PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDY EMPIRIS MAHASISWA AKTIF ANGKATAN 2021 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS WAHID HASYIM)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa aktif angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim. Metode penelitian ini adalah simple random sampling (acak) survei dengan pendekatan analisis kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan sample 80 mahasiswa. Data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama membuktikan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai sig 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,995 > t tabel 1,994.Kemudian hipotesis kedua membuktikan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan t hitung 13,587 > 1,994. Maka kesimpulannya adalah pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa aktif angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim.
Â
Kata kunci : Pengetahuan Kewirausahaan; Motivasi; Berwirausaha
References
Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN
PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT
BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Co-Management, 1(3), 316–
Astit. (2017). Motivasi Tentang Berwirausaha. Journal, 53(9), 232.
Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha
Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2),
–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
Fadhilah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Niat
Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ahmad
Dahlan Melalui Pendekatan Tpb (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UAD).
Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Ghozali. (2018). Stie Indonesia. Bab III Metoda Penelitian, 1–9.
Ghozali. (2020). Penelitian Kuantitatif. 34–46. https://www.jopglass.com/penelitiankuantitatif/
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan
Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and
Entrepreneurship, 02(03), 291–314.
https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318240fa84
Muiz. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI
BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT
BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS
EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SKRIPSI. FAKULTAS
EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 1–14.
Risanti, Y. A. (2019). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Sikap Mental Dan Kecerdasan
Emosional Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Universitas Jember. 1–83.
Yuritanto, & Armansyah. (2021). Pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat
Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjung
Angkatan Tahun 2020-2021 (Studi Kelas Pagi 1 dan Pagi 2). Jurnal Kemunting,
(2), 471–483
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan Prosiding ini menyetujui persyaratan berikut :
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di prosiding ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka)
- Mengklasifikasikan kontribusi penulis dalam proses pembuatan naskah, dilakukan klasifikasi berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai berikut Konseptualisasi, Kurasi data: Analisis Formal, Investigasi, Metodologi, Administrasi Proyek, Pengawasan, Validasi, Visualisasi, Penulisan – draft asli , dan Menulis – meninjau & mengedit.
- Pengakuan Penulis yang harus menyebutkan individu atau lembaga, yang juga berkontribusi pada artikel tetapi bukan penulisnya (program ilmiah yang relevan, hibah, beasiswa, kontrak ditunjukkan, orang atau organisasi, yang membantu penulis dalam melakukan penelitian, yaitu, akses ke informasi, organisasi survei, wawancara, dll).
- Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan manuskrip menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya tentang persyaratan kebijakan ini. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Panitia Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang bersangkutan.