Main Article Content
Abstract
This paper aims to determine the implementation of the quality of public services at the Wonosobo District Population and Civil Registry Office in 2022. Using qualitative research methods and theory according to Valerie A.Zeithaml, A.Parasuraman, and Leorard L.Berry with ten sub-indicators, namely: Physical facilities (tangible), reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), competence (competency), governance (courtesy), credibility (credibiliy), security (security), access (access), communication (communication), and attention to customers ( understanding the customer). Based on the results of research and data analysis that has been carried out by researchers and the elaboration of the theory used, it can be concluded that the quality of public services at the Population and Civil Registration Office of Wonosobo Regency is categorized as good.
Keywords
Article Details
References
- Buku-buku:
- Barata. 2004. Pelayanan Prima. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Gasperz. 2006. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Rineka Cipta
- Ibrahim, Amin dan Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta : Rineka Cipta
- Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
- Nogi dan Tangklilisan, Hessel. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana
- Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pemdidikan Bahasa, Jakarta
- Pakpahan, Martina dan Amruddin dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
- Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Jakarta : Bumi Aksara
- Ramadhani, Rahmi dan Bina, Nuraini Sri. 2021. Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta : Kencana
- Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2005. Management Pelayanan. Jakarta : Mismar
- Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Riau
- Saryono dan Anggreani, Mekar Dwi. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
- Siagian. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta : Rineka Cipta
- Sinambela dan Poltak, Lajian dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara
- Sugeng, Bambang. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Eksplanatif). Yogyakarta : Deepublish
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantiatif Kuaitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
- Triguno. 1997. Budaya Kerja. Jakarta
- Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
- Weber, Max dan Sinambela. 2006. Eksistensi Konsep Birokrasi. Jakarta
- Zauhar, Joseph. 2005. Reformasi Administrasi. Jakarta
- Zeithaml, Valarie A dan Mary Jo Bitner. 2000, Service maketing, integrating Costumer Focus Across The firm, 2nd edition, Mc Graw-Hill, USA
- JURNAL/SKRIPSI
- Agustina, Amelia. 2019. Kualitas Pelayanan Publik Tempat Perekaman Data Kependudukan di Disdukcapil Kecamatan Gunungpati. Semarang : Universitas Negeri Semarang
- Apriansyah, Wahyu. 2016. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Disdukcapil Kabupaten Pandeglang. Serang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tritayasa
- Muliati, Sri.2015. Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangkep. Makassar : Universitas Hasannudin
- One Gita, Crystalia. 2015. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
- WEBSITE
- Id.wikipedia.org “Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kab. Wonosobo†Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Wonosobo#Referensi pada 29 Desember 2022
- Katadata.co.id “Letak Geografis Wonosobo†Diakses pada https://katadata.co.id/agung/berita/62cbb380d83e8/memahami-letak-geografis-kabupaten-wonosobo-di-jawa-tengah/ pada 29 Desember 2022
- kompas.com “sejarah tentang wonosobo†Diakses pada https://www.kompas.com/stori/read/2021/07/26/141011579/sejarah-wonosobo-dan-asal-usul-namanya pada 29 Desember 2022
- Google maps
- Website disdukcapil Kabupaten Wonosobo “Profil Disdukcapil Wonosobo†Diakses pada https://disdukcapil.wonosobokab.go.id/ pada 30 Desember 2022
- wonosobokab.go.id “Luas wilayah dan perbatasan Kab. Wonosobo†Diakses pada https://website.wonosobokab.go.id/category/detail/Geografis-Kabupaten-Wonosobo pada 29 Desember 2022
- WAWANCARA
- Wawancara dengan Ibu Ros selaku Sub Bagian Umum dan Kepegawaian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancaran dengan Bapak Sutarman selaku Security di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Bapak Siswanto selaku petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Bapak Ruslan selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Bapak Samsudin selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Ibu Nina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Kak Vivi selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Kak Lia selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Ibu minah selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Bapak Sunarjo selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Bapak Slamet selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Ibu Rina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- Wawancara dengan Mas Herman selaku tukang parkir di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
- PERATURAN-PERATURAN
- PROPENAS nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional
- UU RI, UU No.32 Tahun 2004 tentang “Pemerintahan Daerah yang membawa konsekuensi yang luas bagi lembaga pemerintahan di daerah “
- Peraturan Walikota Semarang Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Reribusi Jasa Usaha Di Kota Semarang.
- Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 Tentang Peraturan Wali Kota Semarang No 70 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Semarang.
References
Buku-buku:
Barata. 2004. Pelayanan Prima. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Gasperz. 2006. Kualitas Pelayanan. Jakarta : Rineka Cipta
Ibrahim, Amin dan Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta : Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nogi dan Tangklilisan, Hessel. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pemdidikan Bahasa, Jakarta
Pakpahan, Martina dan Amruddin dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Jakarta : Bumi Aksara
Ramadhani, Rahmi dan Bina, Nuraini Sri. 2021. Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta : Kencana
Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2005. Management Pelayanan. Jakarta : Mismar
Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Riau
Saryono dan Anggreani, Mekar Dwi. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Siagian. 2001. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta : Rineka Cipta
Sinambela dan Poltak, Lajian dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara
Sugeng, Bambang. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Eksplanatif). Yogyakarta : Deepublish
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantiatif Kuaitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Triguno. 1997. Budaya Kerja. Jakarta
Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
Weber, Max dan Sinambela. 2006. Eksistensi Konsep Birokrasi. Jakarta
Zauhar, Joseph. 2005. Reformasi Administrasi. Jakarta
Zeithaml, Valarie A dan Mary Jo Bitner. 2000, Service maketing, integrating Costumer Focus Across The firm, 2nd edition, Mc Graw-Hill, USA
JURNAL/SKRIPSI
Agustina, Amelia. 2019. Kualitas Pelayanan Publik Tempat Perekaman Data Kependudukan di Disdukcapil Kecamatan Gunungpati. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Apriansyah, Wahyu. 2016. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Disdukcapil Kabupaten Pandeglang. Serang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tritayasa
Muliati, Sri.2015. Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangkep. Makassar : Universitas Hasannudin
One Gita, Crystalia. 2015. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
WEBSITE
Id.wikipedia.org “Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kab. Wonosobo†Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Wonosobo#Referensi pada 29 Desember 2022
Katadata.co.id “Letak Geografis Wonosobo†Diakses pada https://katadata.co.id/agung/berita/62cbb380d83e8/memahami-letak-geografis-kabupaten-wonosobo-di-jawa-tengah/ pada 29 Desember 2022
kompas.com “sejarah tentang wonosobo†Diakses pada https://www.kompas.com/stori/read/2021/07/26/141011579/sejarah-wonosobo-dan-asal-usul-namanya pada 29 Desember 2022
Google maps
Website disdukcapil Kabupaten Wonosobo “Profil Disdukcapil Wonosobo†Diakses pada https://disdukcapil.wonosobokab.go.id/ pada 30 Desember 2022
wonosobokab.go.id “Luas wilayah dan perbatasan Kab. Wonosobo†Diakses pada https://website.wonosobokab.go.id/category/detail/Geografis-Kabupaten-Wonosobo pada 29 Desember 2022
WAWANCARA
Wawancara dengan Ibu Ros selaku Sub Bagian Umum dan Kepegawaian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancaran dengan Bapak Sutarman selaku Security di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Bapak Siswanto selaku petugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Bapak Ruslan selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Bapak Samsudin selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Ibu Nina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Kak Vivi selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Kak Lia selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Ibu minah selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Bapak Sunarjo selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Bapak Slamet selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Ibu Rina selaku masyarakat yang berkunjung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
Wawancara dengan Mas Herman selaku tukang parkir di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo
PERATURAN-PERATURAN
PROPENAS nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional
UU RI, UU No.32 Tahun 2004 tentang “Pemerintahan Daerah yang membawa konsekuensi yang luas bagi lembaga pemerintahan di daerah “
Peraturan Walikota Semarang Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Reribusi Jasa Usaha Di Kota Semarang.
Peraturan Walikota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 Tentang Peraturan Wali Kota Semarang No 70 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Semarang.