PERILAKU KONSUMEN MASA KINI: TREN KONSUMTIF DI ERA PASAR GLOBAL

Authors

  • Shulbi Muthi Sabila Salayan Putri Universitas Widya Mataram

Abstract

Perilaku konsumtif saat ini telah menjadi ciri khas masyarakat dalam dinamika pasar yang semakin kompleks. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan gambaran tentang perilaku konsumtif masa kini dan bagaimana fenomena ini mempengaruhi dinamika pasar, ekonomi, dan masyarakat secara luas. Dalam analisis ini, penulis menggali berbagai sumber literatur dan data pasar untuk memahami ciri-ciri perilaku konsumtif saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen kini cenderung terpapar pada budaya konsumsi yang berpusat pada kepemilikan dan pengalaman instan. Dorongan untuk memiliki barangbarang dan produk terbaru, didorong oleh faktor sosial media dan pengaruh selebritas, telah meningkatkan tingkat konsumsi secara signifikan. Faktor-faktor seperti urbanisasi, globalisasi, dan percepatan teknologi juga telah memperkuat perilaku konsumtif.. Artikel ini juga mencatat bahwa perilaku konsumtif saat ini menghasilkan dampak sosial yang kompleks. Kasus fast fashion dan kehancuran pabrik Rana Plaza mengilustrasikan bagaimana permintaan terhadap tren konsumtif dapat mengakibatkan dampak negatif, baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Perluasan cepat industri fast fashion bisa mengesampingkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan hak pekerja.Tekanan untuk terus mengikuti tren dan norma sosial dapat menyebabkan ketidakpuasan diri dan kecemasan akan status sosial. Kesimpulannya, perilaku konsumtif saat ini merupakan ciri khas masyarakat dalam dinamika pasar yang kompleks. Dorongan untuk terus memiliki barang-barang dan pengalaman instan telah mendorong tingkat konsumsi yang tinggi, dengan implikasi ekonomi dan sosial yang signifikan.

 

Kata kunci : Perilaku Konsumen, Tren Konsumtif, Fast Fashion

References

Chandra, I. A. (2018). The

Relationship Between Materialism,

Hedonism, and Fast Fashion

Purchase Behavior Among

Indonesian Female Consumers.

International Journal of Business

and Globalization, 20(3),384-393.

Ferdinand, A. (2017). Consumers’

Buying Intention on Fast Fashion

Brands: An Application of Theory of

Planned Behavior. Jurnal

Manajemen dan Pemasaran Jasa,

(1), 1-10

Gumanti, T. A. (2017). Perceived

Value and Customer Satisfaction of

Local Fast Fashion Brands in

Indonesia. Jurnal Riset Manajemen

Sains Indonesia (JRMSI), 8(2), 261-

Murti, W., & Sumarwan, U. (2020).

Factors Affecting Consumers'

Purchase Intention of Fast Fashion:

A Study of Zara and H&M in

Indonesia. Jurnal Manajemen

Teknologi, 19(1), 84-93

Rachmaniar, H. S., & Puspitasari, D.

(2021). The Influence of Fashion

Clothing Materialism and Brand

Love on Purchase Intention of Fast

Fashion. Jurnal Manajemen dan

Kewirausahaan, 23(1), 32-40.

Rahayu, S., & Wahyuni, S. (2017).

Millennial Generation Consumer

Behavior and Motivation: Case

Study in Fast Fashion Indonesia.

International Journal of Economics,

Commerce and Management, 5(4),

-76.

Sugiyanti, V., & Widianti, T. (2016).

The Influence of Motivation and

Lifestyle on Consumer Purchasing

Decision of Zara Fast Fashion in

Bandung. Jurnal Manajemen

Pemasaran, 10(2), 118-126

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles