Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SMK NU Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model permainan ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap pembuatan produk awal, kemudian produk tersebut divalidasi oleh ahli permainan ahli pembelajaran. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X siswa SMA NU Ungaran. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Permainan Gapai layak dijadikan sebagai salah satu pengembangan pembelajaran passing atas dalam permainan bola voli pada siswa sekolah menengah atas. Saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan bentuk permainan Gapai ini

Article Details

References

  1. Ahmadi, N. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Bahagia, Y. Suherman, A. 2000. Prinsip Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta, Depdiknas.
  4. Baharuddin dan Wahyuni, E. N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  5. Dimyati dan Mudjiono. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  6. Firmansyah, H. 2009. Hubugan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal JPJI (Nomor 3 Volume 2).
  7. Lestari, N(Ed.). 2008. Melatih Bola Voli Remaja, Edisi Keempat. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
  8. Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yudistira. Bandung.
  9. Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT Asri Mahasatya.
  10. Purnama, H, A, D. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Loncat Kangkang untuk Siswa Kelas XI di SMK N 3 Yogyakartaâ€. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  11. Rahmani, M. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
  12. Risalian, V, A .2014. â€Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Permainan Tavol untuk siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun 2014â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
  13. Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP/MTs. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
  14. Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  15. Sunardi dan Kardiyanto, W, D. 2013. Bola Voli. Surakarta: UPT Penerbit dan UNS Press.
  16. Susanto, H. P. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Adventure Map Edutaiment Materi Bola Basket dalam Mata Pelajaran Penjasorkes pada Siswa Kelas X SMK Adhi Yudha Karya Tahun Pelajaran 2016-2017â€. Skripsi. Semarang: Universitas Wahid Hasyim.
  17. Yudiana, Y. 2012. Teknik Dasar Bola Voli. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JU
  18. R._PEND._OLAHRAGA/196506141990011YUNYUN_YUDIANA/TEKNIK_VOLI.pdf (diakses pada 28 Februari 2018).
  19. Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.