Main Article Content
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan perubahan dari kurikulum 2013, kurikulum ini berisi tentang perencanaan dalam kegiatan pembelajaran dan sebuah proses dalam memperoleh pengetahuan, pengalaman yang kita dapatkan dengan kegiatan pembelajaran. Perubahan kurikulum ini mengakibatkan guru harus menyesuaikan kembali model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka, yang mana guru sebagai fasilitator dan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasian kurikulum merdeka dengan penerapan Project Based Learning (PJBL) pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas IV MI Al-Ma’arif Karangpakel. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka dengan Project Based Learning (PJBL) baru di implementasikan pada kelas satu dan empat. Penerapan Project Based Learning pada pembelajaran matematika dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu tahapan persiapan dan tahap pelaksanaan. Model pembelajaran ini melibatkan banyak peran siswa sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan.
Keywords
Article Details
References
- Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. Sage Open, 10, No 3.
- Amin, B., Karim, & Sari, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pembelajaran Matematika SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3 No 1.
- Ardianti, S. D., & Dkk. (2017). Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7, No. 2.
- Busro, M., & Siskandar. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Media Akademi.
- Christian, Y. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, No. 4.
- Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
- Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4, No 2.
- Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3, No 2.
- Fleming, & Douglas.s. (2000). A Teacher’s Guide to Project-Based Learning.
- Fridiyanto, Purwaningrum, S., Abdullah, A. R., Rosi, F., Haryanto, T., Farih, A., Zulisa, E., Abidin, N., Sari, M., & Setyawan, C. E. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
- Husna A., Ersila Devy Rinjani, A. T. A. (2021). PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Magistra, 12(2), 152–169. https://doi.org/10.31942/mgs
- Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6, No 2.
- Khairunisa. (2019). Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Peserta DidikSekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6.
- Kusuma, K. P., Untari, M. F. A., & Purnamasari, V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9, No 2.
- Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contohcontoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mulyadi. (2015). Implementasi Kebijakan. Balai Pustaka.
- Muna, I., & Dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9, No. 1.
- Nasution, S. (1989). kurikulum dan pengajaran. Rineka Cipta.
- Nugraha, T. S., Pendidikan, D., & Jawa, P. (2022). Inovasi Kurikulum. 19(2), 251–262.
- Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
- Remijan, K. W. (2017). Project-Based Learning and Design Focused Projects to Motivate Secondary Mathematics Students. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 11 No 1.
- Rinjani, E. D., Fitria Martanti, & Ashilah Khansa Habiba. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pembelajaran Fikih (Mojafi) Pada Materi Salat Jum’at Dan Salat Sunah Di Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1488–1498. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6621
- Satrianawati, & Hidayah, N. (2019). Model pembelajaran untuk keterampilan abad 21. depublish.
- Syakir, M., & Juliadi. (2019). Formulasi Pembelajaran PAI dan Implikasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Enrekang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17, No. 2.
- Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Arr-Ruzz Media.
- Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.
- Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer;suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
- Zahir, A., & Dkk. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2, No. 2.
References
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. Sage Open, 10, No 3.
Amin, B., Karim, & Sari, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pembelajaran Matematika SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3 No 1.
Ardianti, S. D., & Dkk. (2017). Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7, No. 2.
Busro, M., & Siskandar. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Media Akademi.
Christian, Y. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, No. 4.
Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4, No 2.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3, No 2.
Fleming, & Douglas.s. (2000). A Teacher’s Guide to Project-Based Learning.
Fridiyanto, Purwaningrum, S., Abdullah, A. R., Rosi, F., Haryanto, T., Farih, A., Zulisa, E., Abidin, N., Sari, M., & Setyawan, C. E. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Husna A., Ersila Devy Rinjani, A. T. A. (2021). PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Magistra, 12(2), 152–169. https://doi.org/10.31942/mgs
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6, No 2.
Khairunisa. (2019). Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Peserta DidikSekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6.
Kusuma, K. P., Untari, M. F. A., & Purnamasari, V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9, No 2.
Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contohcontoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyadi. (2015). Implementasi Kebijakan. Balai Pustaka.
Muna, I., & Dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9, No. 1.
Nasution, S. (1989). kurikulum dan pengajaran. Rineka Cipta.
Nugraha, T. S., Pendidikan, D., & Jawa, P. (2022). Inovasi Kurikulum. 19(2), 251–262.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Remijan, K. W. (2017). Project-Based Learning and Design Focused Projects to Motivate Secondary Mathematics Students. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 11 No 1.
Rinjani, E. D., Fitria Martanti, & Ashilah Khansa Habiba. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pembelajaran Fikih (Mojafi) Pada Materi Salat Jum’at Dan Salat Sunah Di Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1488–1498. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6621
Satrianawati, & Hidayah, N. (2019). Model pembelajaran untuk keterampilan abad 21. depublish.
Syakir, M., & Juliadi. (2019). Formulasi Pembelajaran PAI dan Implikasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Enrekang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17, No. 2.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Arr-Ruzz Media.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer;suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
Zahir, A., & Dkk. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2, No. 2.