PENGARUH HARGA, LABEL HALAL DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN PADA MASYARAKAT KABUPATEN JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, label halal dan pengetahuan tentang halal terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan pada masyarakat kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan wawancara kepada konsumen di wilayah Kabupaten Jepara yang mengkonsumsi produk makanan kemasan yang berlabel halal. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak mempunyai pengaruh sebesar 1,576 dan tidak signifikan sebesar 0,118 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan. Label halal mempunyai pengaruh sebesar 4,102 secara signifikan sebesar 0,000 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan. Pengetahuan mempunyai pengaruh sebesar 1,672 namun tidak signifikan sebesar 0,098 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan.
Â
Kata kunci : price, halal label, knowledge, purchase decision
References
Adinugraha, H. H., Istikha, W., & Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja
Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative
Research. Islamic Banking and Finance, 1 No. 3, 186.
Amstrong, G., & Philip, K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Edisi kede).
Erlangga.
Economy, S. of the G. I. (2022). Makanan Halal RI Masuk Peringkat 2 Dunia Versi
Report 2022. 14 April 2022.
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220414155219-92-
/makanan-halal-ri-masuk-peringkat-2-dunia-versi-sgie-report-2022
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedu). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT Indeks.
Lestari, L. A., Apriani, Y., Asnaini, A., & Kustin, K. (2021). Pengaruh Harga, Promosi,
Produk, Label Halal terhadap keputusan membeli frozen food (studi di kota
Bengkulu). J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya
Islam, 6(1), 21. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2135
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.
Simbiosa Rekatama.
Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta
Edisi : 59, 59, 290572. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Customer Behaviour: Strategi Konsumen dan
Strategi Pemasaran Jilid II (Edisi 4). Erlangga.
Rochmanto, B. Al, & Widiyanto, I. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma
Religiusitas Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk
Makanan Dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Volume 4, 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran
Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja
Rosdakarya.
Wicaksana, A. (2016). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen
Terhadap Produk. Https://Medium.Com/, 13(79), 79–87.
https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Zailani, S., Kanapathy, K., Iranmanesh, M., & Tieman, M. (2015). Drivers of Halal
Orientation Strategy Among Halal Food Firms. British Food Journal, 117(8)
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan Prosiding ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di prosiding ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.