Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Matematika materi volume prisma segi tiga dan volume tabung melalui model pembelajaran make a match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Sukomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal pada semester I, dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa terdiri 10 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui prestasi belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran make a match. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sudah ada peningkatan dibanding pra siklus walau belum segnifikan yakni ada 13 siswa yang memperoleh nilai di atas 60 dari 20 siswa dengan ketuntasan . Selanjutnya pada siklus II ketuntasan mencapai 90 % dan nilai rata-rata 76 pada siklus I nilai rata-rata 64,5. Dengan metode make a match ini siswa lebih enjoy karena bisa tanya jawab dengan teman, intinya dapat bermain sambil belajar.
Kata kunci : prestasi belajar matematika, model pembelajaran make a match.
Abstract
This classroom action research aims to improve student achievement in particular subjects Mathematics triangular prism volume of material and the volume of the tube through a learning model make a match. This classroom action research conducted in SDN 2 Sukomulyo District of South Kaliwungu Kendal in the first semester, with a total of 20 students study subjects comprised 10 males and 10 females. The experiment was conducted in two cycles, each cycle held two meetings with the activities of planning, action, observation, and reflection. Data collection technique used to determine learning achievement tests and observation sheets to determine the activities of the students and the teacher's ability to use the learning model make a match. The data analysis using descriptive analysis. The results showed that in the first cycle has been no increase compared to pre-cycle though not segnifikan that there are 13 students who scored in the top 60 of the 20 students with mastery. Furthermore, in the second cycle completeness reached 90% and the average value of 76 in the first cycle the average value of 64.5. With this method
51
Temu Rahayu Upaya Peningkatan Prestasi Belajar….
MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
students make a match more enjoy because it can be a question and answer with a friend, the point can play while learning.
Keywords : mathematics achievement , learning model make a match .
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
- Nasukha, Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika
- Siswa Kelas IV SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Pacitan
- Tahun Pelajaran 2007/2008, Skripsi, Universitas Sebelas Maret,
- Rejeki, Sri, Penerapan Pembelajaran Model Make A Match Pada Mata
- Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
- Sengonwetan Semester 2 Th 2010/2011, Dalam
- repository.library. uksw.edu/../T1_292008013_Daftar Diunduh 21
- September 2013, 2009
- Rianarwati, Dwi, Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Untuk
- Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Kelas IV SD
- Mangun Baru Wates Kulon Progo. Skripsi. UNY, 2006
- Rosanto, Penerapan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Tentang
- Keadaan Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Kelas V SDN 02 Semanggi Kecamatan Jepon Kabupaten Blora,
- repository.library.uksw.edu/.../T1_292008231_BAB%. Diunduh
- tanggal 21 September 2013, 2009
- Soedjadi, R Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan
- Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan, Jakarta: Ditjen Dikti
- Depdikbud, 1999
- Zaini, Hisyam dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: PT Insan
- Madani Islamic Publisher, 2008
References
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
Nasukha, Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika
Siswa Kelas IV SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Pacitan
Tahun Pelajaran 2007/2008, Skripsi, Universitas Sebelas Maret,
Rejeki, Sri, Penerapan Pembelajaran Model Make A Match Pada Mata
Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
Sengonwetan Semester 2 Th 2010/2011, Dalam
repository.library. uksw.edu/../T1_292008013_Daftar Diunduh 21
September 2013, 2009
Rianarwati, Dwi, Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Pengetahuan Sosial Kelas IV SD
Mangun Baru Wates Kulon Progo. Skripsi. UNY, 2006
Rosanto, Penerapan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Tentang
Keadaan Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas V SDN 02 Semanggi Kecamatan Jepon Kabupaten Blora,
repository.library.uksw.edu/.../T1_292008231_BAB%. Diunduh
tanggal 21 September 2013, 2009
Soedjadi, R Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan
Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan, Jakarta: Ditjen Dikti
Depdikbud, 1999
Zaini, Hisyam dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: PT Insan
Madani Islamic Publisher, 2008