Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengerahui kemampuan kreatifitas guru Pendidikan jasmani dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan deskirptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA se-Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada tujuh Sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Majalaya. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan guru olahraga SMA se-kecamatan Majalaya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil temuan penelitian kemampuan kreativitas guru penjas terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menegah Pertama se-Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung tahun 2018 guru sudah melakukan kemampuan kreativitasnya berdasarkan lima faktor. Saran bagi siswa, agar terus bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan

Article Details

References

  1. A.M, Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Fraffindo.
  2. Achmad, Munib, dkk. (2009). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES
  3. Adang Suherman. 2001. Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Agus Faozan. 2013. Kreatifitas Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Mengatasi Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Prembun Kabupaten Bandung. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta
  5. Agus Mahendra dan Amung Ma’mun. Tanpa tahun. Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung : CV. Andira
  6. Agus Mahendra. 2008. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.Bandung : FPOK UPI
  7. Alfiyani. 2010. Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 20 Tangerang. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullahh Jakarta
  8. Andi Tri Pratomo. 2000. Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ada Sekolah Menengah Atas Se-Kota Purbalinga. Yogyakarta : UNY
  9. Anitah, Sri, dkk. (20100. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  10. Arikunto Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : PT Renika Cipta
  11. Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Arna Abdullah. 2005. Penyusunan Tes dan Evaluasi. Yogyakarta :Yayasan Sekolah Tinggi Olahraga
  13. Asmani, Jamal Ma’mur. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
  14. Bahri Syaiful, D. (2010).Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Bucher.2001.Foundation of Physical Education & Sport. (9th ed). St.Louis, Missouri: The Mosby Co
  16. Cahyo, Agus N.2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar.Yogyakarta: Diva Press
  17. Cholik dan Lutan. 2006. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
  18. Dimyati dan Mudjiono.2002.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rieneka Cipta
  19. Djamarah, Syaiful Bahri.2006.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Asdi Mahasatya
  20. E. Mulyasa .2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  21. Ega Trisna Rahayu. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Alfabeta
  22. Muslich, Masnur.2009.Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta: Bumi Aksara
  23. Nasution.2006.Metode Research (Penelitian Ilmiah).Jakarta: Bumi Aksara
  24. Press.
  25. Rusman.2012.Model-model Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  26. Sanjaya, W.2007.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
  27. Sudjana.2004.Metode Statistika.Bandung: Tarsito
  28. Sugiyono.2011.Memahami Penelitian Kuantitatif.Bandung: Alfabeta
  29. Suryosubroto.2002.Model Pembelajaran.Jakarta: Rieneka Cipta
  30. Susilana, Rudi.2006.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.Jakarta: Rieneka Cipta
  31. Suyadi.2010.Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Diva Press