Diplomasi Indonesia Dalam Mempromosikan “Wonderfull Indonesia” Di Asia Tenggara Tahun 2013-2018

Authors

  • Anggih Hermawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim
  • Anna Yulia Hartati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.31942/khi.2022.1.2.6472

Keywords:

Public Diplomacy, Wonderful Indonesia, success rate, Indonesia

Abstract

As an internationally traded and rapidly growing industry, tourism is one of the main categories in the economic sector. For Indonesia, tourism is one of the main sources of foreign exchange earnings and can create jobs and opportunities for further development. Southeast Asia has a lot of tourism potential, namely from tourist objects and attractions which are a form of interconnected activities and facilities. In this case the researcher uses the concept of Public Diplomacy (First track and Second track) as a reference to answer the problems in this study. The main objective in this study was to determine the level of success of Indonesian diplomacy in promoting Wonderful Indonesia in Southeast Asia and the strategy of the Indonesian government in comparing Wonderful Indonesia. The type of research used is qualitative research and the method used for data collection, in-depth information extraction related to the factors that influence the success of Indonesian diplomacy in promoting Wonderful Indonesia in Southeast Asia. The results of the study show that public diplomacy has a very significant influence on the success of Indonesian diplomacy in promoting Wonderful Indonesia.

References

Buku

Archer, Clivw. 1983. International Organizations, London: George Allen & Unwin Ltd.

Dinnie,Keith. 2008. Nation Branding: concepts, issues, practice. Amsterdam: Elsevier.

Efendi,Tonny dian,diplomasi publik jepang perkembngan dan tantangan,risman sikumbang, 1,bogor:galia indonesia,2011.

Roy ,S.L., diplomasi, harwanto, mirsawati. Ed 1.,cet 2,jakarta utara:PT Utomoputer,1995

Sondakh,Angelina. 2018. Jendela Pariwisata, Bandung: Kesaint Blanc.

Jurnal/Karya Ilmiah

Asean Visa, “PH, Three Nations Agree to Work on ASEAN Common Smart Visa‟, diakses dari http://www.aseanvisa.com/aseanvisa.htm. tanggal 17 januari 2019.

Buletin Komunitas ASEAN Ditektorat Jendral Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri RI,Jakarta,2014, Edisi 5 Agustus 2014 hal 62-63.

Didik Dwi Prasetya, “Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pariwisataâ€, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, 2011. Tgl 16 januari 2019

Direktorat Jenderal Pemasaran. 2013. Rakor Sinkronisasi Program Pemasaran Pariwisata di akses tgl 5 september 2018

Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2014, hal. 56. Diperoleh dari http://parekraf.go.id/asp/detil.asp?c =5&id=2881,, diakses pada 17 oktober 2018

Nurainun, N. (2013). Analisis industri batik di Indonesia. Fokus Ekonomi, 7(3).tgl 2 januari 2019

Prayini, “Pengaruh Destination branding Terhadap Tourist Retention Pada Wisatawan Indonesia yang Berkunjung ke Thailandâ€, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013

TG Asia Media, “ASEAN Tourism Forum Longest Running ATF TRAVEX Secretariatâ€, diakses dari http://www.ttgasiamedia.com/ttg_events/atf tgl 17 januari 2019

UNWTO, “International Tourism Demand Exceeds Expectations In The First Half Of 2013â€, UNWTO, “International Tourism Demand Exceeds Expectations In The First Half Of 2013â€, http://media.unwto.org/press-release/2013-08-25/international-tourism-demand-exceeds-expectations-first-half-2013 di akses tgl 16 januari 2019

Indonesia Tourist News, “Memaksimalkan Travex ASEAN Tourism Forum di Singapura, Kemenpar Bawa 40 Pelaku Industri Pariwisata Januari iniâ€, diakses dari http://indonesiatouristnews.com/memaksimalkan-travex-asean-tourism-forum-di-singapura-kemenpar-bawa-40-pelaku-industri-pariwisata-januari-ini/ tgl 17 jnauari 2019

Harian Bhirawa, “Lagi, Jatim Raih Penghargaan dari ATFâ€, dari http://harianbhirawa.com/2017/01/lagi-jatim-raih-penghargaan-dari-atf/ tgl 17 januari 2019

Laporan kinerja kemenpar 2016.â€Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementirian Pariwisata Tahun 2016†di akses tgl 19 januari 2019

Website Resmi Indonesia Travel. Diambil dari www.indonesia.travel tgl 17 januari 2019

Internet

Destinasi Wisata Terbaik di Asia, Tiga dari Indonesia, http://blog.reservasi.com/10-destinasi-wisata-terbaik-di-asia/ diakses tgl 5 september 2018

Diambil dari http://www.tribunnews.com/travel/2015/06/16/menpar-jumlah-wisman-ke-indonesia-sepertiga-m alaysia-dan-thailand-padahal-kita-punya-borobudur diakses 6 september 2018

Diambil dari http://www.antaranews.com/berita/356134/indonesia-dikunjungi-804-juta-wisman-pada-2012 diakses tgl 17 januari 2019

Diambil dari http://indonesia.travel/en/news/detail/1584/indonesia-exceeds-target-receiving-9-44-million-touri sts-in-2014-breaks-december-record diakses tgl 17 januari 2019

Indonesia,Surga Terumbu Karang Dunia, http://www.goodnewsfromindonesia.id /2017/01/27/ oindonesia-surga-terumbu-karang-dunia di akses 5 september 2018

Kemenpar, “Wonderful Indonesiaâ€, diakses dari www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=6&id=2026 tgl 17 januari 2019

Https://nanopdf.com/download/diplomasi-wordpresscom_pdf di akses pada tgl 11 september 2018

Https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-dukung-program-kementerian-pariwisata-ri-visit-wonderful-indonesia-2018 di akses tgl 5 oktober 2018.

https://venuemagz.com/news/kemenpar-gandeng-28-perusahaan-untuk-promosikan-wonderful-dan-pesona-indonesia/ diakses tgl 21 januari 2019

http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=110 di akses pada 17 oktober 2018

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles