PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (STUDI KASUS ALUMNI SYUBBANUL WATHON (ASWA) YANG MELANJUTKAN KULIAH DI UNIVERSITAS WAHID HASYIM (UNWAHAS) SEMARANG)
Abstract
Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi diimplmentasikan oleh Shopee dengan membuat fitur seperti “kartu kredit†tanpa fisik yang disediakan didalamnya yang dinakaman Shopee PayLater untuk digunakan para konsumen dalam bertransaksi di Shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adanya fitur PayLater terhadap perlaku konsumtif. Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatf. Sampel penelitian ini adalah Alumni Syubbanul Wathon (ASWA) yang melanjutkan kuliah di Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisoner yang dibuat melalui Google Form yang disebarkan melalui Group WhatsApp dengan jumlah responden28orang.Pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya fitur PayLater dari Shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif
Â
Kata kunci : Marketplace, Fitur Shopee PayLater, Perilaku konsumtif.
References
Amri, A. D., Fattahillah, A. Al, Amanda, C.,
Putri, H. T. M., Adila, N., &
Alkautsar, P. S. (2023). Pengaruh
Penggunaan Paylater terhadap
Sikap Konsumtif Mahasiswa
Universitas Jambi dalam Perspektif
Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah
Universitas Batanghari Jambi,
(1), 227.
https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1
.3168
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif
dalam Membeli Barang Pada Ibu
Rumah Tangga di Kota Samarinda.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah
Psikologi, 1(2), 79–83.
https://doi.org/10.30872/psikoborn
eo.v1i2.3285
Julita, E., Idwal, ), Yustati, H., Ekonomi, F.,
Islam, B., Islam, U., Fatmawati, N.,
& Bengkulu, S. (2022). Konsumtif
Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah
Ekonomi Islam, 8(03), 2953–2957.
http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022).
Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap
Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Universitas Mataram. Target :
Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1),
–50.
https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016
Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran
Penting Public Relations Di Era
Digital. Sadida: Islamic
Communications Media Studies,
(1), 179–202
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan Prosiding ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di prosiding ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.