PERILAKU KONSUMEN MASA KINI: TREN KONSUMTIF DI ERA PASAR GLOBAL
Abstract
Perilaku konsumtif saat ini telah menjadi ciri khas masyarakat dalam dinamika pasar yang semakin kompleks. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan gambaran tentang perilaku konsumtif masa kini dan bagaimana fenomena ini mempengaruhi dinamika pasar, ekonomi, dan masyarakat secara luas. Dalam analisis ini, penulis menggali berbagai sumber literatur dan data pasar untuk memahami ciri-ciri perilaku konsumtif saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen kini cenderung terpapar pada budaya konsumsi yang berpusat pada kepemilikan dan pengalaman instan. Dorongan untuk memiliki barangbarang dan produk terbaru, didorong oleh faktor sosial media dan pengaruh selebritas, telah meningkatkan tingkat konsumsi secara signifikan. Faktor-faktor seperti urbanisasi, globalisasi, dan percepatan teknologi juga telah memperkuat perilaku konsumtif.. Artikel ini juga mencatat bahwa perilaku konsumtif saat ini menghasilkan dampak sosial yang kompleks. Kasus fast fashion dan kehancuran pabrik Rana Plaza mengilustrasikan bagaimana permintaan terhadap tren konsumtif dapat mengakibatkan dampak negatif, baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Perluasan cepat industri fast fashion bisa mengesampingkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan hak pekerja.Tekanan untuk terus mengikuti tren dan norma sosial dapat menyebabkan ketidakpuasan diri dan kecemasan akan status sosial. Kesimpulannya, perilaku konsumtif saat ini merupakan ciri khas masyarakat dalam dinamika pasar yang kompleks. Dorongan untuk terus memiliki barang-barang dan pengalaman instan telah mendorong tingkat konsumsi yang tinggi, dengan implikasi ekonomi dan sosial yang signifikan.
Â
Kata kunci : Perilaku Konsumen, Tren Konsumtif, Fast Fashion
References
Chandra, I. A. (2018). The
Relationship Between Materialism,
Hedonism, and Fast Fashion
Purchase Behavior Among
Indonesian Female Consumers.
International Journal of Business
and Globalization, 20(3),384-393.
Ferdinand, A. (2017). Consumers’
Buying Intention on Fast Fashion
Brands: An Application of Theory of
Planned Behavior. Jurnal
Manajemen dan Pemasaran Jasa,
(1), 1-10
Gumanti, T. A. (2017). Perceived
Value and Customer Satisfaction of
Local Fast Fashion Brands in
Indonesia. Jurnal Riset Manajemen
Sains Indonesia (JRMSI), 8(2), 261-
Murti, W., & Sumarwan, U. (2020).
Factors Affecting Consumers'
Purchase Intention of Fast Fashion:
A Study of Zara and H&M in
Indonesia. Jurnal Manajemen
Teknologi, 19(1), 84-93
Rachmaniar, H. S., & Puspitasari, D.
(2021). The Influence of Fashion
Clothing Materialism and Brand
Love on Purchase Intention of Fast
Fashion. Jurnal Manajemen dan
Kewirausahaan, 23(1), 32-40.
Rahayu, S., & Wahyuni, S. (2017).
Millennial Generation Consumer
Behavior and Motivation: Case
Study in Fast Fashion Indonesia.
International Journal of Economics,
Commerce and Management, 5(4),
-76.
Sugiyanti, V., & Widianti, T. (2016).
The Influence of Motivation and
Lifestyle on Consumer Purchasing
Decision of Zara Fast Fashion in
Bandung. Jurnal Manajemen
Pemasaran, 10(2), 118-126
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan Prosiding ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di prosiding ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.