Main Article Content

Abstract

This paper aims to determine the implementation of the quality of public services at the Wonosobo District Population and Civil Registry Office in 2022. Using qualitative research methods and theory according to Valerie A.Zeithaml, A.Parasuraman, and Leorard L.Berry with ten sub-indicators, namely: Physical facilities (tangible), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), competence (competency), governance (courtesy), credibility (credibiliy), security (security), access (access), communication (communication), and attention to customers ( understanding the customer). Based on the results of research and data analysis that has been carried out by researchers and the elaboration of the theory used, it can be concluded that the quality of public services at the Population and Civil Registration Office of Wonosobo Regency is categorized as good.

Keywords

Civil Service Department of Population and Civil Registration Wonosobo Regency.

Article Details

References

  1. Buku-buku:
  2. Barata. 2004. Pelayanan Prima. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  3. Gasperz. 2006. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Ibrahim, Amin dan Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta : Rineka Cipta
  5. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
  6. Nogi dan Tangklilisan, Hessel. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana
  7. Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pemdidikan Bahasa, Jakarta
  8. Pakpahan, Martina dan Amruddin dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
  9. Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Jakarta : Bumi Aksara
  10. Ramadhani, Rahmi dan Bina, Nuraini Sri. 2021. Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta : Kencana
  11. Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2005. Management Pelayanan. Jakarta : Mismar
  12. Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Riau
  13. Saryono dan Anggreani, Mekar Dwi. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
  14. Siagian. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta : Rineka Cipta
  15. Sinambela dan Poltak, Lajian dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara
  16. Sugeng, Bambang. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Eksplanatif). Yogyakarta : Deepublish
  17. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantiatif Kuaitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
  18. Triguno. 1997. Budaya Kerja. Jakarta
  19. Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta
  20. Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
  21. Weber, Max dan Sinambela. 2006. Eksistensi Konsep Birokrasi. Jakarta
  22. Zauhar, Joseph. 2005. Reformasi Administrasi. Jakarta
  23. Zeithaml, Valarie A dan Mary Jo Bitner. 2000, Service maketing, integrating Costumer Focus Across The firm, 2nd edition, Mc Graw-Hill, USA
  24. JURNAL/SKRIPSI
  25. Agustina, Amelia. 2019. Kualitas Pelayanan Publik Tempat Perekaman Data Kependudukan di Disdukcapil Kecamatan Gunungpati. Semarang : Universitas Negeri Semarang
  26. Apriansyah, Wahyu. 2016. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Disdukcapil Kabupaten Pandeglang. Serang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tritayasa
  27. Muliati, Sri.2015. Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangkep. Makassar : Universitas Hasannudin
  28. One Gita, Crystalia. 2015. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
  29. WEBSITE
  30. Id.wikipedia.org “Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kab. Wonosobo†Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Wonosobo#Referensi pada 29 Desember 2022
  31. Katadata.co.id “Letak Geografis Wonosobo†Diakses pada https://katadata.co.id/agung/berita/62cbb380d83e8/memahami-letak-geografis-kabupaten-wonosobo-di-jawa-tengah/ pada 29 Desember 2022
  32. kompas.com “sejarah tentang wonosobo†Diakses pada https://www.kompas.com/stori/read/2021/07/26/141011579/sejarah-wonosobo-dan-asal-usul-namanya pada 29 Desember 2022
  33. Google maps
  34. Website disdukcapil Kabupaten Wonosobo “Profil Disdukcapil Wonosobo†Diakses pada https://disdukcapil.wonosobokab.go.id/ pada 30 Desember 2022
  35. wonosobokab.go.id “Luas wilayah dan perbatasan Kab. Wonosobo†Diakses pada https://website.wonosobokab.go.id/category/detail/Geografis-Kabupaten-Wonosobo pada 29 Desember 2022
  36. WAWANCARA
  37. Wawancara dengan Ibu Ros selaku Sub Bagian Umum dan Kepegawaian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  38. Wawancaran dengan Bapak Sutarman selaku Security di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  39. Wawancara dengan Bapak Siswanto selaku petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  40. Wawancara dengan Bapak Ruslan selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  41. Wawancara dengan Bapak Samsudin selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  42. Wawancara dengan Ibu Nina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  43. Wawancara dengan Kak Vivi selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  44. Wawancara dengan Kak Lia selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  45. Wawancara dengan Ibu minah selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  46. Wawancara dengan Bapak Sunarjo selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  47. Wawancara dengan Bapak Slamet selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  48. Wawancara dengan Ibu Rina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  49. Wawancara dengan Mas Herman selaku tukang parkir di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
  50. PERATURAN-PERATURAN
  51. PROPENAS nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional
  52. UU RI, UU No.32 Tahun 2004 tentang “Pemerintahan Daerah yang membawa konsekuensi yang luas bagi lembaga pemerintahan di daerah “
  53. Peraturan Walikota Semarang Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Reribusi Jasa Usaha Di Kota Semarang.
  54. Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 Tentang Peraturan Wali Kota Semarang No 70 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Semarang.