Main Article Content

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai peserta didik masih banyak yang belum mencapai KKM sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh mata pelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan permainan kotak kardus, tali dan rotan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dengan tahapan perncanaan, peelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Populasi kelas VIII sebanyak 32 siswa dan teknik penarikan sampel menggunakan total sampling, sehingga 32 siswa dijadikan sebagai sampel peneitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari prasiklus 9 siswa yang tuntas naik mejadi siklus I ada 24 siswa yang tuntas dengan rata-rata 77,22 dan siklus II ada 31 siswa yang tuntas dengan rata-rata 82,5. Dapat disimpulkan bahwa metode permainan menggunakan kotak kardus, tali dan rotan dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok

Article Details

References

  1. Akhmad Hidayatno, Arriy Rahmawan, M. R. (2018). Bermain untuk Belajar. Penerbit LeutikaPrio.
  2. Ayu, C. C. M. (2018). Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Caremedia Communication.
  3. Dimyati dan Mudjiono. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Irwansyah. (2006). Pendidikan Jasmani. PT Grafindo Media Pratama.
  5. Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yudistira. Bandung.
  6. Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.
  7. Permana, R. (2020). Teori dan Praktik: Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi (Zulfikar (ed.)). Edu Publisher.
  8. Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.