ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Cuk Jaka Purwanggono

Abstract

Salah satu langkah strategis dalam rangka mengatasi masalah ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Keberadaan usaha kecil menengah tersebut diyakini mampu menjadi penahan runtuhnya kemampuan ekonomi Indonesia sejak terjadinya badai krisis ekonomi dan diberlakukannya percepatan liberalisasi perdagangan dunia di Indonesia. Keberhasilan UKM dalam persaingan global saat ini menjadi tolok ukur kemapanan system ekonomi yang berbasis pada ekonomi rakyat. Demi menunjang keberhasilan UKM yang dinilai dari kinerja keuangan maupun non keuangan, maka sangatlah penting untuk memperhatikan faktor penunjang yang diyakini mampu mendongkrak kesuksesan usaha kecil menengah, yaitu orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis perusahaan. Orientasi kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju kesuksesan. Sedangkan strategi bisnis merupakan kemampuan perusahaan dalam merumuskan strategi, pelaksanaan rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran- sasaran perusahaan, serta melakukan evaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam merumuskan strategi yang akan datang. Strategi bisnis yang digunakan dalam penelitian ini adalah cost leadership, marketing differentiation dan innovative differentiation. Tujuan utama dari penelitian ini adalah berupaya menganalisis hubungan antara orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis terhadap kinerja UKM. UKM yang terpilih sebagai sampel adalah pedagang kaki lima bidang kuliner di Semarang. Alasan pemilihan sampel UKM tersebut adalah karena tingginya persaingan bisnis sehingga menyebabkan tingginya ketidakpastian di bidang kuliner serta minimnya pengetahuan bisnis yang dimiliki pedagang kaki lima. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis dapat berperan dalam peningkatan kinerja para pedagang kaki lima. Dengan mengetahui pentingnya peran orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis untuk kalangan UKM, diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman yang memadai tentang hal tersebut dalam rangka peningkatan kinerja UKM di era persaingan yang semakin ketat dewasa ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan UKM dan strategi bisnis cost leadership berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Namun untuk hubungan antara orientasi kewirausahaan dan strategi marketing differentiation dan innovative differentiation terbukti tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci: Orientasi Kewirausahaan, Strategi Bisnis dan Kinerja Perusahaan

Author Biography

Cuk Jaka Purwanggono

UNWAHAS

Downloads

Published

2024-01-06

Issue

Section

Articles