard, P. Nick. W. Thacker. 20- 04. Effective Training: System, Strategy and Practices, 2nd edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  8. Budi, W, at al. (2002). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Editor: A. Usmara. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.
  9. Eric, S. 2016. Kompetensi Orientasi Pelayanan Personal Trainer Atlas Sports Club Surabaya. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
  10. Fadlatul, F. 2012. Pengertian Attitude dan ciri-cirinya. http://fadlatul.blogspot.com/2012/10/pengertian-attitude-dan-ciricirinya.html. blog (diunduh 16 juli 2018).
  11. Febriana, S. 2011. “Representasi Citra Diri Bagi Personal Trainer Celebrit Fitnes La Piazzaâ€. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
  12. Hidayat, T. 2013. Studi Komporatif Duafitnes Center Terbesar Di Kota Bandung Dalam Hal Kualitas Pelayanan Dan Sarana-Prasarana Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Pengunjung. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
  13. Marine, D. 2016. Pengertian Fitnes dan Manfaatnya. http://mziki90.blogspot.com/2016/10/pengertian-fitnes-dan-manfaat-nya.html. blog (diunduh 5 mei 2018).
  14. Purnomo, D. 2016. “Kepuasan Member Pada Program Personal Trainer Di Celebrity Fitness Supermall. Jurnal Kesehatan Olahraga, Volume 4 NO. 3. Hal 20-35.