Main Article Content
Abstract
Abstrak
Permasalahan kekerasan dalam dunia pendidikan merupakan salah satu masalah urgen yang cukup memperoleh sorotan yang tajam, karena dalam beberapa kasus kekerasan berujung pada kematian, sehingga hal tersebut perlu diatasi dengan tepat. Institusi pendidikan sebagai lembaga yang berperan dalam menyelenggarakan proses pendidikan, tentunya harus berfungsi dalam menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk ikut ambil bagian dalam demokrasi, mengembangkan bakat yang dimiliki tiap orang demi kepentingan pribadi dan masyarakat, mempersiapkan anggota masyarakat untuk dapat mencari nafkah, melestarikan kebudayaan, mengurangi pengendalian orang tua, melimpahkan wewenang dan tugas dalam mendidik anak pada pihak sekolah, serta sebagai sarana untuk mengakomodir perselisihan paham yang terjadi di lingkungan sekolah maka perlu untuk menyelenggarakan pendidikan yang diupayakan untuk memutus mata rantai kekerasan yang terjadi.
Pendidikan berbasis toleransi merupakan upaya untuk menyelenggarakan pendidikan dengan menghapuskan perbedaan mendasar antara senior dan junior di instansi pendidikan. Dengan demikian pendidikan diupayakan untuk saling menghormati dan menghargai antar siswa tanpa memandang senioritas.
Kata Kunci: Pendidikan, toleransi, kekerasan
Abstract
The problems of violence in the world of education is one of the urgent problems obtaining enough sharp spotlight, because in some cases of violence resulting in death, so it needs to be addressed appropriately. Educational institutions as institutions that play a role in organizing the educational process, must be functioning in imparting the necessary skills to take part in democracy, developing the talents of each person in the interests of the private and the public, prepare community members to be able to earn a living, to preserve their culture, reducing parental control, delegation of authority and duty to educate children in the school, as well as a means to accommodate the disagreement that occurred in the school environment, the need for education that sought to break the chain of violence. Tolerance based education is an effort to provide education to eliminate the
35
Winarno Pendidikan Berbasis Toleransi Sebagai Upaya….
MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
fundamental differences between the senior and junior in educational institutions. Thus pursued education for mutual respect and respect among students regardless of seniority.
Keywords: education, tolerance, violence
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Agus Salim MS, 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.
- Yogyakarta:Tiara Wacana.
- F. Magnis Suseno. 2001. Kuasa dan Moral. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
- Utama.
- Hikmanto Juwana. 2006. Penegakan Hukum Dalam Kajian Law And
- Development: Problem dan Fundamenn Bagi Solusi di Indonesia.
- Jakarta: Varia Peradilan.
- H. M. Ali Mansyur. 2007. Penegakan Hukum Tentang Tanggung Gugat
- Produsen Dalam Perwuju dan Perlindungan Konsumen.
- Yogyakarta: Genta Press
- -----------------------, 2013, Membentuk Insan Hukum yang Progresif
- Disampaikan Pada Orasi Ilmiah Pelepasan Sarjana Fakultas
- Hukum Universitas Panca Sakti Tegal Sabtu 7 September 2013.
- Semarang: Unissula.
- Juhaya S. Praja. 2011. Teori Hukum dan Aplikasinya. Bandung: CV. Pustaka
- Setia
- K. Berten.1983. Alam Pikiran Yunani, Jakarta.
- Lawrence M. Friedman. 1975. The Legal System A Social Science Perspective.
- New York: Russel Sage Foundation
- Winarno Pendidikan Berbasis Toleransi Sebagai Upaya….
- MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
- LiliRasjididan I.B Wyasa Putra. 1993. Hukum sebagai Suatu Sistem.
- Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mahfud MD. 2007. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia. Yograkarta:
- Liberty
- Mansour Fakih dkk. 2003. Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan:
- Pegangan Untuk Membangun Gerakan HAM. Yogyakarta: Insist
- Press.
- Mukthie Fadjar. 2008. Teori-teori Hukum Kontemporer. Malang: In-Trans
- Publishing.
- Ponny Retno Astuti. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi
- K.P.A. Jakarta: PT. Grasindo.
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus Salim MS, 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.
Yogyakarta:Tiara Wacana.
F. Magnis Suseno. 2001. Kuasa dan Moral. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Hikmanto Juwana. 2006. Penegakan Hukum Dalam Kajian Law And
Development: Problem dan Fundamenn Bagi Solusi di Indonesia.
Jakarta: Varia Peradilan.
H. M. Ali Mansyur. 2007. Penegakan Hukum Tentang Tanggung Gugat
Produsen Dalam Perwuju dan Perlindungan Konsumen.
Yogyakarta: Genta Press
-----------------------, 2013, Membentuk Insan Hukum yang Progresif
Disampaikan Pada Orasi Ilmiah Pelepasan Sarjana Fakultas
Hukum Universitas Panca Sakti Tegal Sabtu 7 September 2013.
Semarang: Unissula.
Juhaya S. Praja. 2011. Teori Hukum dan Aplikasinya. Bandung: CV. Pustaka
Setia
K. Berten.1983. Alam Pikiran Yunani, Jakarta.
Lawrence M. Friedman. 1975. The Legal System A Social Science Perspective.
New York: Russel Sage Foundation
Winarno Pendidikan Berbasis Toleransi Sebagai Upaya….
MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
LiliRasjididan I.B Wyasa Putra. 1993. Hukum sebagai Suatu Sistem.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahfud MD. 2007. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia. Yograkarta:
Liberty
Mansour Fakih dkk. 2003. Menegakkan Keadilan dan Kemanusiaan:
Pegangan Untuk Membangun Gerakan HAM. Yogyakarta: Insist
Press.
Mukthie Fadjar. 2008. Teori-teori Hukum Kontemporer. Malang: In-Trans
Publishing.
Ponny Retno Astuti. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi
K.P.A. Jakarta: PT. Grasindo.