PENGARUH HARGA, LABEL HALAL DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN PADA MASYARAKAT KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Sindy Aulia Octaviana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Aan Zainul Anwar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, label halal dan pengetahuan tentang halal terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan pada masyarakat kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan wawancara kepada konsumen di wilayah Kabupaten Jepara yang mengkonsumsi produk makanan kemasan yang berlabel halal. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak mempunyai pengaruh sebesar 1,576 dan tidak signifikan sebesar 0,118 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan. Label halal mempunyai pengaruh sebesar 4,102 secara signifikan sebesar 0,000 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan. Pengetahuan mempunyai pengaruh sebesar 1,672 namun tidak signifikan sebesar 0,098 terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan.

 

Kata kunci : price, halal label, knowledge, purchase decision

References

Adinugraha, H. H., Istikha, W., & Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja

Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative

Research. Islamic Banking and Finance, 1 No. 3, 186.

Amstrong, G., & Philip, K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Edisi kede).

Erlangga.

Economy, S. of the G. I. (2022). Makanan Halal RI Masuk Peringkat 2 Dunia Versi

Report 2022. 14 April 2022.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220414155219-92-

/makanan-halal-ri-masuk-peringkat-2-dunia-versi-sgie-report-2022

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, A. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Kedu). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT Indeks.

Lestari, L. A., Apriani, Y., Asnaini, A., & Kustin, K. (2021). Pengaruh Harga, Promosi,

Produk, Label Halal terhadap keputusan membeli frozen food (studi di kota

Bengkulu). J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya

Islam, 6(1), 21. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2135

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Simbiosa Rekatama.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta

Edisi : 59, 59, 290572. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Customer Behaviour: Strategi Konsumen dan

Strategi Pemasaran Jilid II (Edisi 4). Erlangga.

Rochmanto, B. Al, & Widiyanto, I. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma

Religiusitas Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk

Makanan Dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Volume 4, 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran

Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja

Rosdakarya.

Wicaksana, A. (2016). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen

Terhadap Produk. Https://Medium.Com/, 13(79), 79–87.

https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zailani, S., Kanapathy, K., Iranmanesh, M., & Tieman, M. (2015). Drivers of Halal

Orientation Strategy Among Halal Food Firms. British Food Journal, 117(8)

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles